Boladunia

Legenda Timnas Vietnam Sebut Shin Tae-yong Cuma Cocok Latih Tim Junior Golden Star Warriors

Shin Tae-yong dinilai tidak akan cocok jika latih tim senior Vietnam.

Arif Budi Setyanto

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam Park Hang-seo. (kolase ist/bongda.vn)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam Park Hang-seo. (kolase ist/bongda.vn)

Bolatimes.com - Mantan pemain timnas Vietnam yang bernama Nguyen Manh Dung menyebutkan bahwa Shin Tae-yong tidak akan cocok melatih tim senior Golden Star Warriors dan hanya pantas di tim junior.

Shin Tae-yong dikontrak oleh PSSI sejak 2019 lalu. Pelatih asal Korea Selatan ini menangani tiga timnas, yakni senior U-23, dan U-19.

Sejak dikontrak menangani tim Merah Putih, Shin Tae-yong pun sudah memberikan progres positif. Buktinya skuad Garuda mampu lolos ke Piala Asia 2023.

Bukan hanya itu, tim U-19 juga berhasil melaju ke Piala Asia U-20 2023. Shin Tae-yong juga berhasil membawa timnas Indonesia senior meraih runner up di Piala AFF 2020.

Berkat prestasi itu, PSSI pun sudah ancang-ancang untuk memperbarui kontrak Shin Tae-yong, meski baru akan habis pada Desember 2023 mendatang.

Terkait kontrak tersebut, media Vietnam ikut memberikan sorotan. Mereka kemudian bertanya ke mantan pemain Vietnam Nguyen Manh Dung soal apakah Shin Tae-yong cocok jika menangani tim senior Golden Star Warriors.

Menurut Nguyen Manh Dung Shin Tae-yong masih terlalu muda jika menangani timnas Vietnam senior. Pelatih berusia 52 tahun ini hanya disebut cocok menukangi tim muda kelompok umur.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

"Menurut saya berdasarkan kepribadian orang Vietnam, pelaatih yang cocok harus tua seperti Park Hang-seo (64 tahun)," ucap Nguyen Manh Dung dikutip dari Soha.vn pada Selasa (27/9/2022).

"Bahkan pelatih seperti Gong Oh-kyun (48 tahun) masih sedikit muda untuk tim U-23. Pelatih yang relatif muda seperti Shin Tae-yong atau Gong Oh-kyun menurut saya hanya cocok ke kelompok muda," sambungnya.

Maka dari itu, Nguyen Manh Dung menegaskan Shin Tae-yong tidak akan cocok jika harus menggantikan Park Hang-seo di timnas Vietnam senior.

Berita Terkait

Berita Terkini