Boladunia

Negara yang Tampil Mengejutkan di Piala Dunia 2022, Ada 2 Wakil Asia

Berikut deretan negara yang secara mengejutkan tampil menggila di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Timnas Jepang usai lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)
Selebrasi pemain Timnas Jepang usai lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara yang tampil mengejutkan sepanjang Piala Dunia 2022 ini, di mana dua di antaranya adalah wakil Asia.

Piala Dunia 2022 telah mencapai babak gugur. Beberapa negara besar berhasil lolos dari fase grup dan menembus babak Knock Out di ajang ini seperti prediksi banyak orang.

Namun ada pula beberapa negara besar yang justru gagal lolos dari fase grup karena mengalami kekalahan menyakitkan dari beberapa negara-negara kecil yang tampil mengejutkan.

Sebagai contoh adalah Jerman dan Belgia. Kedua tim yang diprediksi akan menjadi unggulan ini, justru tak berdaya di babak grup sehingga gagal lolos ke fase gugur.

Kegagalan Jerman dan Belgia lolos ke fase gugur ini tak lepas dari kekalahan yang didapatkan di babak grup dari negara-negara kecil.

Bahkan, posisi keduanya yang diyakini akan lolos, justru digantikan oleh negara-negara kecil tersebut karena tampil mengejutkan sepanjang turnamen empat tahunan ini.

Lantas, negara-negara mana saja yang berhasil tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022 ini? Berikut daftarnya.

1. Jepang

Jepang menjadi salah satu negara yang tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022 ini, meski langkahnya harus dihentikan Kroasia di babak 16 besar.

Tim Samurai Biru berhasil tampil mengejutkan karena mampu lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup, melampaui Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika di grup E.

Mengejutkannya lagi, Jepang berhasil menjadi juara grup setelah mengalahkan dua tim unggulan yakni Jerman dan Spanyol dengan skor identik 2-1.

2. Maroko

Maroko bukanlah negara yang memiliki sejarah panjang di Piala Dunia. Tak ayal, di tahun 2022 ini, Singa Atlas diprediksi tak akan melangkah jauh.

Namun anggapan ini berhasil dipatahkan setelah Maroko berhasil menembus babak 16 besar dengan status juara grup F mengungguli Belgia dan Kroasia.

Di fase grup, Maroko tampil mengejutkan dengan mengalahkan Belgia dengan skor 2-0 dan mampu menahan imbang Kroasia dengan skor 0-0.

3. Korea Selatan

Jepang bukanlah wakil Asia yang tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022. Masih ada nama Korea Selatan yang juga tampil mengejutkan hingga babak 16 besar.

Tergabung di grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Ghana, Korea Selatan berhasil menembus babak 16 besar usai menjadi Runner Up grup.

Bahkan, Taeguk Warriors mampu merebut tiket ke babak 16 besar dengan cara ajaib, yakni mengalahkan pemuncak grup H, Portugal di laga terakhir.

4. Swiss

Swiss merupakan salah satu kuda hitam yang diperhitungkan di Piala Dunia 2022 ini. Tapi, tim arahan Murat Yakin ini menjadi salah satu tim yang tampil mengejutkan hingga babak 16 besar.

Tergabung di grup G bersama Brasil, Serbia, dan Kamerun, Swiss mampu menembus babak 16 besar lewat laga terakhir usai mengantongi satu kemenangan dan satu kekalahan.

Di laga terakhir, secara mengejutkan Swiss mampu mengalahkan Serbia dengan skor 3-2 lewat laga yang berlangsung dramatis.

5. Polandia

Polandia sejatinya dijagokan untuk melangkah jauh di Piala Dunia 2022 ini. Apalagi, Robert Lewandowski dkk tergabung di grup B bersama Meksiko, Arab Saudi, dan Argentina.

Sempat imbang di laga pertama kontra Meksiko, Polandia berhasil menang 2-0 atas Arab Saudi dan tumbang 0-2 dari Argentina. Meski punya rekor tak apik, Si Putih Merah tetap lolos ke babak 16 besar.

Memang langkah Polandia di babak 16 besar terhenti dari Prancis. Tapi Si Putih Merah berhasil membuat Les Bleus tak berdaya sepanjang babak pertama sebelum tumbang 1-3.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini