Bolatainment

Gawat! Suvenir Piala Dunia 2018 Diisi Narkoba

Polisi juga menemukan 20 kg mariyuana saat penggerebekan geng narkoba berjuluk "Merchants of Death".

Stephanus Aranditio | Dany Garjito

suvenir Piala Dunia news.sky
suvenir Piala Dunia news.sky

Bolatimes.com - Ada-ada saja cara yang dilakukan pengedar narkoba untuk menyelundupkan narkotika dan obat terlarang. Beberapa mengelabui petugas dengan menyisipkan narkoba ke barang-barang yang jarang dicurigai.

Salah satu yang sedang hangat diperbincangkan adalah penyelundupan narkoba dengan memanfaatkan momen Piala Dunia 2018.

Diberitakan bahwa ada geng narkoba di Argentina memanfaatkan suvenir Piala Dunia 2018 yang berupa replika trofi Piala Dunia diisi kokain.

Rencananya trofi Piala Dunia berisi kokain tersebut akan diedarkan di seluruh Argentina, saat semua orang sedang demam World Cup.

Dalam penggrebekan di Buenos Aires, polisi setempat menemukan 10 kg sabu-sabu, 20 kg mariyuana dan lebih dari 1.000 bungkus kokain yang lebih dikenal orang warga setempat sebagai "paco".

Polisi menemukan banyak sekali kokain disembunyikan di dalam delapan replika trofi yang biasanya dijual sebagai suvenir Piala Dunia. Dalam setiap replika trofi diisi 1,5 kg kokain.

Polisi meyakini bahwa geng narkoba Argentina ini memanfaatkan deman Piala Dunia 2018 untuk mengedarkan barang haram mereka sebagai suvenir Piala Dunia.

Jika dilihat lebih dekat, trofi Piala Dunia yang diisi kokain memiliki desain yang menarik dan dihiasi warna bendera Argentina yang terdiri dari kombinasi warna biru dan putih.

suvenir Piala Dunia news.sky

Bagi pendukung timnas Argentina tentu replika trofi Piala Dunia berhias bendera Argentina ini menjadi suvenir yang sangat menarik. Bahkan bukan tidak mungkin replika trofi Piala Dunia ini dibeli oleh anak-anak.

Berdasarkan data dari Departemen Keamanan Pemerintah, geng yang berjuluk "Merchants of Death" ini kerap beroperasi di berbagai kota besar di Argentina.

Selain kokain dan berbagai jenis narkotika lainnya, polisi juga menyita uang 400.000 Peso Argentina atau sekitar Rp 200 juta.

Polisi berhasil meringkus 6 tersangka anggota geng narkoba, 4 pria, dan 2 sisanya adalah wanita.

Dilansir Bolatimes.com dari Sky News, Menteri Pertahanan Argentina Cristian Ritondo mengatakan bahwa Geng Merchants of Death ini terkenal cerdik dalam mengelabui petugas kepolisian, tapi kali ini bisa dipastikan bahwa anggota geng ini akan masuk penjara.

Kecerdikan dari geng narkoba di Amerika Selatan memang tidak diragukan lagi. Bahkan beberapa diantaranya dibuatkan serial televisi. Sebut saja serial televisi Narcos yang tayang di Netflix. Narcos mengisahkan tentang perjalanan gembong narkoba terkenal Pablo Escobar.

Polisi berharap, kecerdikan gembong narkoba tidak dijadikan panutan dan idola baru bagi warga Argentina.

Wah, gawat ya, bukannya berdoa agar timnas Argentina bisa melaju ke babak selanjutnya, beberapa oknum justru memanfaatkan keadaan untuk hal-hal yang melanggar hukum.

 

Bolatimes.com/Dany Garjito

Berita Terkait

Berita Terkini