Daftar Negara dengan Nilai Skuad Paling Rendah di Piala Dunia 2022, Ada Tuan Rumah Qatar

Termasuk Qatar, berikut daftar negara yang punya skuat termurah di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 17 November 2022 | 22:00 WIB
Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)

Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)

Bolatimes.com - Sejumlah negara peserta yang akan tampil di Piala Dunia 2022 ternyata memiliki skuad dengan nilai pasar yang cukup rendah apabila dibandingkan dengan kontestan lainnya.

Tercatat, ada empat negara peserta Piala Dunia 2022 yang nilai skuadnya terhitung murah. Dari empat negara ini, tiga di antaranya merupakan wakil Asia.

Rendahnya nilai pasar ini sepertinya tak terlepas dari minimnya nama pemain bintang dari negara tersebut yang dibawa ke Piala Dunia 2022. Sebab, harga satu skuad negara ini bisa setara dengan nilai pasar seorang pemain bintang di Eropa.

Baca Juga: Cerita Unik Jordi Amat dan Sandy Walsh Sebelum Jalani Sumpah WNI

Tak hanya itu saja, faktor lain yang menentukan rendahnya nilai skuad ini ialah karena beberapa peserta Piala Dunia 2022 hanya mengandalkan pemain yang berkompetisi di dalam negeri.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar negara peserta Piala Dunia 2022 yang memiliki nilai skuad paling rendah dibandingkan kontestan lainnya.

1.

Baca Juga: Akhirnya Jadi WNI, Sandy Walsh Menangis Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold. (AFP)
Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold. (AFP)

Timnas Australia memang menjadi salah satu kontestan yang mengejutkan dalam daftar ini. Sebab, barangkali banyak yang tak menyangka jika skuad mereka punya nilai rendah.

Sebagai informasi, The Socceroos hanya memiliki nilai pasar sebesar 38,40 juta euro. Apabila dikonversi ke rupiah, maka nilainya hanya menyentuh angka Rp61 miliar

Dengan nilai sekecil itu, timnas Australia menjadi kontestan Piala Dunia 2022 keempat dengan nilai skuad yang paling murah.

Baca Juga: Resmi Jadi WNI, Jordi Amat: Saya Sangat Senang

2. Timnas Arab Saudi

Timnas Arab Saudi.  (AFP/Yoshikasu Tsuno)
Timnas Arab Saudi. (AFP/Yoshikasu Tsuno)

Timnas Arab Saudi menduduki urutan ketiga dalam daftar kontestan Piala Dunia 2022 yang memiliki nilai skuad terkecil. Padahal, sebetulnya mereka adalah salah satu tim elite di Asia.

Namun, jika ditotal, ternyata harga pasar semua pemain timnas Arab Saudi hanya menyentuh angka 25,50 juta euro atau setara dengan Rp40 miliar.

Baca Juga: Sah Jadi WNI, Ini Momen Jordi Amat dan Sandy Walsh Pamer KTP Baru

Barangkali hal ini tak terlepas dari 26 nama pemain timnas Arab Saudi yang semuanya berkarier di kompetisi domestik alias Saudi Pro League.

3. Timnas Kosta Rika

Kalahkan Selandia Baru 1-0, Kosta Rika segel satu tiket sisa lolos ke Piala Dunia 2022. (AFP)
Kalahkan Selandia Baru 1-0, Kosta Rika segel satu tiket sisa lolos ke Piala Dunia 2022. (AFP)

Meskipun berhasil menembus Piala Dunia 2022, ternyata Kosta Rika juga berstatus sebagai kontestan yang memiliki nilai skuad paling kecil di ajang ini.

Sebab, apabila ditotal, nilai pasar semua pemain timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022 hanya menyampai 18,75 juta euro, atau setara dengan Rp 30 miliar.

Jumlah ini pun sebetulnya sudah dikatrol oleh penjaga gawangnya, yakni Keylor Navas, yang memiliki nilai pasar sebesar 5 juta euro.

4. Timnas Qatar

Timnas Qatar juarai Piala Asia 2019. (Dok. AFC).
Timnas Qatar juarai Piala Asia 2019. (Dok. AFC).

Sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2022, ternyata timnas Qatar menjadi kontestan yang memiliki nilai skuad paling rendah dibandingkan kontestan lainnya.

Sebab, dari total seluruh pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2022, nilai skuad timnas Qatar hanya menyentuh angka 14,90 juta euro atau setara dengan Rp24 miliar.

Dengan harga sekecil itu, timnas Qatar saat ini berstatus sebagai peserta dengan nilai skuad paling rendah di Piala Dunia 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak