Kualifikasi Piala Asia U-23: Dahului Indonesia, Tim ASEAN Ini Jadi yang Pertama Lolos ke Putaran Final

Negara ASEAN ini mendahului Indonesia untuk lolos ke putaran final Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 10 September 2023 | 11:00 WIB
Aksi Ernando Ari saat Timnas Indonesia U-23 melawan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023. (Dok. aseanfootball.org)

Aksi Ernando Ari saat Timnas Indonesia U-23 melawan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023. (Dok. aseanfootball.org)

Bolatimes.com - Satu negara ASEAN, yakni Vietnam sukses menjadi negara pertama yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, menyusul Qatar yang dipastikan lolos dengan status tuan rumah.

Pertama-tama, Timnas Qatar U-23 menjadi tim nasional pertama yang dipastikan akan berlaga di Piala Asia U-23 tahun depan.

Mereka memiliki keuntungan khusus sebagai tuan rumah turnamen tersebut.

Qatar tidak perlu ikut serta dalam proses kualifikasi seperti 40 negara lainnya yang telah memulai persaingan sejak tengah pekan lalu.

Ini adalah sebuah keistimewaan yang memungkinkan Qatar tampil di hadapan pendukungnya sendiri tanpa harus melalui proses seleksi lebih lanjut.

Sementara itu, Timnas Vietnam U-23 berhasil memastikan tiket ke Qatar setelah meraih kemenangan dalam dua pertandingan di Grup C.

Mereka mencetak kemenangan telak 6-0 atas Guam dan juga berhasil mengalahkan Yaman dengan skor 1-0.

Dengan mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan tersebut, Timnas Vietnam U-23 secara resmi melangkah ke fase berikutnya dari kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Keberhasilan ini menunjukkan kualitas permainan Vietnam yang patut diacungi jempol.

Poin yang dikumpulkan oleh Timnas Vietnam U-23 tidak bisa disaingi oleh dua tim lainnya di Grup C, yaitu Singapura dan Guam.

Meskipun Yaman juga berhasil mengumpulkan jumlah poin yang sama dengan Vietnam, namun mereka kalah dalam perbandingan head to head. Sehingga Vietnam dengan mantap meraih tiket ke putaran final.

Selain Vietnam, terdapat beberapa tim nasional lainnya yang berhasil mengemas enam poin dari dua pertandingan dalam kualifikasi.

Namun, mereka belum dapat memastikan tiket ke Qatar karena persaingan yang masih berlangsung ketat di dalam grup masing-masing.

Tim-tim ini termasuk Yordania, Jepang, Uzbekistan, Irak, Thailand, dan Arab Saudi.

Di sisi lain, beberapa tim masih berada di puncak klasemen sementara dan menanti hasil pertandingan terakhir yang akan digelar pada 12 September.

Tim-tim ini termasuk Indonesia, Australia, China, dan Korea Selatan. Mereka harus menunjukkan performa terbaik mereka dalam laga terakhir ini untuk memastikan tiket menuju Piala Asia U-23 2024.

Dengan demikian, Timnas Qatar U-23 dan Timnas Vietnam U-23 telah mengukir prestasi luar biasa dengan berhasil mengamankan tiket ke Piala Asia U-23 2024.

Semua mata akan tertuju pada turnamen mendatang di Qatar, yang akan menjadi panggung bagi bakat-bakat muda sepak bola Asia untuk bersaing dan memperjuangkan gelar juara.

(Suara.com/Pebriansyah)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak