7 Rekor Istimewa yang Diraih Lionel Messi usai Antar Argentina Juara Piala Dunia 2022

Berikut 7 rekor istimewa yang didapat Messi setelah juara Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 19 Desember 2022 | 18:15 WIB
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Lionel Messi memanen rekor-rekor istimewa pasca membawa negaranya, Argentina, menjadi juara Piala Dunia 2022. Apa saja rekor itu?

Penantian panjang Lionel Messi untuk mengangkat trofi Piala Dunia bagi Argentina terwujud pada edisi 2022 yang berlangsung di Qatar ini.

Setelah gagal di edisi 2014 lalu, pemain berjuluk La Pulga tersebut akhirnya berhasil membawa Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022, Minggu (18/12) malam WIB.

Baca Juga: 5 Penyebab Prancis Kalah Lawan Argentina di Final Piala Dunia 2022

Messi dan Argentina berhasil meraih trofi bernama Jules Rimet itu setelah mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti.

Sebelum mencapai babak adu penalti, kedua tim memainkan sepak bola menawan dan saling kejar-kejaran angka sepanjang 120 menit.

Argentina sempat unggul 2-0 di babak pertama lewat penalti Lionel Messi dan gol Angel Di Maria. Sayangnya, keunggulan dua gol itu sirna di babak kedua dalam tempo beberapa menit saja.

Baca Juga: Jadi Venue Piala Dunia U-20 2023, Stadion Manahan Solo Siap Digunakan

Adalah Kylian Mbappe yang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat penalti dan sepakan setengah volinya dalam tempo satu menit saja.

Kylian Mbappe selebrasi saat cetak gol untuk Prancis. (Odd ANDERSEN / AFP)
Kylian Mbappe selebrasi saat cetak gol untuk Prancis. (Odd ANDERSEN / AFP)

Kedudukan 2-2 membuat kedua tim melanjutkan pertandingan ke babak Extra Time. Drama terjadi saat Messi mencetak gol ketiga Argentina di menit ke-108.

Saat kemenangan ada di depan mata Argentina, Prancis kembali mampu menyamakan kedudukan lewat Mbappe yang mencetak Hattrick melalui titik putih di menit ke-118.

Baca Juga: Statistik Kamboja Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Minim Kemenangan

Skor 3-3 pun membuat laga berlanjut ke drama adu penalti. Di momen krusial ini, kiper Argentina, Emiliano Martinez, mampu menepis dua dari empat eksekutor Prancis.

Sedangkan empat penendang Argentina berhasil menuntaskan tugasnya dan membuat La Albiceleste keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

Keberhasilan menjadi juara Piala Dunia 2022 ini menjadi pencapaian terbaik Messi dalam kariernya. Apalagi, keberhasilan ini dibarengi rekor-rekor istimewa yang dipecahkannya.

Baca Juga: Kisah Emi Martinez, Kiper Timnas Argentina yang Dulu Tak Mampu Bayar Kontrakan

Apa saja rekor-rekor istimewa yang dimaksud?

1. Perain 2 en Ball Piala Dunia

Keberhasilan mengantarkan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 membuat Messi meraih trofi pemain terbaik turnamen atau en Ball.

Trofi ini menjadi trofi keduanya setelah mendapatkannya pada 2014. Sejak penghargaan ini diperkenalkan pada 1984, hanya Messi saja yang bisa meraih penghargaan itu dua kali.

2. Top Skor Argentina di Piala Dunia

Berkat dua golnya di final Piala Dunia 2022 kontra Prancis, Messi total menorehkan tujuh gol di turnamen ini, atau 13 gol dalam lima edisi yang diikutinya.

Torehan 13 gol itu membuatnya menjadi top skor Argentina di Piala Dunia, melewati Gabriel Batistuta dengan sumbangan 10 gol.

Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

3. Pemain Termuda dan Tertua Argentina yang Cetak di Piala Dunia

ya di final Piala Dunia 2022 dibuat Messi saat usianya 35 tahun 168 hari. Hal itu menjadikan dirinya pencetak gol tertua bagi Argentina di sepanjang sejarah ajang ini.

Uniknya, Messi juga memegang rekor pencetak gol termuda Piala Dunia bagi Argentina saat debutnya di Piala Dunia 2006 di mana ia mencetak gol ke gawang Serbia & Montenegro pada usia 18 tahun 357 hari.

4. Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia

Karena tampil selama 120 menit di final Piala Dunia 2022, Messi total mencatatkan 2315 menit selama bermain di lima edisi Piala Dunia.

Torehan itu membuat Messi melewati rekor Paolo Maldini yang mencatatkan menit bermain terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia dengan 2217 menit.

5. Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Karena tampil di final Piala Dunia 2022 sebagai starter, Messi juga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah ajang ini dengan 26 penampilan.

Catatan itu melewati catatan yang dimiliki legenda Jerman, Lothar Matthaus, yang tampil sebanyak 25 kali dari lima edisi Piala Dunia.

Pemain depan Argentina, Lionel Messi, melihat trofi Piala Dunia saat memegang penghargaan Bola Emas setelah mengalahkan Prancis pada laga di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)
Pemain depan Argentina, Lionel Messi, melihat trofi Piala Dunia saat memegang penghargaan Bola Emas setelah mengalahkan Prancis pada laga di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

6. Rekor di Setiap Babak Piala Dunia

Piala Dunia 2022 terasa spesial bagi Messi karena ia mampu memecahkan rekor yang sulit dipecahkan pemain lainnya, yakni rekor mencetak gol di setiap babak.

Di Piala Dunia 2022 ini, Messi mencetak 7 golnya di setiap babak, yakni fase grup, babak 16 besar, babak perempat final, babak semifinal, dan babak final.

7. Kemenangan Terbanyak Piala Dunia

Berkat kemenangan atas Prancis, Messi menjadi pemain dengan jumlah kemenangan terbanyak di Piala Dunia, yakni 17 kemenangan.

Catatan itu melewati catatan Miroslav Klose yang mencetak 16 kemenangan saja dalam kariernya di Piala Dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak