6 Negara Asia Tenggara yang Pernah Capai Ranking 100 Dunia, Ada Indonesia?

Berikut 6 negara Asia Tenggara yang pernah capai ranking 100 dunia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 29 Maret 2023 | 17:45 WIB
Potret pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023. (Dok. PSSI)

Potret pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan negara Asia Tenggara atau ASEAN yang pernah mencapai ranking 100 dunia, di mana Indonesia termasuk salah satunya.

Negara-negara Asia Tenggara bisa dikatakan sebagai negara-negara yang tertinggal dalam pengembangan sepak bola di level internasional.

Dibandingkan negara-negara dari region Asia lainnya, Asia Tenggara kerap keteteran di kancah internasional, baik itu di laga persahabatan maupun kompetisi resmi.

Baca Juga: 3 Penyebab Timnas Indonesia Gagal Kalahkan Burundi di Laga Kedua

Karena terbilang tertinggal, alhasil negara-negara di Asia Tenggara pun keteteran dalam ranking FIFA atau di ranking sepak bola dunia.

Hal ini terbukti dengan banyaknya negara-negara Asia Tenggara yang terlihat di luar ranking 100 besar FIFA. Bahkan, ada beberapa negara yang berada di luar 150 besar ranking FIFA.

Meski demikian, ada masanya di mana negara-negara Asia Tenggara mampu menembus 100 besar ranking FIFA, atau bahkan menyentuh 50 besar ranking FIFA.

Baca Juga: Timnas Voli Putri Umumkan Skuat yang Tampil di SEA Games 2023, Kejutan Tanpa Yolla dan Shella

Lantas, negara Asia Tenggara mana saja yang bisa menembus 100 besar ranking FIFA? Berikut daftarnya.

1. Thailand

Thailand merupakan salah satu kekuatan terbesar di sepak bola Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan raihan tujuh gelar Piala AFF yang merupakan kompetisi sepak bola tertinggi di ASEAN.

Baca Juga: Efek Shin Tae-yong, dari Ranking 173 kini Timnas Indonesia Tembus 149 Dunia

Kekuatan Thailand ini pun terlihat dari sejarah, di mana tim Gajah Perang pernah duduk di peringkat 43 FIFA pada tahun 1998. Kini, mereka justru terjun bebas dengan menempati peringkat 111

2. Singapura

Singapura memang merupakan negara kecil di Asia Tenggara. Tapi soal sepak bola, tim berjuluk The Lions ini cukup diperhitungkan.

Baca Juga: Soroti Timnas Indonesia yang Tak Kalah Lawan Burundi, Akun FIFA: Mode Push Rank!

Apalagi pada era 90 an saat Singapura secara mengejutkan bisa menembus ranking 73 FIFA. Kini, The Lions pun harus puas duduk di peringkat ke-160 dunia.

3. Malaysia

Meski baru sekali menjuarai Piala AFF, Malaysia bisa dikatakan salah satu kekuatan yang diperhitungkan di sepak bola Asia Tenggara.

Apalagi pada era 90 an, di mana tim berjuluk Harimau Malaya ini pernah menduduki ranking 75 FIFA pada 1993. Kini, Malaysia pun terseok-sesok di peringkat ke-145.

4. Indonesia

Tak ada yang meragukan kapasitas Indonesia di sepak bola internasional, terutama pada era 70, 80, dan bahkan 90 an, yang bisa menjadi momok di kancah internasional.

Kehebatan ini pernah membawa Indonesia menembus peringkat ke-76 FIFA pada tahun 1998. Karena sanksi FIFA dan dualisme, skuad Garuda pun sempat terjun ke peringkat 170 an dan kini duduk di peringkat 151 dunia.

5. Vietnam

Vietnam saat ini berstatus tim nasional terbaik di Asia Tenggara, mengingat rankingnya yang berada di peringkat 96 dunia atau di 100 besar.

Namun ranking itu bukanlah yang terbaik dari Vietnam. Tim berjuluk The en Stars ini pernah mencatatkan ranking paik di era 90 an dengan menempati peringkat ke-84 dunia.

6. Myanmar

Myanmar bukanlah tim nasional sepele di mata dunia, terutama di masa silam. Sebab, tim ini punya rekam jejak apik di kancah sepak bola dunia, baik di senior maupun kelompok umur.

Pada tahun 1996 silam, Myanmar bahkan pernah duduk di peringkat ke-97 FIFA. Kini, tim berjuluk Asian Lions ini harus duduk di peringkat ke-159 dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak