Boladunia

Curacao Punya Rekor Pertemuan yang Fantastis Melawan Negara Asia, Vietnam Pernah Jadi Korban

Apakah Timnas Indonesia punya peluang menang?

Irwan Febri Rialdi

Para pemain Timnas Curacao merayakan gol Jurien Gaari (bawah) pada pertandingan sepak bola babak pertama Piala Emas Concacaf Grup B antara Jamaika dan Curacao di Los Angeles pada 25 Juni 2019. (Frederic J. BROWN / AFP)
Para pemain Timnas Curacao merayakan gol Jurien Gaari (bawah) pada pertandingan sepak bola babak pertama Piala Emas Concacaf Grup B antara Jamaika dan Curacao di Los Angeles pada 25 Juni 2019. (Frederic J. BROWN / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia wajib memberikan kewaspadaan penuh saat menghadapi Curacao pada ajang FIFA Matchday karena tim lawan memiliki rekor pertemuan yang fantastis saat bersua negara-negara Asia.

Menurut jadwal, duel antara timnas Indonesia melawan Curacao akan berlangsung sebanyak dua kali, yakni di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (24/9/2022) dan Stadion Pakansari, Selasa (27/9/2022).

Sebelum pertandingan melawan timnas Indonesia ini, Curacao sebetulnya memiliki rekam jejak yang cukup apik ketika menantang negara-negara asal Asia.

Setidaknya, mereka sudah empat kali menghadapi tim asal Benua Kuning. Negara Asia pertama yang dihadapi ialah Qatar. Laga ini berlangsung pada 10 Oktober 2017.

Ketika itu, Curacao sukses menumbangkan Qatar yang berstatus sebagai tuan rumah dengan skor 2-1 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha.

Sebetulnya, ketika itu Qatar mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Hassan Al Haydos (28’), tapi Curacao sukses mencetak dua gol balasan via Leandro Bacuna (36’) dan Elson Hooi (70’).

Selanjutnya, Curacao juga pernah menantang India pada sebuah turnamen bertajuk King’s Cup 2019 yang bergulir di Thailand pada 5 Juni 2019.

Saat itu, mereka sukses menang dengan skor 3-0 via gol Rolieny Bonevacia (15’), Elson Hooi (17’), dan Leandro Bacuna (33’). Adapun satu-satunya gol balasan India dicatat oleh Sunil Chhetri (31’).

Sedangkan negara asal Asia ketiga yang pernah menjajal kekuatan Curacao ialah Vietnam. Ketika itu, kedua tim bersua pada ajang yang sama, yakni King’s Cup 2019.

Saat itu, Curacao dan Vietnam bermain imbang dengan skor 1-1 selama waktu normal. Gol Curacao dicetak oleh Jurich Carolina (58’), sedangkan Vietnam disumbangkan oleh Pham Duc Huy (83’).

Saat penentu kemenangan laga ini dilanjutkan via adu penalti, Curacao sukses memenangkan babak tos-tosan dengan skor 5-4.

Adapun pada pertandingan internasional terakhir Curacao melawan tim asal Asia berlangsung ketika menghadapi Bahrain pada laga uji coba.

Dalam duel yang berlangsung pada 6 Oktober 2021 itu, Curacao dilibas Bahrain yang tampil sebagai tuan rumah dengan empat gol tanpa balas.

Empat gol Bahrain pada laga ini dicatatkan oleh Mohamed Marhoon (46’), Ali Madan (84’), dan Mahdi Abduljabbar (86’ dan 90+2’).

Rekor Pertemuan Curacao Melawan Negara Asia:

Curacao vs Qatar (2-1)

Curacao vs India (3-1)

Curacao vs Vietnam (1-1, penalti 5-4)

Curacao vs Bahrain (0-4)

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini