Bolaindonesia

Achmad Figo, Pemain Baru Timnas Indonesia yang Baru Main 3 Kali di Liga 1

Achmad Figo tercatat baru main tiga kali bersama Arema FC di Liga 1 2021.

Rauhanda Riyantama

Pemain Arema FC, Achmad Figo. (Instagram/figoplemm)
Pemain Arema FC, Achmad Figo. (Instagram/figoplemm)

Bolatimes.com - Achmad Figo menjadi salah satu nama terbaru yang menarik perhatian publik setelah dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengikuti TC jelang FIFA Matchday.

Nama Achmad Figo muncul dalam 27 pemain yang dirilis PSSI. Padahal, sebelumnya tak banyak yang mengetahui pemain muda Arema FC ini.

Pasalnya, Achmad Figo baru mulai mencatatkan penampilan ketiganya bersama Arema FC di Liga 1 2021-2022 saat berjumpa PSIS Semarang pada pekan ke-20.

Pada pertandingan itu, ia mengisi daftar 11 pemain pertama yang diturunkan oleh pelatih Eduardo Almeida. Sebab, Singo Edan dipaksa bermain tanpa sejumlah pilar pentingnya karena harus menjalani karantina mandiri.

Liga 1 2021-2022 memang menjadi momen pertama bagi pemain asli Malang, Jawa Timur, ini bermain di kompetisi tertinggi.

Namanya pertama kali muncul saat Arema FC ditekuk PSS Sleman 1-2 pada laga pekan ketiga Liga 1 2021-2022. Saat itu, ia duduk di bangku cadangan.

Sementara itu, debutnya baru tercipta ketika skuad Singo Edan menghadapi Persiraja Banda Aceh pada laga pekan kedelapan. Saat itu, ia bermain untuk kali pertama sebagai pemain pengganti.

Namun, pemain berusia 20 tahun ini masih kesulitan menembus tim utama. Namanya hanya sering menjadi penghias bangku cadangan Arema FC.

Achmad Figo baru mencatatkan laga keduanya pada pekan ke-17 Liga 1 2021-2022 saat Arema FC ditahan imbang Persikabo tanpa gol.

Pada pertandingan itu, dia bermain sebagai starter dan tampil penuh karena absennya Rizky Dwi yang memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Sebelum promosi ke tim utama, Achmad Figo terlebih dahulu tampil bersama Arema FC U-18 yang saat itu berada di bawah asuhan FX Yanuar.

Pemain yang awalnya berposisi sebagai winger kanan itu merupakan pemain binaan Akademi Persema Malang. Dia mulai menimba ilmu pada tahun 2015 hingga 2018.

Setelah itu, dia baru bergabung dengan Arema FC U-18 yang berkompetisi di ajang Elite Pro Academy (EPA) U-18 2019.

Kontrak awalnya bersama Singo Edan baru diperoleh ketika tim asal Malang itu mempersiapkan diri tampil di ajang Piala Menpora 2021.

Besar kemungkinan, Achmad Figo akan bersaing dengan sejumlah bek kanan lainnya di skuad timnas Indonesia.

Posisi ini sebelumnya selalu diberikan Shin Tae-yong kepada Asnawi Mangkualam. Namun, wakil kapten timnas Indonesia itu tak dipanggil karena harus memperkuat klubnya, Ansan Greeners, di K League 2.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini