Bolaindonesia

Daftar Kontestan Piala AFF 2022 dengan Nilai Skuad Termahal, Indonesia Ungguli Vietnam dan Thailand

Indonesia jadi tim dengan nilai termahal di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Seluruh kontestan yang akan menghadapi persaingan Piala AFF 2022 tentu membawa amunisi terbaiknya untuk menjadi juara. Bahkan, jika skuad yang dibawa juga memiliki nilai pasar yang tinggi.

Dari 10 tim yang akan berpartisipasi pada Piala AFF 2022, terdapat tiga peserta yang jika dijumlah nilai pasarnya memiliki harga yang selangit.

Sebetulnya, melonjaknya nilai pasar ketiga peserta Piala AFF 2022 ini tak terlepas dari kehadiran beberapa pemain bintangnya yang memiliki banderol tinggi.

Berkat pemain-pemain tersebut, nilai pasar skuad ini jadi ikut tinggi. Namun, mereka juga tentu saja juga akan menjadi pemain kunci untuk timnya masing-masing di turnamen yang berlangsung secara dua tahunan ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga kontestan Piala AFF 2022 yang memiliki skuad dengan nilai pasar tertinggi.

1. Thailand (Rp103.3 miliar)

Sebagai salah satu tim yang akan selalu difavoritkan menjuarai Piala AFF, Thailand juga kali ini datang dengan skuad yang mewah meskipun tak lengkap.

Pasalnya, dari semua nama pemain pilihan pelatih Alexandre Polking, nilai pasar keseluruhan skuad Gajah Perang mencapai 6,35 juta euro alias senilai Rp103.3 miliar.

Beberapa nama pemain bintang memang harus absen. Namun, masih ada Theerathon Bunmathan yang menjadi pemain dengan nilai pasar termahal.

Sebab, bek kiri jebolan Liga Jepang itu saat ini dibanderol dengan harga sebesar 600 juta euro, atau jika konversi ke rupiah menjadi Rp,9,7 miliar.

2. Vietnam (Rp 123,8 miliar)

Selain Thailand, tentu ada Vietnam yang juga menjadi salah satu unggulan di Piala AFF 2022. Sebagai salah satu kekuatan besar di Asia Tenggara, wajar bila mereka punya skuad yang mahal.

Dari semua nama pemain yang dipanggil oleh pelatih Park Hang-seo, total nilai pasar skuad The Golden Star mencapai 7,6 juta euro.

Apabila dikonversi ke rupiah, maka nilai ini setara dengan Rp123,8 miliar. Tentu, jumlah ini melonjak berkat kehadiran Nguyen Quang Hai.

Pemain yang dijuluki Lionel Messi-nya Vietnam itu memiliki nilai pasar 400 ribu euro, atau setara dengan Rp6,51 miliar.

3. Indonesia (Rp151.4 miliar)

Timnas Indonesia ternyata menduduki urutan pertama dalam hal nilai pasar yang tertinggi di antara semua kontestan Piala AFF 2022.

Pasalnya, jika semua nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong dijumlah nilai pasarnya, maka angka yang didapat ialah 9,3 juta euro, atau setara dengan Rp151.4 miliar.

Jumlah yang cukup tinggi ini tak terlepas dengan hadirnya nama-nama pemain naturalisasi terbaru milik skuad Merah Putih.

Salah satunya adalah Sandy Walsh, pemain KV Mechelen yang dibanderol dengan harga sebesar 2 juta euro atau nilainya setara dengan Rp32.5 miliar.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Berita Terkini