Boladunia

Daftar Pencetak Gol Pembuka di Lima Edisi Terakhir Piala Dunia, Terbaru Enner Valencia

Enner Valencia jadi pencetak gol pembuka di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Enner Valencia cetak dua gol saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)
Enner Valencia cetak dua gol saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Pada pertandingan pertama Piala Dunia 2022, striker timnas Ekuador, Enner Valencia, sukses dua kali menjebol gawang Qatar sekaligus mencatatkan namanya dalam buku sejarah.

Pasalnya, dua gol yang dilesakkan Enner Valencia pada laga pembuka Piala Dunia 2022 itu membuatnya sejajar dengan deretan pemain yang sukses mencatatkan rekor serupa.

Dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11/2022) itu, dua gol yang disumbangkan Enner Valencia sukses mengantarkan timnya menang dengan skor 2-0.

Gol pertama Enner Valencia pada pertandingan perdana Piala Dunia 2022 ini tercipta lewat eksekusi penalti pada menit ke-16. Hanya dalam tempo 15 menit, dia sukses menggandakan keunggulan Ekuador lewat tandukannya pada menit ke-31.

Dengan catatan impresif ini, Enner Valencia sukses mengikuti jejak beberapa pemain yang sukses menorehkan tinta emas karena mencetak gol pembuka Piala Dunia.

Berikut Deretan Pencetak Gol Pembuka Lima Edisi Terakhir Piala Dunia

1. Piala Dunia 2022 - Enner Valencia

Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)
Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Penyerang timnas Ekuador, Enner Valencia, berhasil dua kali mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses membobol gawang tuan rumah Qatar pada laga pembuka Piala Dunia 2022.

Selain mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol pertama pada gelaran Piala Dunia 2022, untuk sementara ini Enner Valencia juga berhasil menjadi top skor sementara dengan torehan dua gol.

Dua gol ini sekaligus mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas Ekuador di ajang Piala Dunia dengan jumlah lima gol.

2. Piala Dunia 2018 - Yuri Gazinsky

Timnas Rusia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 juga berhasil mencatatkan awalan positif pada pertandingan pembuka. Saat menghadapi Arab Saudi, mereka sukses menang telak dengan skor 5-0.

Saat itu, gol pembuka timnas Rusia di laga perdana Piala Dunia 2018 dicetak oleh Yuri Gazinskiy pada menit ke-12. Gol lain dicatat oleh Artem Dzyuba, Aleksandar Golovin, dan dua lainnya disumbangkan oleh Denis Cheryshev.

3. Piala Dunia 2014 – Marcelo

Marcelo (Marcelo/Twitter CBF_Futebol)
Marcelo (Marcelo/Twitter CBF_Futebol)

Timnas Brasil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 harus menghadapi Kroasia pada laga pembuka. Marcelo juga berhasil mencetak gol perdana pada pertandingan ini.

Sayangnya, gol yang dicetak pemain berambut kribo itu justru bersarang di gawangnya sendiri alias gol bunuh diri. Namun, beruntungnya Brasil mampu bangkit dan menang 3-1 atas Kroasia.

4. Piala Dunia 2010 - Siphiwe Tshabalala

Pendukung tuan rumah timnas Afrika Selatan yang memadati Soccer City Stadium pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2010 dibuat bersorak setelah Siphiwe Tshabalala mencetak gol pembuka.

Gol ini tercipta ke gawang Meksiko saat kedua tim membuka gelaran Piala Dunia 2010. Namun, keunggulan ini tak bertahan lama karena Meksiko sukses menyamakan kedudukan via Rafael Marquez. Laga pun berakhir imbang dengan skor 1-1.

5. Piala Dunia 2006 – Philipp Lahm

Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)
Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)

Pertandingan pembuka Piala Dunia 2006 antara timnas Jerman melawan Kosta Rika juga diwarnai gol yang menarik. Sebab, gol perdana pada turnamen ini justru dicetak oleh Philipp Lahm yang notabene pemain belakang.

Gol pembuka itu akhirnya berhasil mengantarkan Jerman yang bertindak sebagai tuan rumah untuk menang 4-2 atas Kosta Rika.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini