Boladunia

Profil Osman Bukari, Pemain Ghana yang Tirukan Selebrasi Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022

Penyerang Ghana berlagak selebrasi siu ala CR7.

Husna Rahmayunita

Pemain Ghana Osman Bukari tirukan selebrasi Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Pemain Ghana Osman Bukari tirukan selebrasi Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Bolatimes.com - Penyerang sayap Timnas Ghana, Osman Bukari, sukses merebut perhatian publik lantaran menirukan gaya selebrasi milik Cristiano Ronaldo pada laga Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 itu, Osman Bukari memang sukses mencetak gol ke gawang timnas Portugal sebelum melakukan selebrasi ‘siu’ milik Cristiano Ronaldo.

Momen ini tepatnya terjadi pada menit ke-89. Osman Bukari sukses menanduk umpan silang yang dikirimkan oleh Baba Rahman dari sisi kiri lapangan.

Setelah sukses mengoyak jala gawang Portugal, Osman lalu berlari ke sudut lapangan untuk melakukan selebrasi ‘siu’ ala CR7 yang sebelumnya juga sudah dilakukan Ronaldo pada gol pertama pertandingan ini.

Ketika Osman mencetak gol, CR7 sebetulnya sudah ditarik keluar. Mantan pemain Manchester United ini juga tampak kesal ketika disorot kamera di bangku cadangan.

Meskipun demikian, gol ini tetap tak mampu menyelamatkan Ghana dari kekalahan. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-2 bertahan untuk keunggulan Portugal.

Hasil ini membuat Portugal untuk sementara memuncaki klasemen Grup H dengan koleksi tiga poin, sementara Ghana harus terbenam di dasar klasemen menyusul hasil imbang yang diraih Uruguay dan Korea Selatan di partai lain.

Profil Osman Bukari

Osman Bukari merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Accra, Ghana, pada 13 Desember 1998. Kariernya di dunia sepak bola mulai mencuri perhatian ketika bermain untuk Accra Lions di level junior.

Pada 2018, Osman mendapat kesempatan untuk menimba ilmu Bersama klub kasta tertinggi di Liga Belgia, Anderlecht. Namun, dia justru mengawali karier profesionalnya bersama klub Liga Slovakia, AS Trencin.

Pada Juli 2018, dia direkrut klub yang saat ini diperkuat oleh Witan Sulaeman tersebut. Bersama AS Trencin, Bukari sukses menjadi salah satu pemain terbaik di tim tersebut.

Dari total 66 pertandingan yang dicatatkan pemain berpostur 170 cm ini, dia sukses menyumbangkan 16 gol dan 25 assist. Pada musim 2019/2020, dia menjadi salah satu pemain terbaik Liga Slovakia.

Setelah penampilan sensasionalnya bersama AS Trencin, Osman kemudian Kembali digaet klub asal Belgia. Kali ini dia bermain untuk KAA Gent sejak ditransfer pada 4 September 2020.

Mendapat kontrak selama tiga tahun, Bukari tak butuh waktu lama untuk mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain penting di tim ini.

Dia pun juga berhasil mencatatkan penampilan di ajang UEFA Europa League saat Gent menghadapi Hoffenheim, Red Star Belgrade, dan Slovan Liberec, pada fase penyisihan grup.

Dari 35 aksinya bersama Gent, ia mencetak empat gol dan enam assist. Pada 12 Agustus 2021, dia sempat menjalani masa pinjaman bersama klub Prancis, Nantes.

Namun, justru klub Liga Serbia, Red Star Belgrade, yang memutuskan untuk merekrut Bukari pada 21 Juni 2022 dengan biaya transfer sebesar tiga juta euro.

Adapun debutnya bersama timnas Ghana sudah tercipta pada 25 Maret 2021 pada laga melawan Afrika Selatan pada ajang Africa Cup of Nations.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini