Bolaindonesia

Media China Sebut Timnas Indonesia Sudah Geser Vietnam dan Thailand sebagai Raja ASEAN

Media China klaim level Timnas Indonesia kini melebihi Vietnam dan Thailand di ASEAN.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain Timnas Indonesia U-19 bersama suporter usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 bersama suporter usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media China mengklaim bahwa kekuatan Timnas Indonesia kini sudah melebihi Vietnam bahkan Thailand. Hal ini berkat keberhasilan tim U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Salah satu surat kabar di China, Sohu seperti dikutip dari pemberitaan media Vietnam, Thethao247 mengulas soal keberhasilan anak asuh Shin Tae-yong bisa tumbangkan Vietnam U-20 dan lolos ke Uzbekistan.

"Dalam waktu dekat, Cina benar-benar harus memperhatikan sepak bola Indonesia, bukan hanya Vietnam," tulis media Cina tersebut.

Tidak hanya membahas soal pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya beberapa waktu lalu, Sohu dalam pemaparannnya juga menyinggung soal kekalahan Vietnam U-16 dari Timnas Indonesia U-16.

"Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-16 juga sukses mengalahkan Vietnam di final Piala AFF 2022. Oleh karena itu, jelas Vietnam menemukan lawan lain yang sulit di kawasan Asean," sambungnya.

Sohu pun membuat prediksi bahwa dalam waktu dekat, beberapa tahun mendatang, di kawasan Asia Tenggara, timnas Indonesia bakal jadi raja baru menggeser Thailand dan Vietnam.

"Sepak bola Asia Tenggara selalu memiliki 1-2 tim kuda hitam perkasa di turnamen kontinental. Dulu ada Thailand, sekarang Vietnam, dan kemungkina besar di masa depan giliran Timnas Indonesia yang menjadi negara adidaya di kawasan Asia Tenggara," katanya.

Sementara itu, mantan pesepak bola nasional jebolan program Primavera, Supriyono Prima, mengharapkan potensi pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 terus berlanjut hingga jenjang senior.

"Tentunya, harapan saya dengan potensi-potensi mereka akan menjadi penerus timnas senior kelak. Bisa dipromosikan, sesuai dengan kebutuhan tim yang dilatih Shin Tae-Yong," kata Supriyono seperti dikutip dari Antara.

Kata Supriyono, Timnas Indonesia U-19 menunjukkan permainan apik hingga lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Timnas U-20 menjadi juara Grup F usai menyapu bersih tiga pertandingan babak kualifikasi atas Timor Leste, Hong Kong, dan terakhir Vietnam. Dengan hasil ini, timnas U-20 menyusul skuad senior yang lebih dulu lolos ke Piala Asia 2023.

"Pastinya kita harus mengapresiasi keberhasilan timnas U-19 (U-20) dan senior, tapi kita juga harus menunggu performa dan kinerja Shin Tae-Yong di putaran final nanti," kata Supriyono yang pernah bergabung dengan klub Swedia, Helsingborgs.

(Galih Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini