Boladunia

Profil Wayne Hennessey, Kiper Wales yang Diganjar Kartu Merah hingga Dilumat Iran 2-0

Wales bermain dengan 10 pemain di menit-menit akhir.

Muhammad Ilham Baktora

Kiper Wales, Wayne Hennessey yang diganjar kartu merah saat menghadapi Timnas Iran di babak lanjutan Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022). (Instagram/@wayne.hennessey_fans)
Kiper Wales, Wayne Hennessey yang diganjar kartu merah saat menghadapi Timnas Iran di babak lanjutan Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022). (Instagram/@wayne.hennessey_fans)

Bolatimes.com - Timnas Iran secara mengejutkan meraih kemenangan perdananya dalam lanjutan Piala Dunia 2022 menghadapi Wales, Jumat (25/11/2022). Kemenangan Iran tak lepas dari kesalahan kiper Wales, Wayne Hennessey yang diganjar kartu merah hingga bermain dengan 10 orang.

Pertandingan kedua tim berjalan alot di babak pertama. Meski sudah melakukan manuver hingga ancaman ke masing-masing gawang lawan, Wales dan Iran tak mampu membuahkan gol hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, masing-masing tim tampil menyerang. Namun hal itu tak mengubah keadaan hingga terjadi insiden pelanggaran oleh kiper Wales, Wayne Hennessey di menit ke-86. Wayne Hennessey mengangkat kaki terlalu tinggi sampai mengenai wajah pemain Iran.

Selebrasi pemain Timnas Iran usai kalahkan Wales 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)
Selebrasi pemain Timnas Iran usai kalahkan Wales 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Awalnya Wayne Hennessey mendapat kartu kuning dari wasit. Kendati mendapat protes dari pemain Iran, wasit berlari ke layar VAR untuk memastikan pelanggaran yang dilakukan kiper 35 tahun itu. Pada akhirnya, Wayne diganjar kartu kuning kedua hingga dikeluarkan dari lapangan.

Profil Kiper Wales Wayne Hennessey

Mengawali karier dari Manchester City Youth di tahun 2003 sebagai kiper, Wayne Hennessey mendapat tawaran hingga resmi berseragam Wolves U-18. Membela Wolves selama 3 tahun, Wayne dipinjamkan ke Bristol City pada akhir 2006.

Pada masa itu, Wayne kerap bermain untuk tim utama Wolves dan juga Bristol City dengan status pinjaman.

Lelah hanya dipinjamkan, pria dengan tinggi 1,9 meter ini memutuskan pindah untuk membela Crystal Palace pada 2014. Masa tugasnya di Crystal Palace berakhir pada 2021 lalu dan Burnley tertarik untuk meminangnya selama setahun.

Pada 15 Juli 2022 lalu, Wayne Hennessey resmi berseragam Nottingham Forest hingga saat ini.

Wayne Hennessey sendiri mendapat kepercayaan berseragam Timnas Wales dua kali. Pertama kali dipercaya pada 2018 dan kedua kalinya di Piala Dunia 2022.

Wayne juga kerap ditunjuk menjadi kiper utama dalam beberapa laga bersama Wales ketika bermain di level dunia. Namun ganjaran kartu merahnya saat melawan Timnas Iran seakan menjadi bayang-bayangnya dalam melakoni pertandingan yang lain.

Kemenangan Iran atas Wales, mengantarkan tim berjuluk Tim Melli ini menempati posisi kedua di Grup B klasemen sementara. Wales berada di posisi paling bawah.

Berita Terkait

Berita Terkini