Boladunia

Profil Leandro Trossard, Striker Brighton yang Cetak Tiga Gol ke Gawang Liverpool

Leandro Trossard cetak hattrick saat Brighton and Hove Albion tahan imbang Liverpool 3-3.

Rauhanda Riyantama

Aksi penyerang Brighton and Hove Albion, Leandro Trossard saat cetak hattrick ke gawang Liverpool. (AFP)
Aksi penyerang Brighton and Hove Albion, Leandro Trossard saat cetak hattrick ke gawang Liverpool. (AFP)

Bolatimes.com - Pemain Brighton and Hove Albion, Leandro Trossard, menjadi salah satu sosok yang mencuri perhatian karena mencetak tiga gol ke gawang Liverpool pada laga lanjutan Liga Primer Inggris 2022/2023.

Dalam duel yang berlangsung di Anfield, Sabtu (1/10/2022) itu, Leandro Trossard yang tampil sejak menit pertama sukses tiga kali mencatatkan namanya di papan skor.

Gol pertama dicetak Leandro Trossard pada menit keempat. Dia kemudian sukses menggandakan keunggulan Brighton & Hove Albion ketika laga menginjak menit ke-18.

Liverpool sebetulnya sempat berbalik unggul jadi 3-2 lewat gol Roberto Firmino (33’ dan 54’) serta gol bunuh diri Adam Webster pada menit ke-63. 

Trossard lagi-lagi menjadi sosok menakutkan bagi pertahanan Liverpool setelah melengkapi pesta golnya pada laga ini pada menit ke-82. Gol ini sekaligus membuat laga berakhir imbang 3-3.

“Tentunya menyenangkan bisa mencetak gol, terlebih hat-trick di Anfield. Kami kecewa tidak bisa mencatatkan cleansheet. Namun, satu poin dari sini sudah bagus,” kata Trossard seperti dikutip dari BBC Sport.

“Selalu sulit bermain di sini. Kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol, khususnya ketika Anda unggul 2-0. Namun, setidaknya kami bisa bergembira dengan satu poin ini. Sebuah performa yang luar biasa,” lanjutnya.

Profil Leandro Trossard

Leandro Trossard merupakan pesepak bola kelahiran Maasmechelen, Belgia, pada 4 Desember 1994. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai winger itu telah berusia 27 tahun.

Sebagai informasi, Trossard mengawali perjalanannya bermain sepak bola bersama KRC Genk, akademi sepak bola dari Bocholt Academy pada 2010.

Dua tahun berselang, atau tepatnya pada 2012, dia mencatatkan debutnya bersama KRC Genk saat menghadapi KAA Gent pada 13 Mei 2012.

Ketika itu, dia bermain pada menit ke-87. Namun, penampilannya selama tiga menit itu menjadi satu-satunya aksi yang dicatatkan Trossard sepanjang musim.

Selama beberapa musim, Trossard memang lebih banyak menjalani masa peminjaman. Hasilnya, dia belum bisa mencetak gol untuk KRC Genk hingga empat tahun berselang.

Tercatat, Trossard sempat bermain dengan status pinjaman bersama Lommel United (2013 dan 2014-2015), Westerlo (2013-2014), hingga OH Leuven (2015-2019).

Pada 26 Juni 2019, Brighton & Hove Albion kemudian memutuskan untuk merekrut Trossard dengan menyodorkan kontrak selama empat musim.

Sejak saat itu, Trossard sudah mencatatkan total 23 gol dan 31 assist dari total 111 penampilannya bersama Brighton di semua ajang.

Penampilannya yang cukup apik ketika berusia muda juga turut mengantarkan Trossard untuk memperkuat tim nasional Belgia di berbagai kelompok usia muda.

Dia tercatat sudah tampil di level U-16, U-17, U-18, U-19, U-21, hingga senior. Bersama timnas Belgia, debut pertamanya tercipta pada 5 September 2020 di bawah asuhan pelatih Roberto Martinez.

Sampai saat ini, Leandro Trossard sudah berhasil membukukan lima gol dari 21 penampilannya bersama timnas Belgia di semua ajang yang berbeda.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini