Boladunia

Lima Pemain Termuda di Liga Inggris, Teranyar Wonderkid Arsenal yang Debut di Usia 15 Tahun

Berikut lima pemain termuda yang pernah cicipi laga di Premier League.

Rauhanda Riyantama

Ethan Nwaneri saat lakoni debut di Liga Inggris bersama Arsenal di usia 15 tahun. (Twitter)
Ethan Nwaneri saat lakoni debut di Liga Inggris bersama Arsenal di usia 15 tahun. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut lima pemain termuda yang pernah melakoni pertandingan di kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League. Terkini ada pemain yang baru berusia 15 tahun!

Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi terpopuler di dunia. Popularitas yang dimiliki ajang ini tak lepas dari ketatnya persaingan yang dimiliki.

Bila dibandingkan liga-liga top Eropa lainnya, Liga Inggris merupakan liga terketat karena memungkinkan setiap tim bisa menjadi juara.

Maka tak mengherankan jika saat liga-liga lain memiliki juara yang itu-itu saja, Liga Inggris justru melahirkan jawara-jawara baru.

Sebagai contoh adalah Leicester City. Di tengah gempuran The Big 6 atau enam tim papan atas, The Foxes justru bisa menjadi juara pada Liga Inggris 2015/2016.

Selain karena ketatnya persaingan, Liga Inggris juga populer dikarenakan banyaknya bintang kelas dunia yang bermain di dalamnya.

Sejak menggunakan format baru terhitung per musim 1992/1993, Liga Inggris selalu kedatangan bintang-bintang lapangan hijau dari seluruh dunia.

Saking banyaknya bintang yang ada, Liga Inggris pun menjadi salah satu liga yang jarang memberikan kesempatan ke para pemain muda.

Meski begitu, nyatanya Liga Inggris punya para pemain muda yang bisa debut di usia yang teramat muda meski digempur banyak bintang-bintang dunia.

Lantas, siapa saja pemain termuda yang pernah bermain di Liga Inggris? Berikut daftarnya.

5. Aaron Lennon

Aaron Lennon merupakan pemain yang telah malang melintang di Liga Inggris. Namanya sendiri melejit bersama Tottenham Hotspur.

Sebelum melejit bersama Tottenham, Aaron Lennon sudah menjadi perbincangan karena ia menjadi debutan termuda di Liga Inggris kala bermain bagi Leeds United di usia 16 tahun 129 hari pada 2003 silam.

4. Izzy Brown

Berbeda dengan Aaron Lennon yang namanya melejit di Liga Inggris, Izzy Brown justru kini tak terdengar namanya lagi meski sempat menjadi debutan termuda di Liga Inggris.

Ia yang sempat melakoni debut di usia 16 tahun 117 hari bagi West Bromwich Albion pada 2013 lalu, kemudian bergabung Chelsea. Kepindahan ini pun otomatis menghancurkan kariernya yang belum berkembang sama sekali.

3. Matthew Briggs

Matthew Briggs pernah menggemparkan sepak bola Inggris kala Fulham menurunkannya di pentas Liga Inggris pada usia yang baru 16 tahun 68 hari pada 2007 silam.

Kini di usia 31 tahun, Matthew Briggs bermain di tim papan bawah Inggris, Gosport Borough, usai dirinya dilepas secara permanen oleh Fulham pada 2014.

2. Harvey Elliott

Status debutan termuda di Liga Inggris sempat pecah oleh Harvey Elliott pada 2019 bersama Fulham. Ia debut di usia yang baru 16 tahun 30 hari.

Usai Fulham terdegradasi, kini pemain yang telah berusia 19 tahun itu berseragam Liverpool, dan berhasil memecahkan rekor debutan termuda bagi The Reds.

1. Ethan Nwaneri

Status debutan termuda di Liga Inggris tampaknya tak akan pecah dalam waktu lama setelah Ethan Nwaneri melakoni debut bagi Arsenal di usia 15 tahun 181 hari.

Ethan Nwaneri melakoni debutnya pada Liga Inggris 2021/2022 ini, saat masuk sebagai pemain pengganti kala Arsenal mengalahkan tuan rumah Brentford.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini