Boladunia

Daftar 7 Negara yang Pernah Dihukum Larangan Tampil di Piala Dunia, Terkini Rusia

Rusia jadi negara terbaru yang dilarang tampil untuk Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Pemain Rusia Yuri Gazinskiy menjebol gawang Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) [AFP]
Pemain Rusia Yuri Gazinskiy menjebol gawang Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) [AFP]

Bolatimes.com - Sepanjang catatan yang terejam dalam sejarah, terdapat beberapa negara yang pernah mendapatkan hukuman larangan tampil di Piala Dunia.

Hukuman larangan tampil di Piala Dunia ini dijatuhkan FIFA akibat berbagai alasan, sebagian besar karena kondisi stabilitas politik yang terjadi di negara bersangkutan.

Negara-negara yang berperang, melancarkan invasi, hingga skandal-skandal yang terjadi juga bisa menyebabkan FIFA mengambil langkah tegas untuk melarang mereka tampil di ajang Piala Dunia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar negara yang pernah mendapatkan hukuman larangan tampil di ajang Piala Dunia.

1. Jerman dan Jepang (Piala Dunia 1950)

Imbas dari Perang Dunia II, Jerman dan Jepang sempat mendapatkan hukuman larangan tampil di Piala Dunia 1950.

Ini adalah hukuman yang dijatuhkan kepada dua negara ini karena keterlibatannya dalam Perang Dunia II. Efeknya, mereka tak bisa berpartisipasi pada ajang Piala Dunia edisi keempat tersebut.

2. Afrika Selatan (Piala Dunia 1970 dan 1990)

Afrika Selatan juga menjadi kontestan yang sempat mendapat hukuman larangan tampil di Piala Dunia. Bahkan, larangan ini berlaku di dua edisi, yakni 1970 dan 1990.

Sanksi yang dijatuhkan FIFA tersebut tak terlepas dari politik apartheid di Afrika Selatan. Bahkan, mereka juga sempat dikeluarkan dari keanggotaan FIFA pada 1976.

3. Meksiko (Piala Dunia 1990)

Timnas Meksiko pernah mendapatkan larangan untuk tampil di Piala Dunia 1990. Hal ini tak terlepas dari skandal yang dilakukan oleh Meksiko yang tercium oleh FIFA.

Sebab, timnas Meksiko saat itu diketahui menurunkan empat pemain dengan usia di atas batas yang ditetapkan pada Kualifikasi Piala Dunia untuk kelompok umur.

4. Chile (Piala Dunia 1994)

Chile pernah mengalami nasib miris karena perilaku penjaga gawangnya, Roberto Rojas, pada Piala dunia tahun 1989. Ketika itu, dia melakukan tindakan bohong dengan pura-pura terluka akibat benda yang dilemparkan fans.

Setelah diusut, Rojas mendapatkan luka tersebut karena melukai dirinya sendiri dengan pisau yang disembunyikan di balik sarung tangannya. Imbasnya, timnas Chile dilarang tampil pada Piala Dunia 1994.

5. Myanmar (Piala Dunia 2006)

Timnas Myanmar pernah mendapat sanksi tegas dari FIFA karena memutuskan untuk tidak mengikuti babak Kualifikasi yang dilaksanakan pada Piala Dunia 2022.

Imbasnya, mereka mendapatkan hukuman sanksi denda sebesar USD 23.500 dan dilarang tampil pada Piala Dunia 2006.

6. Rusia (Piala Dunia 2022)

Yang terbaru, ada timnas Rusia yang mendapat sanksi tegas dari FIFA hingga harus menepi dari Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Hukuman larangan tampil di Piala Dunia 2022 ini tak terlepas dari invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina. Selain mendapat kecaman dari dunia, Rusia juga harus puas untuk menepi dari ajang empat tahunan tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini