CEK FAKTA: Ernando Ari Kirim Psywar untuk Cyrus Margono dan Emil Audero

Beredar nasari Ernando Ari tebar psywar untuk Cyrus Margono dan Emil Audero karena kabarnya akan dinaturalisasi, benarkah?

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 05 Juni 2023 | 20:54 WIB
CEK FAKTA: Ernando Ari Kirim Psywar untuk Cyrus Margono dan Emil Audero.

CEK FAKTA: Ernando Ari Kirim Psywar untuk Cyrus Margono dan Emil Audero.

Bolatimes.com - Akun YouTube yang membahas soal sepak bola, INJURY TIME TV, membuat sebuah narasi yang menyebut Ernando Ari Sutaryadi, buka suara soal rumor dinaturalisasinya Emil Audero dan Cyrus Margono.

Beberapa waktu ke belakang, PSSI memang dikabarkan akan menaturalisasi pemain keturunan di sektor penjaga gawang. Urgensi keputusan ini dipertanyakan karena Indonesia tak kekurangan kiper berkualitas.

Ernando Ari yang baru saja mengantarkan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 adalah salah satu kiper muda potensial milik Indonesia.

Baca Juga: 3 Alasan Emil Audero Mulyadi Cocok Gabung Lazio

INJURY TIME TV lantas membuat sebuah narasi video menyoal reaksi kiper Persebaya Surabaya tersebut soal kemungkinan dinaturalisasinya Audero dan Cyrus Margono.

“SANGAT BERANI  ERNANDO ARI BUKA SUARA SOAL EMIL AUDERO DAN CYRUS MARGONO.! INI BARU MANTAP,” begitu bunyi judul dari video IJURY TIME TV lewat kanal YouTube-nya.

Penjelasan

Baca Juga: Profil Al Ittihad, Klub Arab Saudi yang Resmi Datangkan Karim Benzema

Video yang diunggah INJURY TIME TV pada Minggu (4/6/2023) itu sendiri sudah disaksikan lebih dari 2400 penonton per hari ini, Senin (5/6).

Video berdurasi 4 menit 57 detik itu dibuka dengan pernyataan Ernando soal kemungkinan Cyrus Margono dan Emil Audero dinaturalisasi.

Disebutkan juga bahwa Ernando dan Reza Arya Pratama menjadi dua kiper muda yang dibawa Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday Juni 2023 mendatang.

Baca Juga: Songong, Media Vietnam Sebut Doan Van Hau Kemahalan Buat Klub Indonesia

Kemudian video dilanjutkan dengan penjelasan tentang karier Cyrus Margono dan pernyataan sudah memulai proses naturalisasinya tanpa jalur PSSI.

Kabar dilanjutkan dengan berita bahwa Emil Audero dan Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI sudah saling mengikuti di Instagram sehingga menjadi sinyal kuat kiper Sampdoria itu bakal melakukan proses naturalisasi.

Setelah dijelaskan tentang semakin banyaknya pemain naturalisasi di Timnas Indonesia berpotensi menepikan pemain lokal, video dilanjutkan dengan pernyataan Ernando Ari Sutaryadi.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Pensiun di Usia 40 Tahun, Terkini Zlatan Ibrahimovic

Ernando sendiri memang menanggapi dengan santai kemungkinan kiper keturunan menjadi saingannya di Timnas Indonesia.

“Santai. Itu bisa menumbuhkan persaingan yang sehat dan meningkatkan performa saya sendiri maupun di timnas atau di mana pun itu. Semoga ini bisa membawa Timnas Indonesia semakin maju,” kata Ernando.

Kesimpulan

Dari penelusuran fakta Bolatimes, memang benar adanya Ernando Ari Sutaryadi telah mengeluarkan pernyataan santai terkait isu naturalisasi Cyrus Margono dan Emil Audero.

Pernyataan tersebut juga bisa diartikan sebagai psywar yang dilakukan oleh Ernando bahwa dirinya tidak gentar untuk bersaing menjadi kiper nomor satu di Timnas Indonesia.

Dengan demikian, isi informasi yang disampaikan INJURY TIME TV melalui video YouTube “SANGAT BERANI  ERNANDO ARI BUKA SUARA SOAL EMIL AUDERO DAN CYRUS MARGONO.! INI BARU MANTAP,” adalah informasi yang benar.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak