Hasil SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final usai Menang Dramatis Lawan Vietnam

Timnas Indonesia U-22 secara dramatis kalahkan Vietnam dengan skor 3-2.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 13 Mei 2023 | 18:09 WIB
Selebrasi Muhammad Ferrari usai cetak gol saat Timnas Indonesia U-22 kalahkan Vietnam 3-2 di semifinal SEA Games 2023. (PSSI)

Selebrasi Muhammad Ferrari usai cetak gol saat Timnas Indonesia U-22 kalahkan Vietnam 3-2 di semifinal SEA Games 2023. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 sukses mengalahkan Vietnam secara dramatis dengan skor 3-2 di semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023). Berkat kemenangan ini, skuat Garuda Muda lolos ke final.

kemenangan Timnas Indonesia U-22 masing-masing dicetak oleh Komang Tri, Muhammad Ferrari, dan Muhammad Taufany. Sementara dua gol balasan Vietnam dicetak Nguyen Van Tung dan gol bunuh diri Bagas Kaffa.

Sementara di babak final, Timnas Indonesia masih menunggu pemenangan antara Thailand atau Myanmar. Pertandingan tersebut akan digelar malam ini pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Momen Pelatih Vietnam Bawa Jepang Juara Piala Asia 2000, Kini Jumpa di Piala Asia 2023

Jalannya Pertandingan

Menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia tidak membutuhkan waktu lama untuk mengubah kedudukan. Baru sembilan menit bola bergulir, gawang lawan berhasil dijebol.

Adalah Komang Tri yang membawa Indonesia unggul 1-0 lewat tandukkannya, menyambut bola yang dilempar Pratama Arhan dari pinggir kanan lapangan.

Baca Juga: Momen Gol Berkelas Komang Teguh ke Gawang Vietnam, Berkat Assist Lemparan Jarak Jauh Pratama Arhan

Unggul satu gol, Indonesia berupaya menambah keunggulan. Memasuki menit 16, peluang datang bagi Skuad Garuda.

Menggiring bola dari tengah lapangan, Marselino Ferdinan meneruskan bola kepada Ramadhan Sananta yang langsung menyambar bola dengan tendangan keras. Beruntung bagi Vietnam bola berhasil dihentikan penjaga gawang.

Peluang kembali didapat di menit 28. Bagas yang menerima umpan dari Fajar Fathur Rahman berhasil mengecoh pemain vietnam di sisi gawang. Bola kemudian diteruskan kepada Marselino namun berhasil di intersep bek lawan.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Ada Chelsea vs Nottingham Forest hingga Man United vs Wolves

Perlahan tapi pasti, Vietnam yang mulai mendapat ritme pertandingan mulai menekan. Upaya yang mereka lakukan akhirnya membuahkan hasil di menit 35.

Menyambut tendangan bebas rekannya, Nguyen Van Tung menanduk bola dengan bagian belakang kepala yang gagal ditepis Ernando Ari. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-22 langsung menggempur pertahanan Vietnam. Alhasil, gol kedua berhasil dicetak oleh Muhammad Ferrari pada menit ke-53 memanfaatkan sepakan keras Marselino Ferdinan.

Baca Juga: Persiapan Lawan Kanada di Piala Sudirman 2023, Tim Bulu Tangkis Indonesia Jalani Latihan Pemulihan Fisik

Di menit ke-60 Timnas Indonesia U-22 harus kehilangan satu pemain. Pratama Arhan harus mandi lebih cepat usai mendapatkan kartu kuning kedua.

Kehilangan Arhan membuat Vietnam kini lebih leluasa melakukan serangan. Gawang Ernando Ari mulai dibombardir oleh Vietnam demi bisa menyamakan kedudukan.

Vietnam kemudian sempat menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa menit ke-79. Bagas Kaffa salah mengantisipasi bola hingga masuk ke gawang sendiri.

Akhirnya gol kemenangan Timnas Indonesia terjadi jelang laga bubaran. Muhammad Taufany jadi aktor kemenangan skuat Garuda Muda berkat gol cantiknya menit ke-90+7.

Timnas Indonesia U-22 pun menang dengan skor 3-2. Mereka berhak lolos ke final SEA Games 2023.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan; Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman.

Pelatih: Indra Sjafri.

Vietnam (4-3-3): Van Chuan Quan; Tuan Tai Phan, Quang Thinh Tran, Ngoc Thang Thang, Van Do Le; Nguyen Duc Phu, Trong Vo Minh, Ho Van Cuong; Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son.

Pelatih: Philippe Troussier.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak