Boladunia

Profil Diogo Costa, Kiper Portugal yang Nyaris Bikin Blunder Fatal di Piala Dunia 2022

Mengenal lebih jauh Diogo Costa yang nyaris bikin blunder saat Portugal kalahkan Ghana 3-2.

Rauhanda Riyantama

Momen Diogo Costa nyaris bikin blunder yang buyarkan kemenangan Portugal atas Ghana di Piala Dunia 2022. (AFP)
Momen Diogo Costa nyaris bikin blunder yang buyarkan kemenangan Portugal atas Ghana di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Kiper Timnas Portugal, Diogo Costa, hampir saja membuyarkan kemenangan di depan mata Selecao das Quinas di Piala Dunia 2022.

Portugal menghadapi Ghana pada matchday pertama mereka di grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) malam WIB. Portugal secara dramatis meraih kemenangan dengan skor tipis 3-2.

Hampir saja skor itu berubah menjadi 3-3 karena ulah dari Diogo Costa. Kiper berusia 23 tahun tersebut melakukan kesalahan fatal di menit-menit akhir babak kedua.

Diogo Costa tak menyadari keberadaan pemain Timnas Ghana, Osman Bukari yang di belakangnya saat kiper bernomor punggung 22 tersebut hendak melakukan tendangan gawang.

Ia terlalu lama berdiam diri setelah melepaskan bola dari tangannya. Melihat adanya peluang, Osman Bukari langsung merebut bola setelah Diogo Costa melepas bola.

Para pemain Portugal sempat panik melihat Osman Bukari hampir berhasil memanfaatkan kesalahan fatal Diogo Costa. Beruntung, Osman Bukari terpeleset sehingga bola berhasil dibuang barisan pertahanan.

Lantas, siapa sebetulnya Diogo Costa yang hampir meng-Karius-kan dirinya? Berikut ulasan profilnya!

Profil Diogo Costa

Sosok dengan nama lengkap Diogo Meireles da Costa ini merupakan pemain kelahiran 19 September 1999 di Rothrist, Swiss.

Ia dianggap sebagai salah satu kiper muda terbaik saat ini dan dihubungkan dengan sejumlah tim top Eropa seperti Manchester United.

Meski lahir di Swiss, Costa pindah ke Portugal saat berusia 7 tahun, mengikuti ayahnya yang asli orang Portugal. Ia memulai perjalanan karier sepak bola dengan bermain di akademi lokal bernama AMCH Ringe, lalu bergabung ke Povoa de Lanhoso.

Costa kemudian bergabung dengan akademi Porto pada 2011. Setelah hampir enam tahun, Costa akhirnya debut dengan tim cadangan Porto pada Agustus 2017.

Di musim 2017/18 itu, Costa bermain 34 pertandingan, lalu di musim 2018/19 bermain 18 kali. Bakatnya yang mulai terlihat bikin Diogo Costa akhirnya debut di tim utama Porto pada September 2019.

Mulai musim 2019/20, Costa mulai menjadi bagian dari tim utama Porto. Hingga musim 2022/23 berjalan sejauh ini, Costa sudah melakoni 87 pertandingan lintas ajang buat tim utama Porto.

Prestasi Costa bersama Porto cukup gemilang. Di level junior, dia membawa Porto menjuarai UEFA Youth League (Liga Champions untuk Usia Junior).

Di tim utama, Diogo Costa mengoleksi 2 trofi juara Liga Portugal, 2 trofi Taca de Portugal, dan satu gelar Supertaca Cândido de Oliveira.

Sementara di level tim nasional, Diogo Costa melakoni debutnya buat timnas senior Portugal pada 2021. Kini, ia sudah mengoleksi 8 caps.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini