Bolaindonesia

PT LIB Pastikan Turnamen Pramusim 2022 Bisa Dihadiri Penonton, Kuota Sesuai PPKM

Turnamen Pramusim 2022 akan menarik karena bisa disaksikan suporter

Irwan Febri Rialdi

Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Bolatimes.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menggelar undian grup Turnamen Pramusim 2022 di Bandung, Minggu (29/5/2022). Diikuti 18 klub peserta dari Liga 1 Indonesia 2022/2023 dan dibagi ke dalam empat grup.

Dipantau dari kanal Youtube LIB di Bandung, Minggu, Grup C menjadi grup yang paling menarik lantaran diisi tim yang menduduki peringkat lima besar Liga 1 Indonesia 2021-2022 yaitu Bali United, Persib, Bhayangkara FC dan Persebaya.

Grup C itu nantinya akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, karena Persib ditunjuk sebagai tuan rumah. Penunjukan tuan rumah itu dilakukan oleh PSSI dan LIB, termasuk untuk tiga grup lain.

Sementara juara bertahan turnamen pramusim, Persija, berada dalam Grup B bersama Barito Putera, Rans Cilegon FC, Madura United dan tuan rumah Borneo FC. Semua pertandingan grup ini akan berlangsung di Samarinda.

PSSI-LIB sepakat akan menggunakan momen pelaksanaan laga sepak bola di Samarinda, Kalimantan Timur, untuk mengampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lalu Grup A, yang pertandingannya akan berlangsung di Solo, dihuni oleh Persis sebagai tuan rumah, PSIS, Martapura Dewa United, Persita dan PSS.

Kemudian, terakhir, ada empat tim yang bersaing dalam Grup D yakni Arema FC, Tira Persikabo, PSM dan Persik. Di sini, Arema FC berstatus sebagai tuan rumah sehingga laga-laga Grup D dirampungkan di Malang.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan, terdapat beberapa pembatasan yang dilakukan dalam pengundian turnamen pramusim 2022 itu.

Salah satunya adalah Bali United dan PSM hanya bisa menghuni grup yang beranggotakan empat tim karena mereka harus berlaga di Piala AFC 2022.

Selain itu, Persija dan Persebaya tidak boleh berada dalam satu grup penyisihan dengan pertimbangan tertentu.

Tidak lupa, Sudjarno memastikan pula bahwa Turnamen Pramusim 2022, yang belum memiliki nama kejuaraan resmi, terbuka untuk dihadiri penonton langsung di stadion.

"Turnamen pramusim ini akan menjadi contoh sepak bola dengan penonton di stadion (pada masa pandemi COVID-19-red). Namun jumlah penonton di stadion akan tergantung situasi PPKM di daerah setempat," ujar Sudjarno.

PSSI dan LIB belum memastikan jadwal rinci Turnamen Pramusim 2022. Akan tetapi, kompetisi itu rencananya digulirkan pada pertengahan Juni-pertengahan Juli 2022.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini