Profil Carlo Nohra, Bos Liga Arab Saudi yang Gencar Datangkan Pemain Bintang

Carlo Nohra hobi datangkan pemain bintang.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 12 Agustus 2023 | 16:00 WIB
Carlo Nohra. (dok. Awsat)

Carlo Nohra. (dok. Awsat)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Carlo Nohra, dalang di balik pergerakan klub-klub Saudi Professional League atau Liga Arab Saudi yang gencar memboyong pemain bintang dari Eropa.

Biasanya, bursa transfer musim panas dipanaskan dengan aktivitas klub-klub Eropa. Tapi untuk tahun 2023 ini, klub-klub benua biru mendapat persaingan keras dari klub-klub Arab Saudi.

Ya, klub-klub Arab Saudi turut menyemarakkan jagat transfer di musim panas 2023 ini dengan pergerakannya memboyong para pemain bintang dari Eropa.

Baca Juga: 4 Aksi Tengil Yuran Fernandes di BRI Liga 1 yang Bikin Lawan Geregetan, Terbaru Tiru Rudiger

Tercatat sejak Desember 2022 lalu, klub-klub Arab Saudi berani menggelontorkan banyak dana demi menggaet bintang-bintang ternama sepak bola di Eropa.

Usai kehadiran Cristiano Ronaldo pada akhir tahun 2022 lalu, klub-klub Arab Saudi berbondong-bondong memboyong nama-nama beken lainnya.

Tercatat ada Karim Benzema, N' Kante, Roberto Firmino, Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, Ruben Neves, dan sederet pemain lainnya.

Baca Juga: Momen Jefferson Assis Ejek Balik Aksi Tengil Yuran Fernandes di Laga Bali United vs PSM Makassar

Bahkan belakangan, klub Arab Saudi masih ingin memboyong nama-nama baru seperti Romelu Lukaku, Neymar, hingga Marco Verratti.

Pergerakan klub-klub Arab Saudi dalam memboyong bintang top ini tak lepas dari dana tak terbatas yang dimiliki sejak privatisasi yang dilakukan pemerintah Arab Saudi.

Tapi dana tak terbatas itu hanyalah penunjang. Sejatinya, otak di balik banyaknya bintang Eropa ke Arab Saudi tak lepas dari sosok Carlo Nohra selaku bos Liga Arab Saudi.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Voli Putri Indonesia vs Thailand di SEA V League 2023 Seri 2

Lantas, siapakah sosok Carlo Nohra tersebut? Bagaimana dirinya bisa membuat Liga Arab Saudi menjadi destinasi banyak bintang sepak bola di Eropa?

Profil Carlo Nohra

Carlo Nohra merupakan seorang pebisnis yang berasal dari negara Asia Tenggara, Singapura. Diketahui, ia saat ini berusia 55 tahun.

Baca Juga: Tiru Lari Nyeleneh Antonio Rudiger, Momen Yuran Fernandes Ejek Spaso Berakhir Kena Karma

Dirangkum dari berbagai sumber, Carlo Nohra merupakan Direktur Eksekutif sekaligus CEO di In8 Sports, sebuah perusahaan Start-up yang bergerak di bidang olahraga.

Kiprah Carlo Nohra di olahraga sendiri terlihat dari rekam jejaknya. Diketahui, ia sempat menjabat sebagai Wakil Presiden perusahaan strategi bermama World Sport Group di Hong Kong.

Bahkan, Carlo Nohra pernah menjabat sebagai Asisten Sekretaris Umum AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia selama enam tahun sejak 2003 hingga 2006.

Kiprahnya di AFC ini kemudian membawa Carlo Nohra menjadi CEO Liga Uni Emirat Arab dan kemudian menjadi CEO sebuah klub di negara tersebut, yakni Al Ain.

Usai menjadi CEO Al Ain, Carlo Nohra melanjutkan kariernya sebagai CEO bagi klub Uni Emirat Arab lainnya, yakni Al Jazira yang hanya berlangsung selama tujuh bulan.

Lepas dari dunia sepak bola di Uni Emirat Arab, Carlo Nohra sempat menjadi pimpinan WWE Asia Pasifik yang berlokasi di Singapura selama tujuh tahun.

Setelahnya, barulah Carlo Nohra bergabung dengan Liga Arab Saudi per 15 Mei 2023 lalu, menggantikan Garry Cook.

Dalam wawancaranya dengan Strait Times, Carlo Nohra membeberkan strateginya agar Liga Arab Saudi menjadi salah satu liga yang dipandang di dunia.

Salah satunya adalah membawa nama-nama besar, meski baginya membawa nama-nama besar itu tak akan serta merta membuat Liga Arab Saudi menjadi salah satu liga top di dunia.

“Strateginya adalah jangka panjang. Mudahnya, membawa pemain dengan nama besar tak akan mencapai hal itu (menjadi salah satu liga top),” tutur Carlo Nohra.

“Itu membutuhkan pengembangan infrastruktur yang sangat dibutuhkan Arab Saudi. (Kemudian) menjadi tuan rumah Piala Asia dan acara besar lainnya yang akan meningkatkan standar pemain Arab Saudi,” lanjutnya.

Dalam wawancaranya dengan Reuters, Carlo Nohra menyebutkan bahwa mendatangkan pemain bintang ke Arab Saudi adalah langkah untuk meningkatkan kualitas Liga Arab Saudi sendiri.

“Ini (belanja jor-joran Arab Saudi) sangat mudah dan saya mengaitkannya dengan strategi kami. Salah satu tujuan pertama yang ditetapkan Liga Arab Saudi adalah untuk meningkatkan produk.”

“Kami harus meningkatkan kualitas dan untuk meningkatkannya, Anda harus memberikan yang terbaik. Pengeluaran (belanja) akan selalu menjadi komponen penting bagi kami,” ucapnya.

“Apa yang Anda lihat hanyalah Liga Arab Saudi melakukan apa yang perlu dilakukan liga lainnya. Kami telah bergabung dengan barisan ini (liga-liga top), dan kami melakukan apapun untuk meningkatkan kualitas di lapangan,” lanjutnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Inilah jadwal perempatfinal Euro 2024

boladunia | 06:42 WIB

Catat jadwal babak 16 besar Euro 2024

boladunia | 10:15 WIB

Teka-teki masa depan Thom Haye dibongkar media Belanda.

boladunia | 19:00 WIB

Gelandang Leverkusen yang sukses meraih gelar Bundesliga dan Piala Jerman, Granit Xhaka sangat berharap bisa membawa kemenangan untuk Swiss dalam laga Grup A melawan Hongaria pada Sabtu malam di Cologne Stadium.

boladunia | 08:47 WIB

Jerman tampil luar biasa, membuat Skotlandia menjadi korban pertama dengan kekalahan telak 1-5 pada pertandingan pembuka Euro 2024 Grup A di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Sabtu dini hari WIB.

boladunia | 08:08 WIB

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB
Tampilkan lebih banyak