Boladunia

5 Klub Medioker yang Kini Duduki Papan Atas Liga Top Eropa

Berikut 5 klub biasa saja yang tak diduga kini duduki papan atas liga top Eropa.

Rauhanda Riyantama

Manchester United kalah lawa Brighton dengan skor 1-2 di laga perdana Liga Inggris 2022/2023. (AFP)
Manchester United kalah lawa Brighton dengan skor 1-2 di laga perdana Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

Bolatimes.com - Musim 2022/2023 memunculkan sederet kejutan, salah satunya klub medioker yang menjelma sebagai raksasa usai bertengger di papan atas klasemen kompetisi.

Kejutan musim 2022-2023 saat klub-klub medioker menjelma sebagai raksasa kota dan mulai mendominasi jalannya kompetisi sepak bola.

Sederet klub yang dipandang remeh dan hanya dijadikan sebagai pelengkap kompetisi nyatanya mampu bersaing di papan atas klasemen kompetisi.

Lantas klub mana saja yang bisa melakukan hal itu? berikut daftar klub medioker yang tampil mengejutkan usai menduduki papan atas klasemen kompetisi.

1. Osasuna

Osasuna membuka musim 2022-2023 dengan baik, saat ini bertengger di peringkat kelima klasemen sementara Liga Spanyol dan hanya berjarak 6 poin dari Real Madrid.

Dari enam pertandingan yang sudah dijalani, Osasuna berhasil mengoleksi 12 poin dan masih akan memberi kejutan usai mengalahkan Sevilla di laga pembuka musim ini.

Status medioker klub ini tak lepas dari degradasi musim 2016-2017, lalu kembali ke puncak kompetisi pada 2019-2020 dan stabil berada di 10 besar hingga akhir musim.

2. FC Lorient

Berstatus sebagai tim promosi musim 20202-2021, modal juara Ligue 2 tentu akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh FC Lorient setelah tampil penuh perjuangan di dua musim terakhir.

Hingga pekan ke delapan musim ini, FC Lorient masih nyaman berada di peringkat ketiga klasemen sementara Liga Prancis dengan hanya selisih 3 poin dari Paris Saint-Germain (PSG).

Anak asuh Regis Le Bris mampu menunjukkan kualitas di papan atas Ligue 1, meski mengandalkan kebanyakan pemain muda lulusan akademi mereka.

3. Union Berlin

Dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga bisa jadi terhenti pada musim ini, alasan logisnya karena muncul klub bernama Union Berlin yang menggebrak kasta teratas Liga Jerman.

Union Berlin kini bertengger di puncak klasemen dengan raihan 17 poin, menariknya klub ini jadi satu-satunya yang belum terkalahkan dalam 7 laga Bundesliga.

Tentu sangat mengejutkan mengingat status Union Berlin yang baru saja promosi ke Bundesliga musim 2019-2020.

4. Brighton and Hove Albion

Hingga pekan keenam Liga Inggris musim ini, Brighton and Hove Albion sukses mengumpulkan 13 poin dan menempati peringkat keempat klasemen.

Brighton hanya terpaut lima angka dari Arsenal yang bertengger di puncak klasemen sementara, menariknya tim ini masih menyisakan satu laga tunda.

Bahkan sederet klub top dibuat mati kutu saat berhadapan dengan mereka, termasuk Manchester United, West Ham United dan Leicester City.

Selain itu juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik, hanya kebobolan lima gol hingga sejauh ini di bawah komando Graham Potter.

5. Udinese

Sederet klub top Liga Italia Serie A, seperti AS Roma, Fiorentina dan Inter Milan dibuat takluk di hadapan Udinese.

Udinese kini bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara Serie A dengan raihan 17 poin dan hanya terpaut satu poin dari pemuncak, Napoli.

Performa keren Udinese ini tak lepas dari racikan sangar skuat Udinese, termasuk seperri Isaac Succes, Gerard Deulofeu dan Destiny Udogie.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini