Boladunia

Dua Kali Kalah dari Timnas Indonesia, Curacao Ternyata Pernah Hajar Vietnam Asuhan Park Hang-seo

Pantesan Vietnam ngiri banget, Ternyata mereka kalah saat uji coba lawan Curacao

Irwan Febri Rialdi

Potret pemain Timnas Vietnam usai kalahkan Malaysia 3-0 di Piala AFF 2020. (Instagram/affsuzukicup)
Potret pemain Timnas Vietnam usai kalahkan Malaysia 3-0 di Piala AFF 2020. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Meskipun akhirnya harus merasakan dua kekalahan dari timnas Indonesia, ternyata timnas Curacao pernah menumbangkan negara asal Asia Tenggara lainnya di pertandingan internasional.

Selain timnas Indonesia, Curacao tercatat pernah mengalahkan timnas Vietnam yang ketika itu sudah diasuh oleh pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo.

Momen kemenangan Curacao atas Vietnam itu terjadi tepatnya pada tahun 2019 yang lalu saat mereka mendapat undangan untuk mengikuti ajang King’s Cup di Thailand.

Ini adalah catatan partisipasi pertama bagi tim berjulukan La Familia Azul itu dalam mengikuti ajang tahunan yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) tersebut.

Selain Curacao dan Thailand yang berstatus sebagai tuan rumah, dua kontestan lainnya pada ajang King’s Cup edisi ke-47 ini ialah Vietnam dan India.

Curacao memang saat itu berstatus sebagai kontestan yang paling mentereng. Sebab, mereka berada di peringkat ke-82 FIFA.

Sementara itu, Vietnam berada di ranking 98, India duduk di urutan ke-101, dan tuan rumah Thailand masih berada di posisi ke-114.

Saat itu, timnas Curacao sukses melaju ke partai final turnamen King’s Cup 2019 setelah menumbangkan India dengan skor 3-1 di Chang Arena, Buriram.

Tiga gol kemenangan timnas Curacao dicetak oleh Rolieny Nonato Luis Bonevacia (15’), Elson Quincy Hooi (17’), dan Leandro Bacuna (33’). Adapun satu-satunya gol balasan India dicatatkan oleh Sunil Chhetri (31’).

Dengan kemenangan ini, Curacao berhak melaju ke partai final melawan Vietnam yang sukses menumbangkan tim tuan rumah Thailand dengan skor 1-0.

Ketika berjumpa di partai puncak, duel antara Curacao melawan Vietnam sebetulnya berakhir imbang dengan skor 1-1.

Sepanjang pertandingan, memang sempat terjadi jual beli serangan antara kedua kubu. Akan tetapi, Curacao yang diperkuat pemain-pemain elite dari Liga Belanda dan Liga Primer Inggris memang lebih menguasai jalannya pertandingan.

Curacao awalnya sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Alexander Carolina (59’), tapi Pham Duc Huy sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-83.

Ketika pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti, Curacao sukses memenangkan pertandingan dan menjadi juara King’s Cup 2019 dengan skor 5-4.

Lima eksekutor Curacao semuanya sukses menuntaskan tugasnya dengan baik. Sementara itu, satu dari lima eksekutor Vietnam gagal menceploskan bola ke gawang.

Tentunya, kekalahan yang dialami Vietnam itu nyatanya tak membuat timnas Indonesia merasa inferior ketika menghadapi Curacao pada ajang FIFA Matchday lalu.

Sebab, skuad asuhan Shin Tae-yong akhirnya sukses menyapu bersih dua pertandingan melawan Curacao dengan kemenangan.

Dua kemenangan itu diraih pada pertemuan pertama dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022) dan pertemuan kedua menang 2-1 di Stadion Pakansari, Selasa (27/9/2022).

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini