Miris! 7 Negara Ini Gagal Lolos dari Fase Grup Piala Dunia 2022 meski Perkasa di Kualifikasi

Berikut 7 negara yang lolos dari fase grup meski tangguh di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 08 Desember 2022 | 15:00 WIB
Michy Batshuayi cetak gol tunggal kemenangan Belgia atas Kanada di Piala Dunia 2022. (Twiter)

Michy Batshuayi cetak gol tunggal kemenangan Belgia atas Kanada di Piala Dunia 2022. (Twiter)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar hadirkan sederet kejutan dari tim-tim yang perkasa di babak penyisihan grup namun berakhir pilu usai gagal lolos ke fase gugur.

Terhentinya langkah Jerman dan Uruguay di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 tentu membuat banyak pihak terkejut dan tak percaya.

Pasalnya tim-tim unggulan yang tampil menonjol selama fase grup justru mengalami nasib sial, tak hanya Jerman tetapi juga banyak negara lain.

Baca Juga: Park Hang-seo Pasrah usai Kehilangan Gelandang Andalan Jelang Piala AFF 2022, Peluang Timnas Indonesia Raih Gelar Juara?

Kondisi memilukan, berjaya di babak kualifikasi namun pada akhirnya gagal lolos babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Lantas tim mana saja yang mengalami hal demikian? berikut di antaranya tim-tim kondang yang bernasib pilu di Piala Dunia 2022  Qatar.

1. Serbia

Baca Juga: Profil Sofyan Amrabat, N'Golo Kante-nya Maroko di Piala Dunia 2022

Pemain depan Serbia Dusan Vlahovic (kanan) merayakan setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan Kualifikasi Grup A Piala Dunia 2022 melawan Azerbaijan di Stadion Rajko Mitic di Beograd pada 12 Oktober 2021. (AFP/Andrej Isakovic)
Pemain depan Serbia Dusan Vlahovic (kanan) merayakan setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan Kualifikasi Grup A Piala Dunia 2022 melawan Azerbaijan di Stadion Rajko Mitic di Beograd pada 12 Oktober 2021. (AFP/Andrej Isakovic)

Skuad asuhan Dragan Stojkovic ini berada dalam performa terbaik dalam beberapa tahun, terlebih memiliki sederet pemain top Eropa.

Termasuk salah satunya Dusan Vlahovic, meskipun gagal total di fase grup Piala Dunia 2022 dengan tanpa memetik sekalipun kemenangan.

2. Kanada

Baca Juga: Hasil BWF World Tour Finals 2022: Gregoria Mariska Tunjung Dibungkam Peringkat Dua Dunia

Kanada termasuk menjadi unggulan di babak kualifikasi, keluar sebagai pemuncak klasemen zona CONCACAF dan pertama kalinya mencapai putaran final.

Meskipun kehadiran Kanada justru dijadikan lumbung gol tim lawan, tiga laga tanpa kemenangan dan menjadi tim pertama yang dipastikan pulang pada matchday kedua.

3. Denmark

Baca Juga: Sosok Manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Laga Denmark vs Tunisia di Piala Dunia 2022 berakhir imbang 0-0. (AFP)
Laga Denmark vs Tunisia di Piala Dunia 2022 berakhir imbang 0-0. (AFP)

Denmark keluar sebagai juara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2022, namun memasuki putaran final Piala Dunia 2022 padahal sangat superior di babak kualifikasi.

Namun Denmark dipaksa gigit jari usai mencatat dua kekalahan dengan satu kali hasil seri di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

4. Jerman

Siapa kira Jerman bakal mencatat back to back gagal lolos babak penyisihan grup Piala Dunia sejak kali pertama dituai pada 2018 lalu.

Superiornya Jerman di babak kualifikasi tak berarti di laga sesungguhnya, Jerman hanya menang sekali, imbang sekali dan kalah sekali.

5. Belgia

Aksi Kevin de Bruyne saat Belgia kalah lawan Maroko 0-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Aksi Kevin de Bruyne saat Belgia kalah lawan Maroko 0-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Berisi nama-nama mentereng dunia sepak bola Eropa, Belgia justru dibuat bapuk di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Menang sekali, imbang sekali dam kalah dari Maroko membuat Belgia terpaksa harus pulang lebih awal dari ajang Piala Dunia 2022.

6. Iran

Sebagai salah satu wakil Asia, Iran merupakan salah satu tim yang paling sukses dengan enam kali keikutsertaan di ajang empat tahunan ini.

Meski begitu, penampilan trengginas di babak kualifikasi terhenti di babak penyisihan grup, khususnya setelah gagal menahan imbang Amerika Serikat.

7. Arab Saudi

Penyerang Arab Saudi, Saleh Al-Shehri sujud syukur usai bobol gawang Argentina di Piala Dunia 2022. (AFP)
Penyerang Arab Saudi, Saleh Al-Shehri sujud syukur usai bobol gawang Argentina di Piala Dunia 2022. (AFP)

Arab Saudi tampil menggebrak saat menundukkan Argentina di mactchday pertama fase grup Piala Dunia dengan skor 2-1.

Namun kesuksesan itu tak diikuti dengan konsistennya performa The Green Falcon dalam dua laga selanjutnya, hingga langkah mereka pun terhenti.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak