Boladunia

Witan Sulaeman Dipastikan Telat Gabung TC Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Belum Pasti

Meski telat gabung TC, Witan dipastikan bisa bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama

Witan Sulaeman bertemu Egy Maulana Vikri di Liga Slovakia (Instagram)
Witan Sulaeman bertemu Egy Maulana Vikri di Liga Slovakia (Instagram)

Bolatimes.com - Witan Sulaeman dipastikan telat gabung TC Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Sementara rekan setimnya, Egy Maulana Vikri belum jelas.

Kabar ini disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Ia mengatakan bahwa Witan baru bisa bergabung pada 4 Desember mendatang, yang mana TC sudah dimulai pada 28 November di Bali.

Adapun untuk Egy Maulana Vikri, PSSI disebut Indra masih belum mendapat jawaban. Eks pelatih Timnas Indonesia U-19 itu mengatakan baru akan mendapat kabar mengenai Egy besok, Sabtu (26/11/2022).

"Witan itu kalau tidak salah baru bisa masuk tanggal 4 Desember. Egy mungkin besok baru ada jawaban," kata Indra Sjafri saat ditemui di kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Witan dan Egy merupakan dua pemain Indonesia yang tengah merumput di Eripa tepatnya di Liga Slovakia. Nama pertama membela AS Trencin, sementara Egy memperkuat FC ViOn Zlaté Moravce.

Pemanggilan pemain yang merumput di luar negeri memang telah jadi masalah rutin bagi timnas Indonesia dan negara-negara peserta Piala AFF lainnya.

Pasalnya, turnamen antar negara-negara Asia Tenggara itu tidak masuk dalam kalender resmi FIFA, sehingga klub tidak wajib melepaskan pemainnya ke tim nasional.

Bahkan, karena masalah ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong harus terjun langsung dengan mendatangi klub-klub beberapa pemain. Juru taktik Korea Selatan itu sudah menyambangi klub Elkan Baggott, Gillingham FC di Inggris.

Indra mengaku pihaknya sedang mengatur bagaimana caranya agar pemain-pemain abroad bisa dipakai Timnas Indonesia meski cuma beberapa pertandingan.

"Ini sedang diatur, di pertandingan mana saja dari luar negeri bisa bermain. Karena kami memaklumi, ini bukan agenda FIFA. Kepentingan klub kami akomodir, kepentingan pemain juga," sambungnya.

Adapun pelatih Shin Tae-yong memanggil sejumlah pemain abroad seperti Witan, Egy, Elkan, Sandy Walsh, Jordi Amat, Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.

Piala AFF dimulai pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Berita Terkait

Berita Terkini