Daftar Negara Top yang Absen di Piala Dunia 2022, Nomor 1 Paling Disorot

Tercatat ada 10 negara top yang absen di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 15 Oktober 2022 | 06:00 WIB
Bek timnas Italia Federico Dimarco (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam pertandingan UEFA Nations League pada 27 September 2022. ANTARA/AFP/ATTILA KISBENEDEK

Bek timnas Italia Federico Dimarco (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam pertandingan UEFA Nations League pada 27 September 2022. ANTARA/AFP/ATTILA KISBENEDEK

Bolatimes.com - Berikut daftar negara top yang absen di Piala Dunia 2022, di mana kebanyakan negara-negara ini tak lolos karena gagal di babak kualifikasi.

Piala Dunia 2022 akan segera bergulir. Total 32 negara telah memastikan satu tempat di ajang empat tahunan yang akan digelar di Qatar tersebut.

Dari 32 negara yang lolos, 31 negara di antaranya harus berdarah-darah untuk mendapat satu tempat di Piala Dunia 2022 dengan melakoni babak kualifikasi.

Baca Juga: Hasil Laporan TGIPF: Izin Kompetisi Tak akan Keluar Jika PSSI Belum Berubah

Seperti biasanya, negara-negara besar yang kental dengan kultur sepak bola pun mayoritas memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022.

Sebagai contoh adan Brasil dan Argentina yang merupakan dua tim terkuat di Amerika Selatan. Keduanya berhasil lolos usai menjadi peringkat pertama dan kedua di babak kualifikasi.

Lalu dari Eropa ada nama-nama seperti Jerman, Inggris, Spanyol, Belgia, Denmark, Belanda, Kroasia, dan juara bertahan Piala Dunia, Prancis.

Baca Juga: Momen Francis Uzoho Tampil Gemilang saat Lawan Manchester United di Old Trafford, Bikin 12 Penyelamatan

Negara-negara besar di kawasan Eropa ini sebagian besar lolos usai menjadi juara grup di babak kualifikasi zona UEFA.

Hanya saja, ada beberapa negara Eropa yang lolos melalui babak Play Off kualifikasi seperti salah satunya juara Euro 2016, Portugal.

Keberhasilan negara-negara besar ini lolos ternyata tak mampu diikuti oleh negara-negara top lainnya yang punya pemain bintang dan status sebagai salah satu tim kuat.

Baca Juga: Semakin Solid, Apriyani/Fadia Incar Gelar Juara di Eropa

Siapa saja negara-negara top yang ternyata gagal melangkah ke Piala Dunia 2022 sehingga harus absen di ajang empat tahunan itu?

1. Italia

Juara Euro 2020, Italia, menjadi salah satu negara top yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai tumbang di babak kualifikasi.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Sah Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah, Segini Uang yang Digelontorkan Pemerintah Qatar

Italia gagal ke Piala Dunia 2022 usai gagal di babak Play Off kualifikasi pasca dibenamkan oleh tim semenjana, Makedonia Utara.

2. Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara yang kental dengan sepak bola. Apalagi negara ini banyak melahirkan pemain-pemain hebat seperti Erling Haaland dan Martin Odegaard.

Meski punya pemain hebat, Norwegia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai menempati peringkat ketiga babak grup kualifikasi zona Eropa.

3. Hungaria

Hungaria merupakan salah satu tim kuat. Hal ini terbukti dari pencapaianya di UEFA Nations League musim ini yang bisa bertahan di tengah kepungan Jerman, Inggris, dan Italia.

Meski begitu, Hungaria justru gagal melangkah ke Piala Dunia 2022 setelah hanya menduduki posisi keempat klasemen grup I di babak kualifikasi zona Eropa.

4. Nigeria

Dari kawasan Afrika, ada Nigeria yang merupakan negara langganan Piala Dunia 2022. Sayangnya, Super Eagles harus absen di Piala Dunia 2022 ini.

Nigeria harus absen dari Piala Dunia 2022 usai takluk di babak Play Off Kualifikasi zona Afrika pasca disingkirkan oleh Ghana.

5. Republik Ceko

Republik Ceko banyak dihuni pemain bintang yang merumput di berbagai liga top Eropa. Namun hal tersebut bukan jaminan bahwa tim ini bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Republik Ceko gagal ke Piala Dunia 2022 usai menempati peringkat ketiga di grup E kualifikasi zona Eropa. Meski lolos ke Play Off, tim ini malah disingkirkan Swedia.

Negara-negara top lainnya yang harus absen:

6. Kolombia (gagal di babak kualifikasi Amerika Selatan)
7. Aljazair (gagal di babak Play Off dari Kamerun)
8. Chile (gagal di babak kualifikasi Amerika Selatan)
9. Swedia (gagal di babak Play Off)
10. Ukraina (gagal di babak Play Off)

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak