Boladunia

Profil Xaypaseth Phongsanit, Wasit Asal Laos yang Mirip Presiden Jokowi saat Pimpin Laga Indonesia vs Curacao

Xaypaseth Phongsanit jadi sorotan di media sosial gara-gara mirip Presidek Jokowi.

Rauhanda Riyantama

Wasit laga Timnas Indonesia cs Curacao disebut mirip dengan Presiden Jokowi (Instagram/PSSI, Instagram/jokowi)
Wasit laga Timnas Indonesia cs Curacao disebut mirip dengan Presiden Jokowi (Instagram/PSSI, Instagram/jokowi)

Bolatimes.com - Laga kedua FIFA Matchday timnas Indonesia vs Curacao diwarnai kejadian unik, Xaypaseth Phongsanit selaku wasit yang memimpin pertandingan disebut mirip Presiden Jokowi.

Xaypaseth Phongsanit merupakan wasit asal Laos yang memimpin jalannya laga kedua FIFA Matchday timnas Indonesia melawan Curacao, Selasa (27/9/2022).

Di bawah kepemimpinan Xaypaseth Phongsanit, timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan atas Curacao dengan skor akhir 2-1.

Dua gol timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad (3') dan Dendy Sulistiyawan (87'), sementara satu gol Curacao dicetak Jeremy Antonisse (80').

Pertandingan tersebut juga diwarnai kartu merah terhadap satu pemain Curacao, Juninho Bacuna yang harus meninggalkan lapangan pada menit ke-80.

Xaypaseth Phongsanit mengganjar Juninho Bacuna dengan kartu merah usai melakukan pelanggaran keras, hingga memicu keributan antarpemain di lapangan.

Tak hanya itu, sikap para pemain Curacao saat insiden terjadi juga membuat penonton di Stadion Pakansari, Cibinong murka hingga sempat melempar botol ke dalam lapangan.

Terlepas dari banyaknya drama yang terjadi, media sosial justru diramaikan dengan sosok Xaypaseth Phongsanit, pengadil asal Laos yang disebut mirip Presiden Jokowi.

Xaypaseth Phongsanit bukanlah sosok asing bagi sepak bola Asia Tenggara, termasuk Indonesia, ia baru saja menyelesaikan tugas di turnamen kelompok umur.

Sebelumnya ia sempat memimpin deretan pertandingan timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022 lalu, entah alasan apa yang menyebabkan netizen menyebutnya mirip Jokowi.

Bahkan tak sedikit yang langsung berkicau lewat kolom komentar unggahan akun Twitter orang nomor satu di Indonesia itu, dengan menyinggung laga timnas melawan Curacao.

Tak banyak informasi yang diketahui soal profil Xaypaseth Phongsanit, namun kesan terakhir bagi pendukung timnas Indonesia tentu final Piala AFF U-17 2022.

Laga final Piala AFF U-17 2022 antara timnas Indonesia melawan Vietnam dipimpin oleh wasit asal Laos itu, pertandingan berakhir dengan skor 1-0.

Timnas U-17 Indonesia berhasil memastikan gelar juara di tanah sendiri, meski sempat diwarnai drama protes pemain Vietnam.

Xaypaseth Phongsanit dinilai terlalu cepat dalam membunyikan peluit tanda berakhirnya pertandingan, tak pelak ia jadi sasaran protes para pemain Vietnam saat itu.

Meskipun pada akhirnya hal itu tak membuat keputudsan Xaypaseth Phongsanit berubah, pertandingan selesai dan gelar juara untuk timnas U-17 Indonesia.

Profil Singkat Xaypaseth Phongsanit

Nama Lengkap : Xaypaseth Phongsanit
Kewarganegaraan : Laos

Riwayat 3 Laga Terakhir untuk Timnas Indonesia

Wasit Utama, Indonesia Vs Curacao (2-1)
Wasit Utama, Indonesia Vs Curacao (3-2)
Asisten wasit ke-4, Singapura Vs Indonesia (1-0)

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini