7 Kiper yang Pernah Sabet Penghargaan Golden Glove di Piala Dunia

Berikut 7 kiper yang sabet golden glove dalam sejarah Piala Dunia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 17 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Thibaut Courtois saat membela Timnas Belgia di Piala Dunia 2018. (Twitter)

Thibaut Courtois saat membela Timnas Belgia di Piala Dunia 2018. (Twitter)

Bolatimes.com - Daftar kiper yang pernah meraih en Glove di Piala Dunia akan dibahas di artikel ini. Salah satu penghargaan di ajang empat tahunan tersebut akan kembali diperebutkan.

Adapun, gelar individu ini baru pertama kali diberikan pada edisi Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Sejak saat itu, gelar en Glove terus diadakan setiap gelaran Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 Qatar sendiri tidak lama lagi akan berlangsung. Sejumlah kiper-kiper hebat tentunya akan dinantikan penampilannya di ajang ini.

Baca Juga: Timnas Argentina Diterpa Bencana Jelang Piala Dunia 2022: Paulo Dybala, Angel Di Maria, dan Lionel Messi Cedera

Lantas, siapa saja kiper yang pernah meraih gelar en Glove di Piala Dunia? Berikut ulasannya!

1. Michel Preud'homme

Mantan pemain asal Belgia ini tercatat menjadi penjaga gawang pertama yang meraih penghargaan en Glove. Di Piala Dunia 1994, Preud'homme cuma mampu membawa Belgia ke babak 16 besar.

Baca Juga: Kena Kartu Merah di Laga Liverpool vs Manchester City, Ini Kata Jurgen Klopp

Meski begitu, Preud'homme membawa pulang gelar en Glove. Sepanjang turnamen, Preud'homme cuma kebobolan 4 kali.

2. Fabian Barthez

Di Piala Dunia 1998, Fabian Barthez tampil ciamik bersama Prancis yang sekaligus bertindak sebagai tuan rumah. Barthez menunjukkan kualitasnya dengan hanya kebobolan 2 gol sepanjang turnamen.

Baca Juga: Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20 2023, Media Vietnam Singgung Lokasinya yang Dekat Pembuangan Sampah

Dua gol yang bersarang di gawangnya itu berasal saat melawan Denmark di fase grup dan satu gol di babak semifinal melawan Kroasia.

Piala Dunia 1998 pun berhasil dijuarai oleh Prancis, makin spesial buat Barthez karena sekaligus meraih gelar en Glove.

3. Oliver Kahn

Baca Juga: Media Vietnam Girang Indonesia Tak Ada Harapan Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Sebagai salah satu kiper terbaik di dunia pada masanya, Oliver Kahn juga punya trofi en Glove di koleksi gelar individunya. Gelar ini diraih pada Piala Dunia 2002.

Meski Jerman kalah dari Brasil di babak final, Khan tampil ciamik sepanjang turnamen dengan hanya kebobolan 3 gol. Dua gol dari Ronaldo (Brasil) dan Robbie Keane (Irlandia).

4. Gianluigi Buffon

Sama seperti Barthez, Gianluigi Buffon juga pernah merasakan momen paripurna di Piala Dunia dengan meraih gelar juara Piala Dunia 2006 sekaligus menyabet penghargaan en Glove.

Sepanjang turnamen, gawang Buffon cuma kebobolan 2 gol. Masing-masing dari gol bunuh diri Cristian Zaccardo dan gol Zidane di babak final.

5. Iker Casillas

Penampilan Iker Casillas bersama Spanyol di Piala Dunia 2010 sangat luar biasa. Eks kiper Real Madrid itu cuma kebobolan satu kali saat melawan Swiss.

Selebihnya gawang Casillas selalu aman dan akhirnya Spanyol keluar sebagai juara usai mengalahkan Belanda di laga final.

6. Manuel Neuer

Kiper Bayern Munchen ini menjadi salah satu pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014. Meski kebobolan 4 gol dari 7 laga, Neuer tetap diganjar penghargaan en Glove.

Hal ini tidak terlepas dari penampilan apiknya di laga final melawan Argentina hingga akhirnya Jerman keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0.

7. Thibaut Courtois

Berada di generasi emas Belgia, Thibaut Courtois menjadi kiper yang tak tergantikan di timnas Belgia. Penampilan apiknya di Piala Dunia 2018 membuatnya diganjar penghargaan en Glove.

Meski begitu, dari semua peraih en Glove, cuma Courtois yang kebobolan paling banyak. Dari 7 pertandingan, Courtois kemasukan 6 kali.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak