Rasakan Sensasi Main Bola Lewat Lima Film Ini

Ada beberapa film yang kisahnya mengangkat tema sepak bola dan segala lika-liku permainannya.

Rabu, 04 Juli 2018 | 18:39 WIB
Film berjudul The Miracle of Bern.

Film berjudul The Miracle of Bern.

Bolatimes.com - Kini Piala Dunia 2018 makin seru lantaran memasuki babak perempat final. Lebih lagi, telah banyak tim-tim besar berguguran.

Dunia sepak bola memang susah diprediksi. Terkadang tim yang dijagokan harus kalah lawan tim juru kunci, begitu juga sebaliknya.

Ada beberapa film yang kisahnya mengangkat tema sepak bola dan segala lika-liku permainannya. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Ganti Profil Facebook, Pemain Inter Ini Dikecam Fan Lazio

1. The Miracle of Bern

Film berjudul The Miracle of Bern
Film berjudul The Miracle of Bern

Film ini menjalin kisah fiksi dan nyata dalam ceritanya. Disutradarai Sönke Wortmann, 'The Miracle of Bern' menceritakan tentang seorang ayah yang kembali ke Jerman setelah menjadi tahanan Rusia.

Menemani sang anak yang tergila-gila pada sepakbola. Sang ayah dan putranya menjadi saksi kemenangan Jerman atas Hongaria. Perjalanan yang mereka lalui merekatkan hubungan keduanya.

Baca Juga: Turis Temukan Bintang Manchester United "Tersesat" di Kolombia

Film yang tayang pada 2003 ini mengambil latar kemenangan Jerman itu di Piala Dunia 1954. Momen kemenangan tersebut menjadi hal yang membanggakan bagi Jerman. Sebab di tahun 1950-an perekonomian Jerman melambat karena Perang Dunia II.

2. Escape to Victory

Film berjudul Escape to Victory
Film berjudul Escape to Victory

Film ini dibintangi Sylvester Stallone, Michael Caine, Pele Caine, dan Bobby Moore. 'Escape to Victory' berkisah tentang momen sepakbola masa lampau pada 1981.

Baca Juga: Mural Piala Dunia di Rusia Kena Kecaman

Disebut-sebut sebagai interpretasi dari 'Two Halftimes in Hell' sebuah film asal Hongaria, 'Escape to Victory' berkisah sekelompok tahanan yang menerima tantangan bertanding sepakbola oleh tentara Jerman.

Jerman meyakini, pertandingan secara tak langsung dapat menjadi alat propaganda. Namun tanpa disadari, laga ini menjadi celah bagi sekelompok tahanan itu untuk melarikan diri.

3. Fever Pitch

Baca Juga: Sebelum Diblokir, Dua Kiper Muda Borneo FC Sempat Goyang Tik Tok

Film berjudul Fever Pitch
Film berjudul Fever Pitch

Fever Pitch diangkat dari cerita novel karya Nick Hornby yang menceritakan kisah Paul Ashworth, seorang guru di London, yang menjalin hubungan asmara dengan Sarah Hughes. Jalinan cinta mereka tersangkut dalam konflik ketika Paul harus memilih dua hal yang paling dicintainya: kekasihnya, atau sepakbola.

Perjalanan Arsenal di musim 1988/99 membuat kisah cinta keduanya goyah. Duel Arsenal melawan Liverpool di pertandingan penentuan liga, menjadi background yang menarik dalam film ini.

Fever Pitch mengajarkan pada kita tentang menikmati masa pasang surut suatu klub. Dari sisi personal, tiap kali memutar lagu How Can We Hang On to a Dream milik Tim Hardin, penulis memutar memori suram Arsenal; kartu merah Jens Lehmann di final Liga Champions 2006, tangisan Jack Wilshere di final Piala Liga, aksi Puyol memaksa Fabregas memakai jersey Barcelona di Piala Dunia 2010, hingga adegan cedera memilukan Aaron Ramsey dan Eduardo. Sebagaimana menjadi ilustrasi adegan Paul saat mereka dan meraba ingatan buruk akan kegagalan Arsenal miliknya.

4. Zidane: A 21st Century Portrait

Film berjudul Zidane: A 21st Century Portrait
Film berjudul Zidane: A 21st Century Portrait

Apa sesungguhnya yang dilakukan oleh seorang manusia jenius yang tak ada bandingannya di dunia pada saat ia sedang berada pada puncak aksinya? Yang ia lakukan adalah berjalan, berlari kecil, mengamati, menggaruk kepala atau hidungnya, mengamati lagi, menendang, berjalan lagi, berlari kecil lagi dan seterusnya selama sekitar 90 menit.
Itulah Zinedine Zidane, salah satu pesepakbola paling terkenal dan paling berpengaruh di abad keduapuluh satu dalam film ini. Film ini merupakan rekaman pertandingan Real Madrid melawan Real Sociedad pada tanggal 23 April 2005, dengan mengikuti sudut pandang Zinedine Zidane yang saat itu membela Real Madrid.

Dengan meramu gambar dari 17 kamera, film ini menghasilkan berbagai sudut pandang gambar yang menarik, tapi tak sepenting perannya dalam menggoyahkan persepsi kita tentang apa yang kita anggap kita kenali: pahlawan dan pujaan. Ini terinspirasi dari film sejenis yaitu Football Like Never Before (1971) yang memfilmkan George Best dengan cara yang sama.

5. Goal

Film berjudul Goal
Film berjudul Goal

Film pertama dari trilogi ini berjudul Goal! The Dream Begins, dirilis pada 2005. Dikisahkan, seorang pemuda berdarah Meksiko bernama Santiago Munez. Ayahnya yang hanya seorang tukang kebun membuat Santiago (diperankan Kuno Becker) harus bekerja sebagai pelayan restoran untuk mengumpulkan uang dengan harapan bisa membeli perlengkapan bola.

Berkat ketekunannya berlatih di sebuah tim lokal, Santiago dilirik seorang pemandu bakat untuk bergabung di klub Newcastle United. Di sinilah dia memulai merajut impian untuk menjadi pemain sepak bola terkenal. Penyakit asma yang dideritanya tidak menjadi halangan, tapi justru membawanya berkenalan dengan seorang perawat wanita yang kemudian menjadi kekasihnya.

Tidak hanya kisah perjuangan Santiago yang menarik untuk dikuti, sepanjang film kita juga akan melihat suasana latihan klub terkenal Inggris ini serta wajah-wajah kondang seperti Alan Shearer, David Beckham, Raul Gonzalez, Zinedine Zidane, dan Sven-Goran Eriksson. Film ini diakhiri dengan bergabungnya Santiago bersama klub Real Madrid.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Persib Bandung berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jl. Sancang, Bandung, Selasa (26/3) .

bolatainment | 16:22 WIB

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB
Tampilkan lebih banyak