Boladunia

Konspirasi, Argentina Sengaja Kalah dari Arab Saudi untuk Hindari Brasil di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022?

Kekalahan Argentina atas Arab Saudi memunculkan isu miring demi hindari bertemu Brasil di babak 16 besar.

Rauhanda Riyantama

Lionel Messi nampak sedih usai Argentina kalah awan Arab Saudi 1-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Lionel Messi nampak sedih usai Argentina kalah awan Arab Saudi 1-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Kekalahan yang diderita Timnas Argentina di laga pertama grup C Piala Dunia 2022 melawan Arab Saudi diklaim sengaja dilakukan agar terhindar dari Brasil. Kenapa?

Sekadar informasi, perhelatan Piala Dunia 2022 yang baru bergulir, telah menghadirkan kejutan kala tim kandidat juara, Argentina, tumbang di tangan Arab Saudi, Selasa (22/11).

Dalam duel yang berlangsung di Lusail Stadium itu, Argentina harus menyerah dengan skor 1-2 dari tim berjuluk The Green Falcons tersebut.

Argentina sejatinya mampu unggul terlebih dulu dari Arab Saudi secara cepat lewat eksekusi penalti Lionel Messi di menit ke-10.

Bahkan, tim Tango juga berhasil mencetak tiga gol tambahan di babak pertama, kendati ketiga gol itu kemudian dianulir oleh VAR.

Usai tampil dominan di babak pertama, Argentina pun kemudian dikejutkan oleh dua gol cepat Arab Saudi di awal babak kedua.

Dua gol Arab Saudi tersebut dicetak oleh Saleh Al Shehri di menit ke-48 dan disusul oleh gol Salem Al Dawsari lima menit berselang.

Usai tertinggal dua gol, Argentina pun mencoba mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Namun usaha La Albiceleste urung menuai hasil.

Alhasil Argentina pun harus menelan kekalahan di laga pembukanya di Piala Dunia 2022 dari tim non unggulan seperti Arab Saudi.

Di balik kekalahan ini, ada sebuah teori konspirasi yang muncul ke permukaan di mana Argentina diklaim sengaja kalah dari Arab Saudi agar tak bertemu Brasil. Kok bisa?

Hindari Brasil di Babak Knock Out

Anggapan bahwa Argentina sengaja kalah dari Arab Saudi tak lepas dari bagan babak Knock Out atau fase gugur yang ada di Piala Dunia 2022.

Melihat bagan fase Knock Out yang ada di Piala Dunia 2022, terlihat bahwa jika Argentina lolos dari grup C sebagai juara grup, maka La Albiceleste bisa bertemu dengan Brasil di babak semifinal.

Brasil sendiri berada di grup F dan dijagokan akan lolos dari fase grup dengan status juara grup, mengingat lawan-lawannya yang mudah.

Jika Brasil lolos sebagai juara grup F, maka agar Argentina tak bertemu rival abadinya itu, La Albiceleste harus finis sebagai Runner Up grup C.

Teori ini pun bisa menjadi kenyataan. Sebab, kekalahan dari Arab Saudi membuat Argentina harus berada di dasar klasemen grup C Piala Dunia 2022.

Dengan dua pertandingan tersisa, Argentina mau tak mau harus meraih kemenangan di laga lanjutan kala menghadapi Meksiko di Matchday ke-2 grup C Piala Dunia 2022.

Jika seri apalagi tumbang, maka Argentina harus berharap dengan hasil lainnya di grup C agar bisa merebut tiket ke babak 16 besar kendati lewat jalur Runner Up grup C.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini