Boladunia

Kisah Ivan Perisic, Atlet Voli Pantai yang Kini Jadi Bintang Sepak Bola Timnas Kroasia

Sebelum terkenal jadi pesepak bola, Ivan Perisic ternyata pernah bela Timnas Kroasia di ajang voli pantai.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Ivan Perisic usai cetak gol saat Kroasia kalahkan Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)
Selebrasi Ivan Perisic usai cetak gol saat Kroasia kalahkan Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Mengupas kisah Ivan Perisic yang ternyata pernah main voli pantai sebelum menjadi bintang andalan bagi Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 ini.

Nama Ivan Perisic menjadi perbincangan di kalangan pecinta sepak bola, terlebih setelah aksi heroiknya menyelamatkan Kroasia dari kekalahan atas Jepang, Senin (5/12).

Dalam laga babak 16 besar  Piala Dunia 2022 itu, pemain yang telah berusia 33 tahun tersebut mampu membuat Kroasia lolos ke perempatfinal berkat golnya.

Semula, Jepang sempat unggul atas Kroasia sebelum babak pertama usai lewat gol Daizen Maeda, tepatnya di menit ke-43.

Beruntung bagi Kroasia, Ivan Perisic mampu mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-55 lewat tandukannya yang membuat skor menjadi 1-1 dan memaksa Jepang bermain hingga babak adu penalti.

Di babak adu penalti, tiga dari empat penendang Jepang gagal menyelesaikan tugasnya dan membuat Kroasia berhasil lolos ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022.

Meski golnya hanya membawa Kroasia menyamakan kedudukan, namun Perisic tetap dianggap pahlawan tim berjuluk Vatreni tersebut atas Jepang.

Siapa sangka, sebelum menjadi andalan dan pahlawan Timnas Kroasia, dulunya Ivan Perisic ternyata seorang atlet voli pantai. Bagaimana kisahnya?

Atlet Voli Pantai

Ivan Perisic sejatinya telah menggeluti dunia sepak bola sejak dini. Ia mengawali kiprahnya di tim Kroasia, Hajduk Split semasa belia.

Karena talentanya tersebut, Perisic sempat menjadi buruan klub-klub top Eropa seperti Ajax Amsterdam, Anderlecht, dan PSV Eindhoven.

Namun justru Perisic dan keluarganya menerima pinangan Sochaux sebelum akhirnya ia hijrah ke Club Brugge, Borussia Dortmund, VfL Wolfsburg, Inter Milan, Bayern Munich, dan kini Tottenham Hotspur.

Dari kiprahnya sejak kecil, bisa dikatakan Perisic lebih banyak bergelut di dunia sepak bola ketimbang cabang olahraga lainnya.

Tapi pada 2017 silam, Perisic mengambil langkahnya di cabang olahraga lain. Tak tanggung-tanggung, cabang olahraga yang dilakoninya adalah voli pantai.

 

Pilihannya bermain di voli pantai cukup mengejutkan. Sebab, olahraga satu ini bukanlah salah satu dari sembilan olahraga favorit di Kroasia.

Namun Perisic menunjukkan alasannya bermain voli pantai. Hal ini ditunjukkannya saat ia berpartisipasi di 2017 FIVB Beach Volleyball World Tour.

Ajang tersebut bukanlah ajang biasa. Ajang tersebut merupakan ajang kelas dunia atau sebuah kompetisi profesional bagi atlet-atlet voli pantai.

Di ajang tersebut, Perisic berpasangan dengan Niksa Dellorco. Sayang kiprah keduanya tak berlangsung lama setelah tumbang di pertandingan pertama kontra Alvaro Morais Filho dan Saymon Barbossa.

Sebagai informasi, ajang ini dilakoni oleh Perisic setelah dirinya merampungkan musim 2016/2017 bersama Inter Milan. Sehingga partisipasinya ini tak mengganggu kariernya.

Usut punya usut, voli pantai merupakan hobi dari Perisic sejak usianya 10 tahun. Maka tak mengherankan jika dirinya bisa menembus kancah profesional voli pantai, kendati berstatus pesepak bola profesional.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini