Profil Eric Maxim Choupo-Moting, Bomber Bayern Munchen Calon Pengganti Cristiano Ronaldo di Manchester United

Manchester United dikabarkan ingin memboyong Eric Maxim Choupo-Moting dari Bayern Munchen

Irwan Febri Rialdi
Rabu, 09 November 2022 | 15:00 WIB
Penyerang Bayern Muenchen Eric Maxim Choupo-Moting (kanan) merayakan torehan caturgol ke gawang tim strata kelima Bremer SV dalam laga putaran pertama Piala DFB Pokal di Stadion Wohninvest Weser, Bremen, Jerman, Rabu (25/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Fabian Bimmer)

Penyerang Bayern Muenchen Eric Maxim Choupo-Moting (kanan) merayakan torehan caturgol ke gawang tim strata kelima Bremer SV dalam laga putaran pertama Piala DFB Pokal di Stadion Wohninvest Weser, Bremen, Jerman, Rabu (25/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Fabian Bimmer)

Bolatimes.com - Manchester United sepertinya mulai mempertimbangkan rencana transfer Eric Maxim Choupo-Moting sebagai calon pengganti Cristiano Ronaldo di lini serang.

Salah satu pihak yang menyebut bahwa para petinggi Manchester United mulai mengincar Eric Maxim Choupo-Moting disampaikan oleh jurnalis Sky Sport, Florian Plettenberg.

Florian Plettenberg mengatakan, Manchester United tengah mempertimbangkan transfer pemain asal Kamerun itu karena Cristiano Ronaldo diprediksi akan hengkang pada bursa transfer musim dingin mendatang.

“Di dalam klub, mereka (Manchester United) mengharapkan dia (Cristiano Ronaldo) meninggalkan klub di musim dingin,” tulis Florian Plettenberg melalui akun Twitter-nya.

“Para petinggi klub ingin memperkuat Erik ten Hag dan ingin memastikan ketenangan. Pencarian sosok penerus sudah berlangsung (Choupo Moting dan lainnya). Kembali ke Sporting CP harus menjadi pilihan,” lanjutnya.

Profil Eric Maxim Choupo-Moting

Sebagai informasi, pemain yang memiliki nama lengkap Jean-Eric Maxim Choupo-Moting ini merupakan pesepak bola kelahiran Hamburg, Jerman, pada 23 Maret 1989.

Saat ini, usia pemain yang berposisi sebagai penyerang itu sudah memasuki masa senior. Sebab, umurnya telah menginjak 33 tahun.

Pada masa mudanya, Choupo-Moting menimba ilmu sepak bola bersama sejumlah klub, mulai dari Teutonia 05 (1995-2000), Altona 93 (2000-2003), FC St Pauli (2003-2004), hingga Hamburger SV (2004-2007).

Bersama klub yang disebut terakhir itu, Choupo-Moting mendapatkan kontrak profesional pertamanya. Dia pun mencatatkan debut di ajang Bundesliga pada Agustus 2007.

Selama bermain untuk Hamburger SV, dia sempat menjalani masa peminjaman bersama 1.FC Nurnberg sebelum akhirnya diboyong 1.FSV Mainz 05 pada 2011.

Setelah tiga musim bermain untuk Mainz, Choupo-Moting memutuskan untuk hengkang ke Schalke O4. Di sana, dia bermain cukup reguler dengan koleksi penampilan mencapai lebih dari 80 laga.

Pada tahun 2017, dia sempat merasakan atmosfer Liga Inggris ketika direkrut oleh Stoke City. Namun, meski bermain di kasta kedua, dia sempat kesulitan mendapatkan menit bermain.

Choupo-Moting akhirnya memilih hengkang ke Paris Saint-Germain pada 2018. Setelah dua tahun bermain di Prancis, dia diboyong raksasa Bundesliga, Bayern Munich, pada 2020.

Sebagai pemain kelahiran Jerman, Choupo-Moting memang memiliki paspor Jerman dan layak untuk memperkuat tim nasional.

Dia juga pernah dipanggil untuk memperkuat timnas Jerman U-19 pada EURO U-19 2008 dan Euro U-21 2011 bersama timnas Jerman U-21.

Akan tetapi, Choupo-Moting akhirnya mengambil keputusan besar dengan menerima pinangan tim nasional Kamerun pada Mei 2010. 

Bersama timnas Kamerun, dia sudah bermain di dua ajang Piala Dunia yang berbeda, yakni edisi 2010 di Afrika Selatan dan edisi 2014 yang berlangsung di Brasil.

Sebetulnya, jika merujuk pada produktivitas gol, Choupo-Moting bukanlah sosok striker yang tajam. Pasalnya, ia jarang sekali mencetak dua digit gol dalam satu musim. 

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

TERKINI

Kamu pilih siapa? Erling Haaland atau Kevin De Bruyne?
boladunia | 20:00 WIB
Victor Osimhen berhasil mematahkan rekor Cristiano Ronaldo di Serie A.
boladunia | 20:00 WIB
Apa itu Samba d'Or, penghargaan yang dimenangkan Neymar sebanyak enam kali.
boladunia | 16:22 WIB
Pep Guardiola sempat menegaskan siap hengkang andai Manchester City tersandung masalah.
boladunia | 15:00 WIB
Georgi Kinkladze memilih tetap setia dengan Manchester City meski harus terdegrasi dari Premier League pada musim 1995/1996.
boladunia | 15:00 WIB
Bagaimana kabar si kembar keturunan Indonesia yang main di Liga Jepang?
boladunia | 13:43 WIB
Ahmet Eyup Turkaslan tewas akibat tertimpa reruntuhan bangunan.
boladunia | 13:01 WIB
Anak Ronaldinho bernama Joao Mendes kini resmi gabung akademi Barcelona.
boladunia | 12:07 WIB
Piala Dunia U-20 2023 Indonesia akan menerapkan VAR yang berbeda, seperti apa?
boladunia | 11:55 WIB
Joao Mendes merapat ke mantan klub anaknya.
boladunia | 10:13 WIB
Jordi Amat dkk dapat sanjungan dari pemain Zenit.
boladunia | 09:17 WIB
Atsu menghabiskan lima musim di Newcastle sebelum kemudian pergi untuk bermain di Arab Saudi pada 2021.
boladunia | 20:36 WIB
Berikut fakta-fakta pendukung Barcelona jadi calon kuat juara Liga Spanyol musim ini.
boladunia | 16:00 WIB
Jurgen Klopp dihantui kutukan musim ketujuh setelah Liverpool babak belur di Liga Inggris musim 2022/2023.
boladunia | 15:31 WIB
Christian Atsu sempat terjebak di reruntuhan, tapi alhamdulillah dirinya dilaporkan selamat
boladunia | 15:29 WIB
Dua raksasa Amerika Latin, Brasil dan Uruguay, akan tampil di Piala Dunia U-20 2023
boladunia | 15:16 WIB
Sampdoria kini berada di zona degradasi, tepatnya peringkat 19 di klasemen sementara Serie A.
boladunia | 12:35 WIB
Manchester United bisa terima hukuman berat andai terbukti langgaran aturan keuangan, berikut daftarnya.
boladunia | 12:02 WIB
Tampilkan lebih banyak