Bolaindonesia

Shin Tae-yong 8 Kali Kalahkan Pelatih Timnas Vietnam, Cuma Sekali Kalah

Shin Tae-yong memiliki rekor yang mentereng ketika berhadapan dengan Park Hang-seo

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki rekor pertemuan yang apik ketika berhadapan dengan juru taktik Vietnam, Park Hang-seo. Namun, demi fokus menghadapi duel nanti malam, memori indah itu sudah dia lupakan.

Shin Tae-yong dan Park Hang-seo akan berjumpa sebagai manajer untuk ke-11 kalinya saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam WIB.

Dalam 10 pertemuan sebelumnya yang semuanya terjadi di kompetisi domestik Korea Selatan, Shin Tae-yong punya rekor mentereng atas kompatriotnya itu.

Pelatih 52 tahun itu tercatat meraih delapan kemenangan, dan hanya sekali menderita kekalahan. Bahkan dalam tujuh pertemuan terakhir, Shin tak pernah kalah dari Park.

Menurut Shin Tae-yong, rekor pertemuan sebelumnya tidak banyak berarti untuk pertemuan terkini. Apalagi, perjumpaan terakhir sudah berlangsung sangat lama, yakni sembilan tahun silam.

"Itu memang catatan di Korea, itu masa lalu saat di K-League. Saat ini, pelatih Park sekarang, merupakan pelatih yang lebih baik daripada masa lalu," kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers pralaga.

"Kami sebagai pihak yang bertandang, jadi kami harus mempersiapkan diri dengan baik," tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Pelatih Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo. (Dok. Zing.vn).
Pelatih Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo. (Dok. Zing.vn).

Shin Tae-yong tidak membantah duelnya melawan Park Hang-seo akan menarik perhatian media Korea Selatan. Ini karena prestasi yang dimiliki oleh masing-masing pelatih.

“Mungkin media Korea akan sangat bersemangat dengan pertandingan ini karena konfrontasi antara dua orang Korea. Pelatih Park memang mendapat prestasi baik di Vietnam, sehingga ada kata-kata pahlawan di Vietnam," jelasnya.

"Juga saya memang pernah memegang Timnas Korea Selatan pada 2018 untuk Piala Dunia Rusia, maka banyak media tertarik untuk pertandingan ini," pungkasnya.

Adapun Park Hang-seo punya rekor yang bagus saat bersua Timnas Indonesia sejak menjadi pelatih Vietnam. Park tidak pernah merasakan kekalahan dari tim Merah Putih.

Terakhir, Park membawa Vietnam mengalahkan Timnas Indonesia di SEA Games 2019 di level U-22 di laga puncak dengan skor 3-0. Vietnam berhak atas medali emas karena hal tersebut.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini