5 Pelatih yang Paling Banyak Koleksi Gelar Liga Champions, Pep Guardiola Nomor Berapa?

Pep Guardiola baru saja mengantar Manchester City juara Liga Champions 2022/2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 14 Juni 2023 | 15:00 WIB
Pep Guardiola sukses raih trofi Liga Champions bersama Manchester City. (Twitter)

Pep Guardiola sukses raih trofi Liga Champions bersama Manchester City. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih top yang paling banyak mengoleksi gelar Liga Champions. Menjuarai Liga Champions adalah impian bagi seluruh pelaku sepak bola, baik klub, pelatih, dan pemain yang berkiprah di Eropa.

Kompetisi tersebut menjadi salah satu kompetisi sakral yang sulit untuk dimenangkan, karena harus melawan tim-tim terbaik dari seluruh penjuru Eropa.

Untuk menjuarai ajang ini, tak hanya dibutuhkan pemain-pemain hebat saja, melainkan juga pelatih yang hebat dan taktik yang jitu.

Baca Juga: Poin FIFA yang Didapat Timnas Indonesia jika Kalahkan Palestina, Liberia Ketar-ketir

Tak percaya? Lihat saja Manchester City yang banyak dihuni pemain bintang sejak kedatangan Sheikh Mansour pada 2008 silam.

Butuh 15 tahun lamanya bagi Manchester City untuk bisa merengkuh gelar Liga Champions usai mendatangkan ratusan pemain dan beberapa pelatih ternama dengan menggelontorkan dana triliunan.

Bahkan saking sulitnya menjuarai Liga Champions, pelatih top sekelas Arsene Wenger saja tak bisa mengangkat Si Kuping Besar dan rela jika trofi emas Arsenal di Liga Inggris ditukar dengan trofi ajang tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Naturalisasi yang Akan Jadi Sorotan di Laga Timnas Indonesia vs Palestina, Ada Eks Israel

Kesulitan yang dirasakan Wenger ini tampaknya tak berlaku bagi beberapa pelatih yang bisa menjuarai Liga Champions hingga berkali-kali.

Siapa saja pelatih yang paling banyak mengoleksi gelar Liga Champions? Berikut daftarnya.

1. Carlo Ancelotti

Baca Juga: Datang Telat, Pemain Kesayangan Shin Tae-yong Ditunjuk Jadi Kapten Lawan Palestina? Hal Ini Jadi Indikasi

Carlo Ancelotti menjadi pelatih yang paling banyak menjuarai Liga Champions, yakni sebanyak empat kali bersama dua tim berbeda.

Pria yang akrab disapa Don Carlo ini masing-masing meraih dua gelar Liga Champions yakni di AC Milan (2003 dan 2007) serta Real Madrid (2014 dan 2022).

2. Zinedine Zidane

Baca Juga: Viral Ucapan Ratu Tisha soal Timnas Indonesia Lawan Jepang dan Argentina yang Kini Jadi Kenyataan, Netizen: Dukun Nih

Zinedine Zidane menjadi pelatih yang paling banyak menjuarai Liga Champions, yakni sebanyak tiga kali. Hebatnya, tiga gelar itu didapatkan dalam tiga musim beruntun.

Zidane mencetak Hattrick gelar Liga Champions itu kala menukangi Real Madrid sepeninggal Ancelotti, yakni di tahun 2016, 2017, dan 2018.

3. Pep Guardiola

Pep Guardiola bisa dikatakan sebagai pelatih terbaik di dunia saat ini. Ia punya gelar ini usai meraih trofi Liga Champions ketiga dalam kariernya, pasca membawa Manchester City juara pertama kalinya.

Tiga gelar yang direngkuh Guardiola itu didapatkan dari dua tim saja, yakni Barcelona pada 2009 dan 2011, serta Manchester City pada tahun 2023 ini.

4. Bob Paisley

Liverpool menjadi tim kedua yang paling banyak meraih gelar Liga Champions dengan tujuh gelar. Tiga dari tujuh gelar itu nyatanya disumbangkan satu pelatih saja, yakni Bob Paisley.

Pelatih legendaris asal Inggris ini mampu membawa Liverpool meraih tiga gelar Liga Champions saat masih bernama European Cup/Piala Champions yakni pada 1977, 1978, dan 1981.

5. Jose Mourinho

Bukan tanpa alasan Jose Mourinho dijuluki The Special One, menyusul prestasinya yang kerap meraih beragam trofi di berbagai kompetisi.

Di Liga Champions, Mourinho mampu meraih gelar sebanyak dua kali, yakni bersama tim kuda hitam, FC Porto, pada 2004 dan bersama Inter Milan pada 2010.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak