5 Pelatih Timnas Indonesia yang Selalu Pakai Pemain Naturalisasi, Terbaru Shin Tae-yong

Tercatat lima pelatih Timnas Indonesia selalu pakai pemain naturalisasi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 07 Juni 2022 | 21:30 WIB
Shin Tae-yong bersikap tegas kepada Timnas Indonesia. (dok ANTARA/M RISYAL HIDAYAT)

Shin Tae-yong bersikap tegas kepada Timnas Indonesia. (dok ANTARA/M RISYAL HIDAYAT)

Bolatimes.com - Berikut lima pelatih yang gemar memakai jasa pemain naturalisasi saat memimpin Timnas Indonesia bertanding di kancah internasional.

Dalam beberapa tahun terakhir, Timnas Indonesia tengah menggalakkan naturalisasi bagi para pemain keturunan yang berkiprah di luar negeri, terutama di Eropa.

Program naturalisasi ini dianggap sebagai program jangka pendek agar Timnas Indonesia bisa meraih prestasi di level internasional.

Baca Juga: Daftar 10 Pemain Paling Berharga di Dunia, Nomor 1 Kylian Mbappe

Meski begitu, program naturalisasi ini juga menjadi program jangka panjang, di mana para pemain keturunan yang diincar untuk dinaturalisasi adalah pemain-pemain yang ada di usia produktif.

Terhitung sejak 2010 silam, program naturalisasi ini terus berjalan. Ada yang berhasil, ada pula yang berujung kegagalan.

Terbaru, Timnas Indonesia tengah memproses naturalisasi dua pemain yang berkiprah di Eropa, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Baca Juga: Italia vs Hungaria: Roberto Mancini Rombak Formasi Gli Azzurri

Naturalisasi keduanya pun digeber dengan harapan keduanya bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. Nahas, hingga ajang ini akan digelar, keduanya belum sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Terlepas dari hal tersebut, sejak 2010 lalu Timnas Indonesia selalu mengandalkan jasa pemain naturalisasi, baik yang punya darah keturunan maupun yang telah lama menetap di Tanah Air.

Entah siapapun pelatih Timnas Indonesia, tetap saja ada pemain naturalisasi yang dipakai dalam pertandingan internasional.

Baca Juga: Indonesia Masters 2022: Hendra/Ahsan Susah Payah Kalahkan Wakil Denmark

Berikut lima pelatih yang gemar menggunakan pemain naturalisasi saat menukangi Timnas Indonesia.

1. Shin Tae-yong

Shin Tae-yong merupakan pelatih Timnas Indonesia saat ini. Sejak ditunjuk pada 2019 silam, dirinya kerap menggunakan jasa pemain naturalisasi.

Baca Juga: Punya Duo Andalan, Panjat Tebing Indonesia Optimis Sumbang Emas di Olimpiade Paris 2024

Pemain naturalisasi yang dipakai pun cukup banyak dari Victor Igbonefo, Ezra Walian, Marc Klok, hingga Stefano Lilipaly.

Jumlah ini pun akan bertambah seiring tengah diprosesnya program naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

2. Simon McMenemy

Pelatih Timnas Indonesia sebelum Shin Tae-yong, Simon McMenemy juga gemar menggunakan pemain naturalisasi saat bertanding.

Di eranya, Timnas Indonesia banyak menggunakan pemain naturalisasi non keturunan seperti Beto Goncalves, Greg Nwokolo, dan Victor Igbonefo.

3. Luis Milla

Pelatih sekaliber Luis Milla pun juga terbilang gemar menggunakan pemain naturalisasi saat menukangi Timnas Indonesia.

Di Asian Games 2018, Luis Milla mengandalkan Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves sehingga membawa Timnas Indonesia ke babak 16 besar.

4. Jacksen F Tiago

Mantan pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago pernah menukangi Timnas Indonesia meski terbilang singkat, yakni hanya beberapa bulan saja.

Dalam masa kepelatihannya itu, Jacksen F Tiago juga mengandalkan pemain naturalisasi seperti Victor Igbonefo dan Greg Nwokolo, dan membuat Timnas Indonesia pernah mengimbangi tim kuat sekelas China.

5. Alfred Riedl

Jauh sebelum empat pelatih sebelumnya menggunakan pemain naturalisasi, ada Alfred Riedl yang lebih dulu menggunakan jasa pemain naturalisasi di Timnas Indonesia.

Di Piala AFF 2010, Alfred Riedl menggunakan jasa Cristian Gonzales, pada Piala AFF 2014 menggunakan jasa Victor Igbonefo dan Sergio van Dijk, serta di 2016 menggunakan jasa Stefano Lilipaly.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak