Diklaim Cristiano Ronaldo Jadi yang Terbaik, Ranking Liga Arab Saudi Kalah Jauh dari MLS

Ranking Liga Arab Jauh berbeda jauh dari MLS.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 01 Agustus 2023 | 21:30 WIB
Penyerang Al Nassr asal Portugal, Cristiano Ronaldo (kanan) melepaskan tembakkan untuk mencetak gol ketiga timnya dari penalti selama pertandingan Liga Arab Saudi antara Al-Wehda vs Al-Nassr di Stadion King Abdulaziz di Mekkah pada Jumat (10/2/2023) dini hari WIB. (AFP)

Penyerang Al Nassr asal Portugal, Cristiano Ronaldo (kanan) melepaskan tembakkan untuk mencetak gol ketiga timnya dari penalti selama pertandingan Liga Arab Saudi antara Al-Wehda vs Al-Nassr di Stadion King Abdulaziz di Mekkah pada Jumat (10/2/2023) dini hari WIB. (AFP)

Bolatimes.com - Mengungkap kebenaran klaim megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, yang mengklaim bahwa Liga Arab Saudi atau Saudi Professional League lebih baik dari Liga Amerika Serikat atau MLS.

Beberapa waktu lalu, jagat sepak bola dikejutkan dengan kepindahan Lionel Messi ke Major League Soccer (MLS) dengan bergabung Inter Miami.

Kepindahan ini dibarengi penolakan dari pemain berjuluk La Pulga itu terhadap tawaran fantastis dari Al Hilal untuk bermain di Arab Saudi.

Baca Juga: Nasib Pelatih Kian Lokal Terancam, Arema FC Kini Isyaratkan Pakai Jasa Asing di BRI Liga 1 2023/2024

Saat penolakan itu diberikan, banyak pihak menggoreng bahwa MLS masih punya daya tarik ketimbang Liga Arab Saudi yang punya finansial lebih kuat.

Namun berbeda dengan anggapan banyak orang, Cristiano Ronaldo yang merupakan rival abadi Lionel Messi justru mengklaim bahwa Liga Arab Saudi lebih baik di MLS.

Jawaban itu diberikannya saat ditanya kemungkinan ia bermain di MLS untuk menyusul Lionel Messi yang terlebih dulu bergabung Inter Miami.

Baca Juga: Sembuh dari Cedera, Sandy Walsh Debut Bela Timnas Indonesia di FIFA Matchday September?

“Liga Arab Saudi lebih baik ketimbang MLS. Sekarang, semua pemain datang ke sini. Dalam satu tahun, akan banyak pemain top datang ke Arab Saudi,” ujar Cristiano Ronaldo dikutip dari The Guardian.

Ucapan Cristiano Ronaldo itu pun perlahan terbukti, menyusul banyaknya bintang Eropa yang justru kini menerima pinangan Arab Saudi.

Tapi, apakah klaim Cristiano Ronaldo bahwa Liga Arab Saudi lebih baik dari MLS itu benar adanya jika dilihat dari ranking kedua kompetisi tersebut?

Baca Juga: Pernah Dicoret Shin Tae-yong, Deretan Pemain yang Diduga Ingin Dipanggil Lagi ke Timnas Indonesia

MLS Unggul dari Ranking

Dilansir dari laman Team Form, jika melihat ranking kompetisi di dunia, maka Major League Soccer (MLS) justru punya ranking lebih baik dari Liga Arab Saudi atau Saudi Professional League.

Dalam rankingnya, MLS berada di urutan ke-56, usai turun dari peringkat ke-54 pasca digusur oleh J1 League per 31 Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Bikin Galau Pelatih Ipswich Town, Klub Ini Tertarik Datangkan Elkan Baggott

Sedangkan Liga Arab Saudi justru stabil di peringkat ke-68 di bawah kompetisi seperti League One (kasta ketiga Inggris) dan Primera Division (kasta teratas Venezue).

Lalu jika melihat dari laman Football Ranking Fandom, MLS menduduki peringkat ke-37 di belakang K1 League (Liga Korea Selatan). Kemudian Liga Arab Saudi berada di peringkat ke-39.

Namun, ranking ini bisa berubah nantinya seiring pamor yang dimiliki setiap kompetisi dan prestasi klub-klub di dalamnya di ajang internasional.

MLS bisa memiliki ranking tinggi ketimbang Arab Saudi karena pamornya lebih dulu naik seiring banyaknya bintang top yang dibawa ke Amerika Serikat.

Sebelum Messi, ada nama-nama seperti Pele yang pernah bermain untuk New York Cosmos, lalu David Beckham, Thierry Henry, Frank Lampard, Andrea Pirlo, hingga Steven Gerrard.

Sedangkan Liga Arab Saudi sejatinya sudah memboyong bintang top sejak lama. Tapi, geliatnya dalam memboyong bintang kelas wahid baru terjadi dalam setahun terakhir.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak