Boladunia

Vietnam Hajar Borussia Dortmund, Park Hang-seo Semakin Optimis Jelang Piala AFF 2022

Timnas Indonesia wajib waspada kekuatan Vietnam.

Arif Budi Setyanto

Timnas Vietnam vs Dortmund. (Dok. VFF)
Timnas Vietnam vs Dortmund. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam membuat kejutan dengan mengalahkan klub papan atas Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund dalam laga uji coba, Rabu (30/11/2022) di Stadion My Dinh.

Laga uji coba ini digelar karena Dortmund memang tidak ada jadwal kompetisi karena Piala Dunia 2022 sedang bergulir. Di sisi lain, Vietnam bertanding melawan Marco Reus cs sebagai persiapan Piala AFF 2022.

Dalam laga uji coba ini tim asuhan Park Hang-seo menang tipis 2-1. Awalnya Golden Star Warriors tertinggal lebih dulu karena gol Donyell Malen pada menit ke-13.

Namun, Timnas Vietnam tak gentar meski kebobolan lebih dulu. Pada menit ke-36, striker andalan mereka, Nguyen Tien Linh, berhasil menyamakan kedudukan.

Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, kedua tim tampil saling serang. Timnas Vietnam yang bermain di rumah sendiri tak mau kalah begitu saja.

Hingga akhirnya skuat The Golden Star mendapat hadiah penalti pada menit ke-90. T. H. Pham selaku eksekutor sukses menjalankan tugasnya dan mengubah skor menjadi 2-1.

Usai pertandingan ini, Park Hang-seo menegaskan kemenangan lawan Dortmund sangat penting jelang Piala AFF 2022.

Pelatih Vietnam Park Hang-seo. (bidikan layar Zing news)
Pelatih Vietnam Park Hang-seo. (bidikan layar Zing news)

"Dortmund adalah tim teratas di Jerman dan hari ini mereka punya banyak pemain kunci yang bermain. Sebagai timnas Vietnam, saya tidak bisa mengatakan bahwa hasil pertandingan hari ini tidak penting," ucap Park Hang-seo dikutip dari Soha.vn pada Kamis (1/12/2022).

"Saya puas dengan penampilan para pemain, begitu juga dengan hasil dari pertandingan (vs Dortmund)," tegas pelatih asal Korea Selatan ini.

Sementara itu, Vietnam tergabung di grup B bersama Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Laos. Sedangkan di grup satunya terdapat timnas Indonesia, Thailand, Filipina, Kamboja, serta Brunei Darussalam.

Berita Terkait

Berita Terkini