Profil Ethan Ampadu, Pemain Muda Chelsea yang Jadi Penyebab Penalti Tercepat di Liga Italia

Ethan Ampadu belum lama ini mencetak rekor pencipta penalti tercepat di Liga Italia atau Serie A.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 04 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Mantan wonderkid Chelsea, Ethan Ampadu. (AFP/Adrian Dennis)

Mantan wonderkid Chelsea, Ethan Ampadu. (AFP/Adrian Dennis)

Bolatimes.com - Berikut profil Ethan Ampadu, pemain muda milik Chelsea yang belum lama ini mencetak rekor pencipta penalti tercepat di Liga Italia atau Serie A.

Nama Ethan Ampadu tengah menjadi perbincangan di kalangan penikmat sepak bola Liga Italia atau Serie A beberapa waktu ke belakang.

Pasalnya, pemain muda milik Chelsea ini baru saja menorehkan rekor sebagai sosok yang membuat penalti tercepat sepanjang sejarah Liga Italia.

Catatan ini dibuatnya saat membela Spezia di laga melawan Lazio pada pekan ke-8 Liga Italia 2022/23, Minggu (2/10) petang WIB.

Saat itu, pemain berusia 22 tahun itu membuat wasit menunjuk titik putih usai melanggar Ciro Immobile saat laga baru berjalan 38 detik!

Catatan ini pun mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Mattia de Sciglio pada 2015 lalu saat melanggar Marek Hamsik di detik ke-42 kala AC Milan berhadapan dengan Napoli.

Beruntung bagi Ampadu, ia hanya mendapat kartu kuning, dan eksekusi penalti Ciro Immobile gagal berbuah gol yang bisa merugikan timnya.

Hanya saja, pelanggaran itu membuat Ampadu bermain di bawah standar, sehingga timnya kebobolan tiga gol dari Lazio sebelum dirinya ditarik keluar pada menit ke-66.

Tak pelak, apa yang dilakukan Ampadu lantas membuatnya menjadi perbincangan. Pasalnya, rekor ini bisa dikatakan rekor memalukan bagi seorang pemain bertahan sepertinya.

Lantas, siapakah sosok Ethan Ampadu tersebut? Berikut profil Ethan Ampadu.

Debutan Termuda Chelsea

Ethan Ampadu merupakan pesepak bola muda milik Chelsea yang lahir pada 14 September 2000 atau 22 tahun silam di Exeter, Inggris.

Kiprahnya di sepak bola bermula di klub tanah kelahirannya, Exeter City. Perjalanannya menembus kancah profesional pun berjalan dengan cepat.

Pada usia 14 tahun, Ampadu berhasil menembus tim U-18 Exeter City. Bahkan ia berhasil debut di tim senior pada usia 15 tahun 10 bulan dan 26 hari pada 2016 silam.

Usai menjadi debutan termuda bagi Exeter City, bakat Ampadu kemudian menarik minat Chelsea yang kemudian merekrutnya pada 1 Juli 2017.

Tak butuh waktu lama bagi Ampadu menarik atensi tim utama Chelsea. Pada 20 September 2017, dirinya mampu melakukan debut di tim utama di laga Piala Liga Inggris melawan Nottingham Forest.

Saat itu, Ampadu dimasukkan Antonio Conte sebagai pemain pengganti di menit ke-55 di usianya yang baru 17 tahun 6 hari. Karenanya, ia pun menjadi debutan termuda Chelsea.

Usai debut bagi Chelsea di Piala Liga Inggris, Ampadu kemudian debut di Liga Inggris bersama Chelsea pada Desember 2017.

Progres cepat Ampadu ke tim utama membuat Chelsea kemudian memperpanjang kontraknya dengan durasi lima tahun pada 2018.

Namun, perpanjangan kontrak ini tak membuat karier Ampadu bersama Chelsea berjalan manis. Usai berada di tim utama hingga 2019, Frank Lampard meminjamkannya ke tim lain.

Ampadu sempat dipinjamkan ke klub Jerman, RB Leipzig selama semusim pada musim 2019/20. Perjalanannya pun tak berjalan manis karena cedera yang membekapnya.

Usai kembali ke Chelsea di tahun 2020, Ampadu kemudian dipinjamkan ke tim promosi Sheffield United, di mana ia bermain sebanyak 29 laga bagi The Blades.

Pada musim panas 2021, Chelsea kembali meminjamkannya ke klub lain. Kali ini, Ampadu dipinjamkan ke Italia, yakni ke klub promosi Venezia.

Pasca Venezia terdegradasi, Ampadu sempat pulang ke Chelsea di 2022 dan mencoba meraih satu tempat di tim utama The Blues.

Sayangnya, Thomas Tuchel tak meliriknya sama sekali dan kemudian merestuinya untuk hijrah dan menjalani peminjaman keempatnya di Spezia untuk musim 2022/2023.

Meski kariernya tak cemerlang bersama Chelsea, Ampadu nyatanya melakoni karier mengesankan bersama tim nasional Wales.

Sejak debut di Timnas Wales pada usia 17 tahun, Ampadu selalu menjadi andalan negaranya. Total 37 caps telah dibuatnya bersama The Dragons.

Kiprahnya bersama Wales pun berujung manis dengan perannya yang membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak