Kisah Pemain Bernama Tengah Bilal, Dianggap Sekuat Lembu, Berjuang Melawan Penyakit Kanker

"Dia (Dani Alves) ingin mendonorkan hatinya pada saya, tapi itu tidak boleh terjadi," kata si pemain

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Kamis, 23 Februari 2023 | 12:46 WIB
Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal (Instagram @abi22ericabidal)

Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal (Instagram @abi22ericabidal)

Bolatimes.com - Pada 2013 lalu, full back asal Brasil Dani Alves kabarnya sempat ingin mendonorkan hatinya untuk salah satu rekannya di Barcelona.

"Dia (Dani Alves) ingin mendonorkan hatinya pada saya, tapi itu tidak boleh terjadi," kata si pemain seperti dikutip dari Marca.

Sebagai seorang pemain, rekan Dani Alves ini memang memiliki kepribadian yang sangat bersahaja hingga banyak pemain yang begitu syock ketika mengetahui ia memiliki penyakit kanker hati.

Baca Juga: Termasuk Eric Abidal, Berikut Pesepak Bola yang Sembuh dari Kanker

Lahir di Saint-Genis-Laval, Prancis pada 11 September 1979, orang tuanya yang memberikan nama Eric Sylvain Abidal.

Eric Abidal jadi namanya yang begitu tenar di lapangan hijau periode 2004-2013. Sebagai seorang bek, Abidal dianggap banyak orang memiliki tenaga yang super dahsyat.

Bahkan ia dianggap memiliki tenaga sekuat lembu. Abidal memang memiliki hal itu, ia mampu ditempatkan sebagai bek tengah namun juga bisa menjadi full back kiri. Abidal memulai kariernya di tim lokal, Lyon Duchere. Pada 2000, ia direkrut Monaco dan mulai bermain di Monaco B.

Baca Juga: Drama Dugaan Perselingkuhan Eric Abidal di Balik Penyerangan Pemain PSG

Dua tahun ia promosi ke tim utama. Instingnya sebagai seorang bek membuat banyak tim ingin merekrutnya dari Monaca.

Lille jadi tim berikutnya yang dituju oleh Abidal dilanjutkan ke Lyon pada 2004 dan pada 2007, Abidal mendapat tawaran dari Barcelona.

Bersama Barcelona, Abidal jadi batu karang yang kokoh untuk klub Catalan tersebut. Berbagai gelar bergengsi ia persembahkan ke publik Camp Nou seperti 4 gelar La Liga, 2 gelar Copa de Rey, 3 Supercopa Espana, 2 Liga Champions, 1 Piala Super Eropa dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: Curhat Usai Digugat Cerai Istri, Eric Abidal: InsyaAllah Kamu Akan Memafkan

Pemain yang memiliki nama tengah Bilal setelah masuk Islam ini pada 2011 mendapat kabar buruk. Dikutip dari fcbarcelona.com, Abidal di vonis memiliki penyakit kanker hati. Tindakan cepat pun dilakukan kubu Barcelona saat itu, dua hari setelah vonis tersebut Abidal langsung masuk meja operasi.

Hebatnya, 7 hari setelah operasi tersebut Abidal tampil seperti sediakala, ia bermain 90 menit saat mengantarkan Barcelona meraih gelar Liga Champions musim 2010/11 dengan mengalahkan Manchester United di Stadion Wembley. Abidal pun semakin diyakini banyak pihak memang memiliki kekuataan bak seekor lembu.

Sayang operasi tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya menyembuhkan Abidal dari penyakit tersebut. Abidal memang harus jalani transplatasi hati untuk benar-benar membuatnya pulih seperti sedia kala. Kondisi ini yang membuat Dani Alves seperti tersebut diatas ingin mendonorkan hatinya.

Baca Juga: Terseret Kasus Penyerangan Pemain PSG, Eric Abidal Digugat Cerai Istrinya

Sadar bahwa ia tak bisa terus menjadi pemain dengan kondisi kesehatannya yang seperti itu suami dari Hayet Kebir dan ayah dari Meliana dan Camelia itu pada 2014 lalu memutuskan untuk gantung sepatu.

Sejumlah mantan rekan dan pelatihnya pun memberikan banyak komentar positif soal sosok Abidal selama bermain sepakbola.

"Orang-orang mencintai Abidal karena mereka merasakan kejujuran yang selalu keluar dari perkataannya. Orang-orang menghargai kejujurannya, itu sebabnya ia begitu disukai banyak orang. Dia telah mengalami masa-masa sulit dan dia tidak kenal kata menyerah. Karena itu ia menjadi contoh yang baik untuk kita semua." kata Pep Guardiola seperti dikutip dari Diario AS

Dani Alves yang sempat ingin mendonorkan hatinya bahkan mengatakan bahwa Abidal bukan sosok pemain egois, ia lebih banyak berkorban untuk kepentingan orang lain dibanding dirinya sendiri.

"Dia memiliki hati yang sangat lapang dari siapa pun yang pernah saya kenal, dia tidak pernah egois memikirkan dirinya sendiri dan ia selalu mendahulukan kepentingan orang lain." kata Alves.

Abidal saat ini menjadi duta untuk Barcelona, Abidal mengikuti jejak Ronaldinho yang juga menjadi duta untuk klub Catalan tersebut setelah penisun.

Saat disinggung ia memang layak jadi duta Barcelona karena ia berstatus legenda, Abidal menjawabnya dengan nada merendah dan ia tak layak untuk dianggap legenda.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak