Boladunia

Momen Langka, Berikut 5 Negara yang Sukses Cetak 4 Gol atau Lebih di Final Piala Dunia

Berikut ulasan 5 negara yang sukses cetak 4 gol atau lebih di final Piala Dunia.

Rauhanda Riyantama

Wasit asal Argentina Nestor Pitana mendengarkan masukan dari wasit Video Assistant Refereeing (VAR) saat final Piala Dunia 2018 antara Prancis vs Kroasia di Luzhniki Stadium, Moscow (AFP)
Wasit asal Argentina Nestor Pitana mendengarkan masukan dari wasit Video Assistant Refereeing (VAR) saat final Piala Dunia 2018 antara Prancis vs Kroasia di Luzhniki Stadium, Moscow (AFP)

Bolatimes.com - Urusan mencetak gol di Piala Dunia menjadi hal yang tak mudah bagi setiap tim. Setiap tim yang dihuni pemain-pemain terbaik sejagat, membuat laga bisa berjalan dengan ketat.

Terlebih jika laga sudah memasuki fase gugur atau di partai final. Tekanan, atmosfer pertandingan, dan mentalitas menjadi faktor yang bisa mempersulit sebuah tim mencetak gol.

Tengok saja final Piala Dunia 2014 antara Jerman vs Argentina. Laga bahkan harus berlanjut hingga babak tambahan waktu sebelum Jerman menang dengan skor 1-0 berkat gol Mario Gotze.

Namun ada beberapa tim yang menjadi anomali. Sejumlah tim nyatanya mampu memborong hingga 4 gol atau lebih di partai final Piala Dunia.

Siapa saja tim tersebut? Berikut ulasannya!

1. Uruguay

Uruguay tercatat menjadi negara yang menjuarai Piala Dunia edisi pertama pada 1930. Bahkan kemenangan ini terasa lebih spesial karena mengalahkan negara tetangga.

Ya, Uruguay sukses menumbangkan Argentina di final Piala Dunia 1930 dengan skor telak 4-2. Gol Uruguay dicetak oleh Pablo Dorado, Pedro Cea, Santos Iriarte, dan Hector Castro.

2. Italia

Italia memang tidak lolos ke dua edisi Piala Dunia terakhir, tapi mereka tetap menjadi salah satu negara tersukses di Piala Dunia dengan raihan 4 trofi.

Salah satu kemenangan Italia di partai final Piala Dunia bahkan diraih dengan skor meyakinkan. Di final Piala Dunia 1938, Italia mengalahkan Hungaria dengan skor 4-2.

3. Brasil

Sebagai negara tersukses di Piala Dunia dengan raihan 5 trofi, Brasil memang punya catatan manis di ajang terbesar sejagat ini.

Bahkan tak cuma sekali Brasil menang dengan skor besar di partai final Piala Dunia. Pada final Piala Dunia 1958, tim Samba mempermalukan tuan rumah Swedia dengan skor 5-2 lewat dwigol Pele dan Vava serta satu angka dari Mario Zagallo.

Sementara itu, pada 1970, mereka membabat Italia 4-1, sumbangan Pele, Gerson, Jairzinho dan Carlos Alberto.

4. Inggris

Baru satu trofi Piala Dunia yang diraih oleh Inggris sepanjang sejarah keikutsertaan mereka. Kemenangan di final Piala Dunia 1966 ini bahkan terasa berkesan.

Inggris sukses mengalahkan Jerman dengan skor 4-2 melalui extra time di final Piala Dunia 1966 di kandang sendiri. Kala itu, gol-gol Three Lions berasal dari hat-trick Geoff Hurst dan sumbangan Martin Peters. Gol Jerman dihasilkan Helmut Haller dan Wolfgang Weber.

5. Prancis

Prancis berstatus sebagai juara bertahan di Piala Dunia 2022 usai menjadi kampiun di edisi 2018. Kemenangan yang diraih pada edisi sebelumnya juga terbilang meyakinkan.

Prancis sukses meraih kemenangan 4-2 melalui gol yang dicetak Antoine Griezmann, Paul Pogba, Kylian Mbappe, dan gol bunuh diri Mario Mandzukic. Sementara Kroasia cuma bisa membalas dua gol lewat aksi Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini