Boladunia

Profil Yann Sommer, Kiper Baru Bayern Munich Sang Pencetak Rekor di Bundesliga

Mengenal sosok Yann Sommer, kiper milik Bayern Munich.

Rauhanda Riyantama

Kiper Borussia Monchengladbach, Yann Sommer. (Twitter)
Kiper Borussia Monchengladbach, Yann Sommer. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Yann Sommer, kiper asal Swiss yang baru saja direkrut Bayern Munich untuk menyongsong sisa musim 2022/2023.

Bayern Munich baru saja mengumumkan kedatangan kiper baru di bursa transfer musim dingin pada Januari 2023 ini dengan merekrut Yann Sommer.

Kiper berusia 34 tahun ini didatangkan oleh klub berjuluk Die Roten itu dari kompetitornya di Liga Jerman atau Bundesliga, yakni Borussia Monchengladbach.

Dilansir dari BBC, kiper gaek ini didatangkan Bayern Munich dengan menebus sisa kontraknya yang habis pada Juni 2023 mendatang.

Disebutkan Bayern Munich harus merogoh kocek sebesar 9,5 juta euro atau setara dengan Rp155 miliar demi mendatangkannya di Januari 2023 ini.

Sejatinya Bayern Munich telah memiliki tiga kiper di timnya. Sayangnya, sang kiper utama, Manuel Neuer, harus mengalami patah kaki akibat saat berlibur.

Hal inilah yang mendasari transfer Yann Sommer di Januari 2023 ini, guna menyongsong sisa musim 2022/2023 dan juga bersaing dengan Neuer di musim-musim selanjutnya.

Bergabungnya Yann Sommer dengan Bayern Munich pun menambah kedalaman skuad serta banyaknya bintang di kubu FC Hollywood tersebut.

Lantas, siapakah sosok Yann Sommer itu? Berikut profilnya.

Pencetak Rekor Bundesliga

Yann Sommer merupakan kiper berkebangsaan Swiss yang lahir di Morges pada 17 Desember 19788 silam. Kariernya di sepak bola sendiri bermula sejak usia 15 tahun.

Di usia tersebut, Yann Sommer bergabung tim papan atas Swiss, yakni FC Basel, dengan membela tim akademi terlebih dahulu.

Barulah pada 2005 atau dua tahun sejak kepindahannya, Yann Sommer mendapat kontrak profesional dan membuatnya menjadi kiper ketiga di tim utama.

Karena usianya yang masih muda, FC Basel pun sempat meminjamkannya klub Liechtenstein, Vaduz, dan juga klub Swiss lainnya, Grasshoppers.

Usai menjalani pinjaman, barulah pada 2010 atau saat usianya 21 tahun, Yann Sommer menjadi kiper utama FC Basel menggantikan Franco Costanzo yang cedera.

Sejak jadi kiper utama, Yann Sommer tampil sebanyak 170 pertandingan bersama FC Basel dengan mencatatkan 65 Clean Sheet.

Hal ini membuat Borussia Monchengladbach merekrutnya pada 2014 dan mengikatnya dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Di Gladbach, sebutan Borussia Monchengladbach, Yann Sommer mampu mencuri perhatian dengan membawa timnya lolos ke Liga Champions.

Karena posisinya yang tak tergantikan di tim utama, Yann Sommer mendapat kontrak baru pada 2019 berdurasi empat tahun hingga 2023.

Perpanjangan kontrak ini dibayarnya dengan baik. Salah satunya adalah saat ia mencetak rekor penyelamatan terbanyak di Bundesliga dengan total 19 penyelamatan pada 2022 lalu.

Uniknya, rekor penyelamatan itu dibuatnya kala Gladbach bersua Bayern Munich, tim yang kini menjadi pelabuhan terbarunya pada Januari 2023.

Kini di Bayern Munich, Yann Sommer pun diikat dengan kontrak berdurasi 2,5 tahun yang membuatnya akan bertahan hingga Juli 2025 mendatang.

Di kancah internasional, kiprah Yann Sommer telah teruji sejak usia muda, di mana ia bergabung timnas Swiss di level kelompok umur.

Sedangkan debut internasionalnya bersama timnas senior Swiss baru tiba di tahun 2012 kala negaranya berhadapan dengan Rumania di sebuah laga persahabatan.

Sejak debutnya itu, Yann Sommer mampu mencatatkan sederet torehan penting, yakni membawa Swiss lolos Piala Dunia 2014, Euro 2016, Piala Dunia 2018, semifinal UEFA Nations League 2018/2019, Euro 2020, dan juga Piala Dunia 2022.

Hebatnya, Yann Sommer mampu menciptakan sederet catatan apik seperti menepis penalti Kylian Mbappe di babak 16 besar Euro 2020, dan mengubur mimpi Italia lolos ke Piala Dunia 2022 dengan keahliannya menepis penalti.

Total sudah 80 kali Yann Sommer membela Swiss di kancah internasional dengan kebobolan hanya 78 gol dan mencatatkan 31 Clean Sheets.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini