Deretan Stadion yang Digunakan Dua Klub Berbeda, Salah Satunya Jadi Kandang AC Milan dan Inter Milan

Berikut 5 stadion yang digunakan dua klub berbeda hingga jadi seteru abadi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 17 Oktober 2022 | 14:00 WIB
AC Milan vs Inter Milan di lanjutan Liga Italia. (Miguel MEDINA / AFP)

AC Milan vs Inter Milan di lanjutan Liga Italia. (Miguel MEDINA / AFP)

Bolatimes.com - Bukan hal yang tak biasa jika satu kota memiliki dua hingga beberapa tim sepak bola, itu merupakan hal yang lumrah termasuk urusan penggunaan stadion yang sama.

Adanya dua hingga beberapa klub sepak bola dalam satu kota ini merupakan penyebab munculnya pertandingan berlabel derbi.

Salah satu keunikan yang terjadi dalam derbi adalah penggunaan stadion, di mana dua klub yang bertanding sama-sama menempati kandang tersebut.

Baca Juga: Tidak Akan Perpanjang Kontrak, Piala AFF 2022 Jadi Turnamen Terakhir Park Hang-seo Bersama Vietnam

Kedua tim dari kota yang sama ini harus berbagi dalam penggunaan stadion, kondisi yang ternyata tak hanya terjadi di Eropa, tapi seluruh dunia.

Lantas klub mana saja yang berbagi stadion selama ini? berikut deretan klub yang sama-sama menggunakan satu stadion.

1. Stadion Olimpico, Roma

Baca Juga: Media Vietnam Sebut Kedekatan Shin Tae-yong dengan Iwan Bule Bisa Rugikan Sepak Bola Indonesia

Aksi Tammy Abraham saat AS Roma hajar Lazio 3-0 dalam lanjutan Liga Italia. (TIZIANA FABI / AFP)
Aksi Tammy Abraham saat AS Roma hajar Lazio 3-0 dalam lanjutan Liga Italia. (TIZIANA FABI / AFP)

Lazio dan AS Roma menjadi rival sekota yang pertandingannya selalu dinantikan para tifosi sejati penikmat Liga Italia Serie A.

Stadion Olimpico diresmikan pada 1937, sejak saat itu dipakai bersama AS Roma dan Lazio dengan prinsip meski tak juara yang penting berjaya di laga derbi Roma.

2. Stadion Luigi Ferraris, Genoa

Baca Juga: Cetak Gol Perdana di Gillingham FC, Elkan Baggott Disebut Harumkan Nama Indonesia

Genoa dan Sampdoria berbagi kandang di Stadion Luigi Ferraris, terletak di Genoa dan memang awalnya diperuntukan untuk Genoa di tahun 1911.

Barulah di tahun 1946, Sampdoria dibentuk untuk juga menduduki stadion tersebut sebagai markas dan sejak saat itu muncul derbi Della Lagterna.

3. San Siro/Giuseppe Meazza, Milan

Baca Juga: 5 Penyebab Barcelona Kalah Lawan Real Madrid, Nomor 1 Bikin Strategi Tak Jalan

Potret Stadion San Siro. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Potret Stadion San Siro. (MIGUEL MEDINA / AFP)

AC Milan lebih dulu menggunakan stadion ini pada 1899, barulah di tahun 1908 kesepakatan muncul dengan Inter Milan untuk berbagi stadion.

Keunikan markas keduanya adalah nama, AC Milan menggunakan San Siro sementara Inter Milan menggunakan Giuseppe Meazza.

4. Stadion Azadi, Iran

Persepolis dan Esteghlal menjadi derbi terpanas di Asia, derbi Teheran yang digelar di Stadion Azadi di Teheran.

Stadion Azadi dikenal juga dengan sebutan Stadion Aryamehr, memiliki kapasitas penonton sebanyak 78 ribu orang dan mampu menampung lebih dari 120 ribu penonton.

5. Stadion Maracana, Brasil

Potret Stadio Maracana. (AFP)
Potret Stadio Maracana. (AFP)

Fluminense dan Flamengo menjadi derbi Flu-Fla terpanas di kancah sepak bola Amerika Selatan, superclasico yang setara dengan laga River Plate melawan Boca Juniors.

Derbi keduanya berlangsung di Stadion Maracana, sejak 1911 sampai saat oini masih menjadi salah satu duel legendaris di Brasil.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak