Boladunia

8 Pemain Timnas Jepang di Liga Jerman, Ada Pencetak Gol di Piala Dunia 2022

Berikut pemain Bundesliga asal Jepang.

Husna Rahmayunita

Pemain Jepang Takuma Asano saat merayakan gol ke gawang Jerman di Piala Dunia 2022. (AFP/aNNE-CHRISTINE POUJOULAT)
Pemain Jepang Takuma Asano saat merayakan gol ke gawang Jerman di Piala Dunia 2022. (AFP/aNNE-CHRISTINE POUJOULAT)

Bolatimes.com - Kemenangan mengejutkan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022 jadi sorotan. Teranyata, ada sedret pemain Timnas Jepang merumput di Liga Jerman atau Bundesliga.

Piala Dunia 2022 kembali menghadirkan kejutan kala Jepang berhasil menumbangkan tim kandidat juara, Jerman, di fase grup E, Rabu (23/11).

Dalam duel tersebut, Jepang mampu mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 lewat dua gol penggawanya menjelang berakhirnya waktu normal.

Kemenangan Jepang ini terbilang mengejutkan mengingat perbedaan materi pemain antara kedua tim. Bukan rahasia lagi jika Jerman memiliki materi yang lebih 'wah' ketimbang Samurai Biru.

Hampir seluruh penggawa Jerman di Piala Dunia 2022 ini bermain di klub-klub teratas Eropa, berbeda dengan Jepang yang masih mengandalkan para pemain di kompetisi lokalnya.

Namun di sisi lain, kemenangan Jepang atas Jerman ini sejatinya tak cukup mengejutkan. Sebab, beberapa penggawa Samurai Biru ternyata menimba ilmu di negara lawannya itu.

Dengan kata lain, beberapa pemain Jepang yang bermain di Liga Jerman itu telah mengetahui gaya permainan lawannya sehingga berhasil meraih kemenangan mengejutkan.

Setidaknya ada delapan pemain Jepang yang diketahui bermain di Liga Jerman. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Daichi Kamada

Daichi Kamada merupakan gelandang serang andalan Jepang di Piala Dunia 2022 ini. Pemain berusia 26 tahun ini tercatat bermain di Liga Jerman.

Diketahui, ia bermain bagi Eintracht Frankfurt. Kamada sendiri telah bermain di Frankfurt sejak 2019 silam dan berhasil membawa Die Adler menjuarai Liga Europa 2021/2022.

2. Ritsu Doan

Salah satu pencetak gol kemenangan Jepang atas Jerman, Ritsu Doan, ternyata juga merupakan pemain yang bermain di negara lawannya itu.

Diketahui, Ritsu Doan bermain bagi Freiburg. Di Liga Jerman musim ini, ia mampu mencetak dua gol dan tiga assist serta membawa timnya duduk di peringkat kedua klasemen sementara.

3. Takuma Asano

Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Pencetak gol kemenangan Jepang lainnya, Takuma Asano, juga merupakan pemain Samurai Biru yang berkiprah di Liga Jerman.

Eks pemain Arsenal ini tercatat bermain bagi VfL Bochum sejak 2021 lalu. Sebelumnya ia juga pernah bermain bagi tim Jerman lainnya, yakni VfB Stuttgart dan Hannover 96.

4. Maya Yoshida

Kapten Jepang sekaligus pilar di lini pertahanan, yakni Maya Yoshida, tercatat merupakan penggawa dari tim tradisional Jerman, Schalke 04.

Selain membela tim papan atas di Jerman, Maya Yoshida terbilang berpengalaman karena pernah bermain di Liga Inggris bersama Southampton.

5. Ko Itakura

Duet Maya Yoshida di jantung pertahanan Jepang, Ko Itakura, juga menimba ilmu dan menjalani karier sepak bolanya di Jerman.

Diketahui, Ko Itakura bermain bagi Borussia Monchengladbach. Di musim ini, ia mampu membawa timnya bertengger di papan tengah.

6. Ao Tanaka

Pemain Timnas Jepang, Ao Tanaka. (AFP)
Pemain Timnas Jepang, Ao Tanaka. (AFP)

Ao Tanaka merupakan salah satu pemain yang menjadi starter di laga Jerman vs Jepang. Ia menempati lini tengah Samurai Biru bersama Wataru Endo.

Pemain berusia 24 tahun ini juga bermain di Jerman. Diketahui, ia bermain bagi Fortuna Dusseldorf, usai bergabung pada 2021 lalu dan dipermanenkan pada 2022 ini.

7. Wataru Endo

Duet Ao Tanaka di lini tengah Jepang, Wataru Endo merupakan penggawa dari klub Jerman lainnya, yakni VfB Stuttgart.

Ia membela Stuttgart sejak 2019 lalu kala dipinjam dari Sint-Truidense. Setelahnya, ia dipermanenkan pada 2020 dan bertahan hingga saat ini.

8. Hiroki Ito

Nama Hiroki Ito sendiri tak dimainkan oleh pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, di laga pertamanya di Piala Dunia 2022 kala membekuk Jerman.

Tapi pemain berusia 23 tahun ini terbilang mumpuni jika dimainkan karena dirinya berstatus pemain VfB Stuttgart sejak dipinjam pada 2021 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini