Daftar Pencetak Gol Pembuka di Lima Edisi Terakhir Piala Dunia, Terbaru Enner Valencia

Enner Valencia jadi pencetak gol pembuka di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 21 November 2022 | 11:00 WIB
Enner Valencia cetak dua gol saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Enner Valencia cetak dua gol saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Pada pertandingan pertama Piala Dunia 2022, striker timnas Ekuador, Enner Valencia, sukses dua kali menjebol gawang Qatar sekaligus mencatatkan namanya dalam buku sejarah.

Pasalnya, dua gol yang dilesakkan Enner Valencia pada laga pembuka Piala Dunia 2022 itu membuatnya sejajar dengan deretan pemain yang sukses mencatatkan rekor serupa.

Dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11/2022) itu, dua gol yang disumbangkan Enner Valencia sukses mengantarkan timnya menang dengan skor 2-0.

Baca Juga: Profil Enner Valencia, Striker Timnas Ekuador yang Cetak Gol Perdana di Piala Dunia 2022

pertama Enner Valencia pada pertandingan perdana Piala Dunia 2022 ini tercipta lewat eksekusi penalti pada menit ke-16. Hanya dalam tempo 15 menit, dia sukses menggandakan keunggulan Ekuador lewat tandukannya pada menit ke-31.

Dengan catatan impresif ini, Enner Valencia sukses mengikuti jejak beberapa pemain yang sukses menorehkan tinta emas karena mencetak gol pembuka Piala Dunia.

Berikut Deretan Pencetak Pembuka Lima Edisi Terakhir Piala Dunia

Baca Juga: Mantan Bos Inter Milan Ungkap Tim Kuat di Piala Dunia 2022, Bukan Timnas Spanyol?

1. Piala Dunia 2022 - Enner Valencia

Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)
Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Penyerang timnas Ekuador, Enner Valencia, berhasil dua kali mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses membobol gawang tuan rumah Qatar pada laga pembuka Piala Dunia 2022.

Selain mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol pertama pada gelaran Piala Dunia 2022, untuk sementara ini Enner Valencia juga berhasil menjadi top skor sementara dengan torehan dua gol.

Baca Juga: Keok di Laga Pembuka, Timnas Qatar Nodai Rekor 92 Tahun Piala Dunia

Dua gol ini sekaligus mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas Ekuador di ajang Piala Dunia dengan jumlah lima gol.

2. Piala Dunia 2018 - Yuri Gazinsky

Timnas Rusia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 juga berhasil mencatatkan awalan positif pada pertandingan pembuka. Saat menghadapi Arab Saudi, mereka sukses menang telak dengan skor 5-0.

Baca Juga: Gagal Juara di Australian Open 2022, Pelatih Sebut Gregoria Mariska Tunjung Kelelahan

Saat itu, gol pembuka timnas Rusia di laga perdana Piala Dunia 2018 dicetak oleh Yuri Gazinskiy pada menit ke-12. lain dicatat oleh Artem Dzyuba, Aleksandar vin, dan dua lainnya disumbangkan oleh Denis Cheryshev.

3. Piala Dunia 2014 – Marcelo

Marcelo (Marcelo/Twitter CBF_Futebol)
Marcelo (Marcelo/Twitter CBF_Futebol)

Timnas Brasil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 harus menghadapi Kroasia pada laga pembuka. Marcelo juga berhasil mencetak gol perdana pada pertandingan ini.

Sayangnya, gol yang dicetak pemain berambut kribo itu justru bersarang di gawangnya sendiri alias gol bunuh diri. Namun, beruntungnya Brasil mampu bangkit dan menang 3-1 atas Kroasia.

4. Piala Dunia 2010 - Siphiwe Tshabalala

Pendukung tuan rumah timnas Afrika Selatan yang memadati Soccer City Stadium pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2010 dibuat bersorak setelah Siphiwe Tshabalala mencetak gol pembuka.

ini tercipta ke gawang Meksiko saat kedua tim membuka gelaran Piala Dunia 2010. Namun, keunggulan ini tak bertahan lama karena Meksiko sukses menyamakan kedudukan via Rafael Marquez. Laga pun berakhir imbang dengan skor 1-1.

5. Piala Dunia 2006 – Philipp Lahm

Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)
Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)

Pertandingan pembuka Piala Dunia 2006 antara timnas Jerman melawan Kosta Rika juga diwarnai gol yang menarik. Sebab, gol perdana pada turnamen ini justru dicetak oleh Philipp Lahm yang notabene pemain belakang.

pembuka itu akhirnya berhasil mengantarkan Jerman yang bertindak sebagai tuan rumah untuk menang 4-2 atas Kosta Rika.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak