Boladunia

Profil Enner Valencia, Striker Timnas Ekuador yang Cetak Gol Perdana di Piala Dunia 2022

Enner Valencia cetak gol perdana saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 di laga pembuka Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)
Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Striker timnas Ekuador, Enner Valencia, sukses mencatatkan namanya dalam buku sejarah seusai berhasil mencetak gol perdana di ajang Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan pembuka Piala Dunia yang mempertemukan tuan rumah Qatar melawan Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11/2022) itu, Enner Valencia sukses mencetak dua gol dan membawa timnya menang 2-0.

Gol pertama Enner Valencia pada pertandingan perdana Piala Dunia 2022 ini tercipta lewat eksekusi penalti pada menit ke-16. Hanya dalam tempo 15 menit, dia sukses menggandakan keunggulan Ekuador lewat tandukannya pada menit ke-31.

Selain mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol pertama pada gelaran Piala Dunia 2022, untuk sementara ini Enner Valencia juga berhasil menjadi top skor sementara dengan torehan dua gol.

Tak hanya itu saja, rekor lainnya yang juga sukses dicatatkan Valencia ialah menjadi pencetak gol terbanyak untuk timnas Ekuador di ajang Piala Dunia.

Sejauh ini, dia sudah memiliki catatan lima gol di ajang Piala Dunia. Sebagai informasi, tiga gol lainnya dicetak kapten timnas Ekuador ini saat mencatatkan debut di Piala Dunia pada edisi 2014.

Ketika itu, dia sukses menyumbang satu gol pada laga perdana melawan Swiss, lalu dua gol lainnya dicetak ketika Ekuador menumbangkan Honduras dengan skor 2-1.

Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)
Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Profil Enner Valencia

Enner Valencia merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Emeraldas, Ekuador, pada 4 November 1989. Penyerang berusia 33 tahun itu saat ini berkarier bersama klub raksasa Liga Turki, Fenerbahce.

Karier pemain yang memiliki nama lengkap Enner Remberto Valencia Lastra ini awalnya bermula bersama Caribe Junior (2005-2008) dan Emelec (2008-2010).

Bersama klub yang disebut terakhir, dia mendapatkan kesempatan promosi ke tim utama pada 2010. Salah satu gelar terbaiknya di sana ialah Ecuadorian Serie A 2013.

Pada musim yang sama, dia juga sukses merebut gelar sepatu emas setelah menjadi pencetak gol terbanyak di Copa Sudamericana 2013.

Ketika memilih pindah ke Meksiko untuk bermain bersama Pachuca, dia juga berhasil merebut gelar sepatu emas Liga MX pada 2014. Dari sanalah, kiprahnya terdengar hingga dataran Eropa.

Pada Juli 2014, Enner Valencia mendapat kesempatan bergabung dengan klub Liga Inggris, West Ham United, dengan biaya transfer sebesar 12 juta poundsterling.

Di Negeri Raja Charles, kiprahnya memang tak terlalu mentereng. Sebab, dia gagal memperlihatkan ketajamannya dan sempat dipinjamkan ke Everton pada 2016-2017.

Pada 2017, Valencia sempat kembali ke Liga Meksiko untuk bermain bersama UANL. Setelah nyaris empat musim, dia akhirnya direkrut Fenerbahce pada 2020.

Sejauh ini, dari total 90 penampilannya di semua ajang, Enner Valencia sudah berhasil mencatatkan total 41 gol untuk Fenerbahce.

Dengan demikian, tambahan dua golnya ke gawang Qatar itu semakin melengkapi catatan kontribusi untuk timnas Ekuador di ajang internasional.

Sampai saat ini, dia sudah menyumbangkan total 37 gol dari 75 pertandingannya bersama timnas Ekuador sejak mencatatkan debut pada 12 Februari 2012 pada laga uji coba melawan Honduras.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini