Adu Statistik Emil Audero Mulyadi vs Cyrus Margono, Kiper Keturunan Indonesia di Eropa

Emil Audero dan Cyrus Margono dikaitkan dengan Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Kamis, 03 Maret 2022 | 13:37 WIB
Emil Audero Mulyadi dan Cyrus Margono. (kolase Instagram, Twitter)

Emil Audero Mulyadi dan Cyrus Margono. (kolase Instagram, Twitter)

Bolatimes.com - Mengupas statistik antara Emil Audero Mulyadi dan Cyrus Margono, dua kiper keturunan Indonesia yang berkarier di Eropa.

Timnas Indonesia bisa saja diperkuat dua kiper keturunan yang kini tercatat berkarier di benua biru, yakni Emil Audero dan Cyrus Margono.

Emil Audero sendiri merupakan kiper yang baru berusia 25 tahun dan punya nama besar di kancah sepak bola Italia. Tercatat, dirinya merupakan kiper utama klub Serie A, Sampdoria.

Baca Juga: Baru Dilepas Roman Abramovich, Chelsea Mau Dibeli Conor McGregor?

Selain itu, Emil Audero juga diketahui merupakan kiper jebolan akademi Juventus dan sempat membela tim yang berjuluk Si Nyonya Tua itu.

Sedangkan Cyrus Margono merupakan kiper yang belum lama ini ramai diberitakan setelah dirinya disebut-sebut bersedia membela Timnas Indonesia.

Kiper yang baru berusia 19 tahun ini tercatat bermain untuk Panathinaikos B yang berkancah di Super League 2 atau kasta kedua sepak bola Yunani.

Baca Juga: Sedih Jual Chelsea, Roman Abramovich Relakan Utang Belasan Tahun

Ia baru bergabung pada tahun lalu setelah sempat membela tim seperti Denver Pioneers dan UK Wildcatsyang berasal dari tanah kelahirannya, yakni Amerika Serikat.

Kedua kiper ini pun digadang-gadang akan membela Timnas Indonesia. Hal ini tak lepas dari laporan yang beredar di media massa belakangan ini.

Emil Audero disebut tengah didekati oleh PSSI lewat agen yang akan mengajaknya makan malam dan mengajaknya untuk berseragam Timnas Indonesia.

Baca Juga: Usai Hormati Sadio Mane, Takumi Minamino Kini Disanjung Jurgen Klopp

Sedangkan Cyrus Margono secara tersirat menunjukkan dirinya ingin membela Timnas Indonesia sejak datang ke KBRI di Athena, Yunani.

Mengingat posisi kiper adalah posisi yang jarang mengalami rotasi, kira-kira siapakah yang pantas membela Timnas Indonesia di antara Emil Audero dan Cyrus Margono?

Untuk menjawabnya, tentu diperlukan bedah statistik keduanya semasa bermain. Berikut rangkumannya.

Baca Juga: Segini Harta Kekayaan Roman Abramovich yang Putuskan Jual Chelsea

Bedah Statistik Emil Audero dan Cyrus Margono

Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi tampil di Liga Italia. [Miguel MEDINA / AFP]
Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi tampil di Liga Italia. [Miguel MEDINA / AFP]

Bila keduanya dibandingkan, Emil Audero jauh lebih berpengalaman ketimbang Cyrus Margono yang baru di tahun ini merasakan kompetisi di Eropa.

Dikutip dari laman Transfermarkt, Emil Audero tercatat telah tampil sebanyak 248 kali di Eropa terhitung sejak musim 2012-20213.

Selama bermain dengan total 248 penampilan itu, Emil Audero telah kebobolan 336 kali dan mencetak 66 Clean Sheets atau nirbobol.

Di musim ini, Emil Audero yang perlahan mulai tergeser oleh Wladimiro Falcone itu, telah tampil sebanyak 21 kali di berbagai ajang dengan kebobolan 39 kali dan mencatatkan dua Clean Sheets saja.

Catatan ini sejatinya tak terbilang apik. Namun, catatan ini bukanlah murni kesalahan kiper, melainkan juga peran bek tengah dan sistem suatu tim dalam bertahan.

Untuk menilai kualitas Emil Audero, perlu dilihat dari rataan Saves atau penyelamatan yang ia buat serta catatan lainnya.

Dilansir dari FBRef, catatan Clean Sheet Emil Audero berada di angka 21,2 persen saja dalam satu tahun terakhir. Namun, catatannya dalam penyelamatan penalti terbilang mumpuni, yakni sebesar 33,3 persen.

Di kancah Serie A selama 20 pertandingan, rata-rata Emil Audero melakukan penyelamatan sukses sebesar 62,9 persen dari 97 tembakan kearah gawang yang dihadapinya. Dari jumlah itu, tercatat rata-rata bola yang masuk ke gawangnya per 90 menit mencapai 1,9 gol.

Melihat dari persentase penyelamatan itu, Emil Audero berada di peringkat ke-17 dari 21 kiper yang bermain reguler di kancah Serie A musim ini.

Catatan ini tak terbilang buruk, mengingat Emil Audero berada di posisi ke-9 dari 38 kiper yang sering mendapat tembakan ke gawang di Serie A musim ini.

Cyrus Margono pemain berdarah Indonesia dikontrak Panathinaikos (Instagram/@cmargono)
Cyrus Margono pemain berdarah Indonesia dikontrak Panathinaikos (Instagram/@cmargono)

Lantas, bagaimana dengan Cyrus Margono? Hingga saat ini belum diketahui secara persis bagaimana statistic kiper kelahiran New York tersebut.

Terlebih di musim ini, ia belum pernah bermain untuk Panathinaikos B secara kompetitif. Tercatat ia hanya masuk dalam skuat dan sebanyak enam kali menjadi cadangan.

Meski demikian, Cyrus Margono punya kemiripan yang sama dengan Emil Audero, yakni postur tubuh mencapai 190 cm, kendati usianya jauh lebih muda enam tahun ketimbang kiper asal Sampdoria tersebut.

Apapun statistik yang ditampilkan keduanya, baik Emil Audero dan Cyrus Margono akan menjadi tambahan solid bagi Timnas Indonesia, jika melihat pengalaman keduanya di Eropa.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak