Bolaindonesia

5 Alasan Kuat Lionel Messi Memang Pantas Raih Gelar Ballon d'Or 2021

Tak sedikit yang mempertanyakan kemenangan Lionel Messi dalam memenangkan Ballon d'Or 2021

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)
Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Lionel Messi terpilih sebagai peraih Ballon d’Or 2021. Gelar ini pun menjadi gelar ke-7 nya yang membuatnya menjadi pemain dengan raihan terbanyak sepanjang masa.

Messi berhasil meraih Ballon d’Or 2021 setelah meraih 613 poin, unggul atas Robert Lewandowski yang meraih 580 poin di tempat kedua dan Jorginho yang meraih 460 poin di tempat ketiga.

Keberhasilan ini pun telah ditebak sebelumnya. Pasalnya, Messi terus disebut-sebut akan menjadi pemenang setelah untuk pertama kalinya meraih gelar internasional bersama Argentina di ajang Copa America 2021.

Sebelumnya, tak ada yang menjagokan pemain berusia 34 tahun itu menjadi pemenang. Apalagi, di tahun 2021 ini ia menjalani musim yang buruk bersama Barcelona.

Di sisi lain, jika standar peraih penghargaan Ballon d’Or adalah gelar bersama negara dan timnya, maka Jorginho dianggap lebih pantas setelah membawa Italia menjadi juara Euro 2020 dan Chelsea menjadi juara Liga Champions 2021/22.

Jika standar yang dipakai adalah statistik, maka Lewandowski dianggap lebih pantas. Terlebih, ada tanggungan moral mengingat dirinya gagal meraih Ballon d’Or 2020 karena penghargaan itu dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

Nasi telah menjadi bubur. Messi pun telah sah menjadi peraih Ballon d’Or 2021. Perdebatan yang ada di dunia maya pun tetap dianggap akan sia-sia.

Meski demikian, ada beberapa alasan kuat mengapa Messi memang pantas meraih penghargaan Ballon d’Or 2021 ketimbang Lewandowski dan Jorginho.

Berikut alasannya.

1. Top Skor Liga Spanyol

Sama seperti Lewandowski, Messi juga mampu merajai top skor kancah domestik pada 2021 ini di mana ia menjadi top skor La Liga Spanyol dengan torehan 30 gol dari 35 pertandingan.

Hebatnya, catatan ini ia buat di tengah periode sulit Barcelona yang saat itu diasuh Ronald Koeman. Sebagai catatan, Blaugrana harus finis di tempat ketiga pada musim 2020/21.

2. Meraih Gelar Copa del Rey

Masih sama seperti Lewandowski dan Jorginho, Messi juga mampu berprestasi di level klub yakni membawa Barcelona meraih Copa del Rey pada musim 2020/21.

Lagi-lagi prestasi itu ia buat di tengah terpuruknya Barcelona yang tengah mengalami krisis di tubuh manajemen maupun di tubuh tim.

3. Tampil Apik di Copa America

Alasan terkuat Messi mampu meraih Ballon d’Or adalah keberhasilannya menjuarai Copa America. Ia mampu meraih gelar top skor dengan empat gol, gelar assist terbanyak dengan lima assist dan gelar pemain terbaik.

Selain itu, gelar Copa America 2021 merupakan gelar pertamanya di ajang internasional bersama Argentina.

4. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Sebelum tahun 2021 ini, Messi kerap dicap sebagai pemain yang tak berani bermain di luar Barcelona. Namun, di musim panas ia memutuskan bergabung Paris Saint-Germain.

Tak disangka, di PSG ia tetap mampu menunjukkan pamornya, di mana ia mampu mencetak empat gol dan tiga assist dalam 11 pertandingan saja.

5. Unggul secara Individu

Tak ada yang menyangsikan kehebatan Messi sebagai pemain sepak bola. Terlepas dari statistik yang ia pakai, pemain berjuluk La Pulga ini adalah pesepak bola dengan bakat murni.

Bakat murninya ini terlihat dari kejeniusannya saat bermain yang mampu membuat assist bagi rekan-rekannya dan ketajamannya saat mencetak gol.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini