Boladunia

Daftar Negara dengan Nilai Skuad Paling Rendah di Piala Dunia 2022, Ada Tuan Rumah Qatar

Termasuk Qatar, berikut daftar negara yang punya skuat termurah di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)
Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)

Bolatimes.com - Sejumlah negara peserta yang akan tampil di Piala Dunia 2022 ternyata memiliki skuad dengan nilai pasar yang cukup rendah apabila dibandingkan dengan kontestan lainnya.

Tercatat, ada empat negara peserta Piala Dunia 2022 yang nilai skuadnya terhitung murah. Dari empat negara ini, tiga di antaranya merupakan wakil Asia.

Rendahnya nilai pasar ini sepertinya tak terlepas dari minimnya nama pemain bintang dari negara tersebut yang dibawa ke Piala Dunia 2022. Sebab, harga satu skuad negara ini bisa setara dengan nilai pasar seorang pemain bintang di Eropa.

Tak hanya itu saja, faktor lain yang menentukan rendahnya nilai skuad ini ialah karena beberapa peserta Piala Dunia 2022 hanya mengandalkan pemain yang berkompetisi di dalam negeri.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar negara peserta Piala Dunia 2022 yang memiliki nilai skuad paling rendah dibandingkan kontestan lainnya.

1.

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold. (AFP)
Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold. (AFP)

Timnas Australia memang menjadi salah satu kontestan yang mengejutkan dalam daftar ini. Sebab, barangkali banyak yang tak menyangka jika skuad mereka punya nilai rendah.

Sebagai informasi, The Socceroos hanya memiliki nilai pasar sebesar 38,40 juta euro. Apabila dikonversi ke rupiah, maka nilainya hanya menyentuh angka Rp61 miliar

Dengan nilai sekecil itu, timnas Australia menjadi kontestan Piala Dunia 2022 keempat dengan nilai skuad yang paling murah.

2. Timnas Arab Saudi

Timnas Arab Saudi.  (AFP/Yoshikasu Tsuno)
Timnas Arab Saudi. (AFP/Yoshikasu Tsuno)

Timnas Arab Saudi menduduki urutan ketiga dalam daftar kontestan Piala Dunia 2022 yang memiliki nilai skuad terkecil. Padahal, sebetulnya mereka adalah salah satu tim elite di Asia.

Namun, jika ditotal, ternyata harga pasar semua pemain timnas Arab Saudi hanya menyentuh angka 25,50 juta euro atau setara dengan Rp40 miliar.

Barangkali hal ini tak terlepas dari 26 nama pemain timnas Arab Saudi yang semuanya berkarier di kompetisi domestik alias Saudi Pro League.

3. Timnas Kosta Rika

Kalahkan Selandia Baru 1-0, Kosta Rika segel satu tiket sisa lolos ke Piala Dunia 2022. (AFP)
Kalahkan Selandia Baru 1-0, Kosta Rika segel satu tiket sisa lolos ke Piala Dunia 2022. (AFP)

Meskipun berhasil menembus Piala Dunia 2022, ternyata Kosta Rika juga berstatus sebagai kontestan yang memiliki nilai skuad paling kecil di ajang ini.

Sebab, apabila ditotal, nilai pasar semua pemain timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022 hanya menyampai 18,75 juta euro, atau setara dengan Rp 30 miliar.

Jumlah ini pun sebetulnya sudah dikatrol oleh penjaga gawangnya, yakni Keylor Navas, yang memiliki nilai pasar sebesar 5 juta euro.

4. Timnas Qatar

Timnas Qatar juarai Piala Asia 2019. (Dok. AFC).
Timnas Qatar juarai Piala Asia 2019. (Dok. AFC).

Sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2022, ternyata timnas Qatar menjadi kontestan yang memiliki nilai skuad paling rendah dibandingkan kontestan lainnya.

Sebab, dari total seluruh pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2022, nilai skuad timnas Qatar hanya menyentuh angka 14,90 juta euro atau setara dengan Rp24 miliar.

Dengan harga sekecil itu, timnas Qatar saat ini berstatus sebagai peserta dengan nilai skuad paling rendah di Piala Dunia 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini