Bolaindonesia

Pengamat Sebut Timnas Vietnam U-23 Tertekan Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Apakah Timnas Vietnam U-23 takut melawan Indonesia?

Irwan Febri Rialdi

Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)
Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Pengamat sepak bola Vietnam, Vu Manh Hai, menilai Timnas Vietnam dalam tekanan psikologis jelang menghadapi timnas Indonesia U-23 dalam laga pembuka Grup A SEA Games 2021.

Duel timnas Indonesia vs Vietnam di laga perdana Grup A SEA Games 2021 akan berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu To, Jumat (6/5/2022) pukul 19.00 WIB.

Timnas Vietnam merupakan juara bertahan di ajang SEA Games dan pada edisi kali ini bertindak sebagai tuan rumah.

Hal itu disebut pelatih Park Hang-seo, sedikit banyak memengaruhi psikologis para pemainnya. Tuntutan tinggi untuk mempertahankan gelar jadi beban tersendiri bagi para pemain.

Vu Manh Hai menyebut Park Hang-seo harus bisa mencari solusi dari situasi tersebut. Tekanan berlebih pada pemain dinilai bakal jadi masalah besar jelang lawan Indonesia.

“Jika seorang pemain berada di bawah tekanan psikologis, itu dapat dengan mudah menyebabkan ketegangan, sulit untuk bermain dengan lancar dengan cara yang benar," kata Vu Manh Hai dikutip dari media Vietnam, Soha, Jumat (6/5/2022).

Pemain bintang Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (kanan). [SONNY TUMBELAKA / AFP]
Pemain bintang Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (kanan). [SONNY TUMBELAKA / AFP]

"Atau terkadang seorang pemain yang secara psikologis juga bermain terlalu keras, kehilangan kendali, menyebabkan pelanggaran yang tidak layak misalnya."

"Ketika pemain memiliki mentalitas bahwa permainan tidak berjalan seperti yang mereka inginkan, misalnya, akan lebih sulit bagi mereka untuk membalikkan keadaan."

Secara rekor pertemuan di SEA Games, timnas Vietnam memang masih unggul dari Indonesia dengan rincian enam kemenangan, dua imbang, dan empat kekalahan.

Namun, pertemuan terakhir kedua negara di level senior tepatnya pada Piala AFF 2020 menunjukkan bahwa timnas Indonesia mulai bisa mengimbangi kekuatan Vietnam. Apalagi, mayoritas pemain Garuda Muda untuk SEA Games 2021 juga diambil dari skuad Piala AFF 2020 lalu.

Park Hang-seo turut merasa cemas jelang laga ini. Dia mengaku bahwa timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong telah mengalami banyak peningkatan.

"Setahu saya timnas Indonesia U-23 saat ini memiliki banyak pemain yang telah mengikuti Piala AFF 2020," ucap Park Hang-seo dikutip dari Soha.

"Selain itu, mereka memiliki pemain yang bermain di luar negeri, pemain naturalisasi. Indonesia bermain bertahan dan membawa Vietnam menemui jalan buntu di Piala AFF 2020.

"Apakah Anda punya rencana untuk menghadapinya? Faktanya, kita tidak tahu taktik apa yang akan digunakan Indonesia U-23 saat bertemu Vietnam U-23," imbuhnya.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini