5 Kiper dengan Rekor Clean Sheets Terbanyak di Liga Champions

Berikut 5 kiper dengan rekor clean sheets terbanyak di Liga Champions.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 12 Mei 2023 | 22:00 WIB
Iker Casillas (@ikercasillas/Instagram)

Iker Casillas (@ikercasillas/Instagram)

Bolatimes.com - Liga Champions memiliki kiper dengan catatan clean sheets terbanyak, lima kiper dengan nama populer mampu mencatatkan itu.

Posisi kiper kadang disepelekan dalam sepak bola, namun peran dari pemain yang biasanya mengenakan nomor punggung 1 ini sangat vital.

Lini pertahanan tidak akan merasa nyaman jika kiper yang dipasang tidak memiliki kualitas mumpuni dan rentan dibobol pemain lawan.

Baca Juga: Media Vietnam Bongkar Keunggulan Tak Terduga Timnas Indonesia U-22 Jelang Semifinal SEA Games 2023

Butuh kualitas tinggi agar mampu menjadi kiper terbaik di ajang kasta tertinggi sepak bola Benua Biru, termasuk mencatatkan cleansheet.

Lantas siapa saja kiper yang mampu menorehkan prestasi gemilang di Liga Champions lewat torehan cleansheet terbanyak? berikut di antaranya.

5. Petr Cech (45 kali)

Baca Juga: 7 Pemain Naturalisasi yang Diprediksi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Optimis Lolos dari Fase Grup?

Catatan 45 kali clean sheets Petr Cech ini cukup memakan waktu yang panjang, diawali saat sosoknya bermain untuk Chelsea medio 2004-2015.

Selama itu Cech mampu memberikan gelar bergengsi untuk Chelsea, di antaranya empat trofi Premier League, empat trofi Piala FA dan satu gelar Liga Champions.

4. Edwin van der Sar (51 kali)

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Andalkan Pemain Naturalisasi?

Enam musim mengabdi di Old Trafford medio 2005-2011, Van der Sar sukses memberi sederet gelar bergengsi untuk Manchester United.

Di antaranya empat trofi Liga Inggris, satu trofi Liga Champions dan sederet trofi lain, selama itu pula Van der Sar mampu mencatat 51 kali cleansheet di UCL.

Karier pemain ini cukup panjang, dimulai dari Fulham, Juventus, Ajax Amsterdam dengan satu trofi Liga Champions musim 1994-1995 dan Noordwijk.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top Dunia yang Bakal Jadi Lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

3. Gianluigi Buffon (52 kali)

Legenda hidup Juventus ini memang tidak ada matinya soal prestasi gemilang, termasuk di Liga Champions dengan 53 kali cleansheet.

Kariernya bersama La Vecchia Signora pada musim 2001, bertahan hingga 2018 meski tak sekalipun meraih satu gelar UCL.

Meski begitu gelar prestisius lainnya pernah ditorehkan Buffon, termasuk gelar Piala Dunia 2006 untuk Timnas Italia.

Saat ini Buffon masih aktif bermain di usianya yang ke-45 tahun untuk klub masa lalunya, Parma.

2. Manuel Neuer (54 kali)

Namanya melejit saat tampil impresif bersama Schalke 04 hingga membuat Bayern Muenchen kepincut merekrutnya.

Neuer pun menjadi kiper utama Bayern Muenchen hingga saat ini dan tentunya Timnas Jerman, dengan raihan satu trofi Piala Dunia 2014.

Di level klub, Neuer mampu mencatat 54 kali cleansheet di Liga Champions dan masih bisa bertambah untuk menyalip legenda Real Madrid.

1. Iker Casillas (59 kali)

Kiper dengan jumlah clean sheets terbanyak di Liga Champions adalah legenda Real Madrid dan Timnas Spanyol, Iker Casillas.

Membela Real Madrid sejak 1999 hingga 2015, selama 14 tahun membela El Real tak hanya prestasi mentereng untuk klub yang ia raih.

Casillas tercatat sebagai kiper satu-satunya dengan jumlah cleansheet terbanyak di Liga Champions dengan 59 kali.

Total cleansheet yang Casillas torehkan selama di Real Madrid sebanyak 246 kali dari 725 laga, termasuk di Liga Champions.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak