Bolaindonesia

Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021 usai Dibantai Vietnam

Timnas Indonesia U-23 memulai kampanye dengan buruk usai dibantai tiga gol tanpa balas oleh Vietnam

Irwan Febri Rialdi

Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat melawan Vietnam di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)
Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat melawan Vietnam di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kekalahan yang dialami timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Vietnam pada laga pembuka Grup A SEA Games 2021 membuat skuad Garuda Muda harus bekerja ekstra keras untuk lolos ke semifinal.

Sebab, perjuangan timnas Indonesia U-23 untuk bisa mendapatkan satu tiket lolos ke semifinal SEA Games 2021 menjadi lebih menantang karena gagal meraih poin pada laga perdana.

Setidaknya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh timnas Indonesia U-23 jika ingin melaju lebih jauh hingga lolos ke fase semifinal SEA Games 2021.

Sebelumnya, Indonesia harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Vietnam ketika berjumpa di Stadion Viet Tri, Phu Tho, pada Jumat (6/5/2022).

Secara mengejutkan, skuad asuhan Shin Tae-yong dilumat tiga gol tanpa balas lewat gol-gol yang dicetak Nguyen Tien Linh (54’), Do Hung Dung (74’), dan Le Van Do (87’).

Dengan kekalahan ini, skuad Garuda Muda gagal meraup poin dan harus tergusur hingga peringkat keempat klasemen sementara Grup A.

Indonesia hanya unggul selisih gol dari Timor Leste yang berada di dasar klasemen karena dibabat Filipina empat gol tanpa balas pada laga pertama.

Mempertimbangkan situasi ini, timnas Indonesia U-23 memiliki sejumlah syarat untuk tetap bisa menjaga asa melaju ke fase gugur SEA Games 2021.

Syaratnya, Indonesia harus bisa menyapu bersih tiga pertandingan tersisa di Grup A SEA Games 2021 ketika menghadapi Timor Leste (10/5/2022), Filipina (13/5/2022), dan Myanmar (15/5/2022).

Meraih kemenangan pada tiga pertandingan tersebut bisa membuat posisi tim asuhan Shin Tae-yong aman di peringkat dua besar Grup A SEA Games 2021.

Dari tiga pertandingan itu, salah satu kemenangan yang wajib dipetik ialah ketika Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berjumpa Filipina pada laga ketiga Grup A.

Pasalnya, Filipina menjadi salah satu kontestan di Grup A yang sudah meraih poin penuh pada laga pertama, yakni setelah menjegal Timor Leste dengan skor 4-0.

Dengan kemenangan itu, The Azkals, julukan Filipina, menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A karena unggul selisih gol atas Vietnam.

Filipina bakal menjadi rival terberat skuad Merah Putih untuk memperebutkan satu tiket ke semifinal dengan asumsi bahwa Vietnam sebagai tim terkuat mampu menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Dengan demikian, kemenangan atas Filipina jadi harga mati bagi agar Indonesia mampu perlahan-lahan merangsek naik ke peringkat dua besar.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini